Sponsors Link

Bolehkah Bayam untuk Asam Urat?

Sponsors Link

Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan tingginya kadar asam urat dalam darah yang ditandai dengan gangguan pada persendian dan linu-linu. Rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan pada persendian kerap kali menyerang penderita asam urat. Rasa sakit tersebut disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat yang ada di daerah persendian akibat tingginya kadar asam urat dalam darah.

ads

Di antara penyebab tingginya kadar asam urat yaitu adanya purin dalam metabolisme tubuh yang kadarnya sangat tinggi. Sumber purin selain memang disintesis sendiri di dalam tubuh juga bersumber dari makanan. Nah, makanan-makanan yang mengandung purin tinggi inilah yang kerap kali memicu penyakit asam urat.

Apa saja contoh makanan yang tinggi purin? Ada banyak sekali makanan yang mengandung purin tinggi, umumnya adalah berupa daging. Seperti jeroan, hati sapi, ikan sarden dan jamur kuping. Purin yang terlalu tinggi di dalam tubuh akan menghasilkan asam urat yang tinggi pula. Jika kadar asam urat yang melebihi batas normal tersebut tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh maka akan menjadi penyakit yang namanya asam urat. Maka dari itu, anda harus membatasi makanan yang tinggi purin untuk menghindari gejala penyakit asam urat.

Kandungan bayam dan manfaatnya

Bayam adalah salah satu sayuran yang digemari masyarakat Indonesia. Banyak masyarakat yang mengkonsumsi bayam karena rasanya yang enak, lunak dan memperlancar pencernaan. Bayam juga memiliki harga yang murah di pasaran sehingga masyarakat juga memperolehnya dengan mudah.

Bayam banyak mengandung vitamin seperti vitamin A, B dan C. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, mencegah penuaan dini dan sebagai sumber antioksidan. Vitamin B bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan syaraf, menambah nafsu makan dan menjaga kesehatan kulit. Sedangkan vitamin C bermanfaat sebagai sumber antioksidan dan menjaga kekebalan tubuh.

Bayam juga mengandung banyak mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti kalsium yang berperan dalam menguatkan tulang, fosfor dan besi yang mendorong partumbuhan badan, menjaga tekanan darah tetap normal dan membantu membawa oksigen untuk melancarakan aliran darah.

Bayam juga disebutkan mengandung senyawa yang bersifat merugikan yaitu asam oksalat. Asam oksalat adalah senyawa kimia yang dapat mengikat nutrient di dalam tubuh. Akibat dari banyak mengkonsumsi asam oksalat ini dapat menyebabkan penghambatan penyerapan zat besi dan kalsium di dalam tubuh. Sayuran selain  bayam yang juga mengandung asam oksalat adalah gubis.

Apakah penderita asam urat boleh makan bayam?

Sebagian besar masyarakat berasumsi bahwa bayam tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Namun, ada juga yang menyatakan bahwa anda yang menderita penyakit asam urat harus banyak mengkonsumsi bayam karena bayam termasuk sayuran hijau. Lalu manakah yang benar?

Sponsors Link

Sebagaimana yang telah dilansir oleh itokindo.org bahwa bayam merupakan sumber makanan yang mengandung purin tinggi yang tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita asam urat. Menurut AcuMedico bahwa bayam mengandung 57 gram purin untuk 100 gram bayam. Memang kadar purin tersebut tidak setinggi kadar purin pada jeroan yang memiliki kadar purin 150 hingga 825 mg di setiap gramnya. Namun, alangkah baiknya anda tidak mengkonsumsi bayam karena alasan tersebut.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi akan menyebabkan penyakit asam urat semakin bertambah parah. Rasa nyeri dan ngilu yang berlebihan akan sering dialami oleh anda. Asam urat yang mencapai stadium akut bahkan akan menyebabkan penyakit komplikasi seperti terjadinya penyakit asam urat dan diabetes mellitus, gagal ginjal, hubungan asam urat dengan ginjal dan penyakit antung.

Memang terdapat sebuah penelitian yang menyatakan bahwa penderita asam urat yang mengkonsumsi bayam secara terbatas tidak menyebabkan kadar asam uratnya menurun, namun dengan tidak mengkonsumsi bayam adalah lebih baik karena tidak menyebabkan kadar asam urat semakin bertambah naik. Hal ini bisa membantu anda dalam melakukan diet rendah purin sehingga purin di dalam tubuh  dapat menjadi normal kembali.

Sponsors Link

Nah, dari ulasan di atas anda sudah tahu bukan apakah penderita asam urat boleh makan bayam atau tidak?

Untuk membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah anda, anda dapat melakukan beberapa hal berikut:

  • Jangan minum aspirin. Hal ini disebabkan cara kerja aspirin dalam meredakan nyeri berlawanan dengan konsep obat asam urat. Aspirin akan menghambat keluarnya asam urat melalui urin sedangkan obat medis asam urat biasanya mengindikasikan keluarnya asam urat melalui urin.
  • Perbanyaklah minum air putih. Minum air putih setidaknya 2 liter sehari akan melancarkan proses metabolisme dalam tubuh termasuk proses eksresi asam urat melalui urinisasi.
  • Konsumsi buah penurun asam urat wanita yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan buah nanas.

Semoga bermanfaat!

Demikian artikel mengenai bayam untuk asam urat, semoga inforamassi  bayam untuk asam urat yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

, ,



Oleh :
Kategori : Sayuran