Sponsors Link

Khasiat Buah Belimbing Untuk Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

buah belimbingZat purin selain terkandung di beberapa macam makanan, juga menjadi salah satu zat yang dihasilkan tubuh secara alami. Di dalam tubuh zat purin ini akan diuraikan, yang mana akan prosesnya akan menghasilkan asam urat secara otomatis. Asam urat sebagian besar akan dibuang tubuh melalui urin dan sebagian lagi melalui feses. Namun jika asam urat yang dihasilkan tubuh terlalu banyak, tubuh akan mengalami kesulitan untuk membuangnya. Sehingga di dalam tubuh akan menyebabkan pembentukan kristal asam urat dan efek penumpukannya adalah terjadinya penyakit asam urat.

ads

Untuk mengobati asam urat ini bisa menggunakan obat obatan kimia maupun dengan pengobatan secara alami, apalagi jika penyakit yang dialami masih belum parah. Untuk penderita asam urat, sebaiknya menghindari makanan yang memiliki kandungan protein tinggi terutama protein hewani. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah atau sayuran yang baik untuk asam urat seperti buah belimbing, buah bit, buah anggur, buah nanas dan lain sebagainya. Jika sebelumnya telah dibahas mengenai manfaat buah bit untuk asam urat, artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat buah belimbing untuk asam urat sebagai pengobatan alami.

Buah belimbing yang mempunyai nama latin Averhia carambola Linn ini tidak hanya manis di rasanya saja namun juga manis khasiatnya untuk mengatasi penyakit asam urat. Di samping banyak mengandung air dan serat yang baik untuk pencernaan, banyak kandungan buah belimbing untuk asam urat. Nah, di bawah ini adalah beberapa kandungan utama di dalam buah belimbing yang bisa membantu penyembuhan penyakit asam urat, yaitu:

  • Kandungan mineral dan vitamin C, untuk meningkatkan daya tahan tubuh penderita dan juga melancarkan proses ekskresi asam urat di dalam tubuh melalui urin.
  • Zat pektin, yang berfungsi penting untuk mengikat zat purin di dalam tubuh dan membantu untuk meluruhkan hingga membuang zat purin tersebut melalui urin.
  • Mengandung senyawa antioksidan tinggi berupa saponin, alkaloid, flavonoid dan tanin yang bisa meningkatkan proses penyembuhan penderita penyakit asam urat.
  • Mengandung senyawa anti inflamasi, merupakan senyawa untuk membantu menangani ciri-ciri kaki bengkak karena asam urat tinggi yang biasanya dialami penderitanya.

Seperti yang telah diketahui, beberapa jenis kandungan di dalam buah belimbing di atas tidak hanya membantu penyembuhan penyakit asam urat saja. Namun dengan mengkonsumsi buah belimbing juga bisa membantu mengatasi masalah kesehatan lainnya juga menjaga tubuh agar tetap fit.

Terapi jus buah saat ini sedang populer di kalangan masyarakat untuk berbagai tujuan. Misalnya terapi jus buah untuk diet, menyembuhkan penyakit dan lainnya. Nah, untuk mendapatkan manfaat buah belimbing untuk asam urat, di samping bisa dikonsumsi sebagai camilan setiap hari penderita asam urat pun bisa menggunakan terapi jus buah belimbing lho. Untuk membuat jus belimbing sebagai terapi asam urat tinggi tanpa obat caranya adalah:

  • Siapkan 100 gram buah belimbing yang matang dan masih segar, lalu cuci hingga bersih.
  • Setelah itu buang biji yang ada di dalamnya dan iris kecil buah belimbing.
  • Blender buah belimbing, masukkan air sedikit demi sedikit dan jangan terlalu banyak menambahkan air.
  • Jus belimbing siap dikonsumsi. Dianjurkan untuk mengkonsumsi jus buah belimbing satu gelas tiap hari setelah makan malam sebagai terapi asam urat.

Terapi jus ini adalah salah satu cara untuk mengatasi asam urat dengan cara yang enak tanpa obat. Selain itu tidak seperti pengobatan herbal lain, nilai plus dari terapi jus buah belimbing untuk asam urat ini bisa dibarengi dengan penggunaan obat obatan kimia.

Khasiat dari buah belimbing tidak hanya bisa dimanfaatkan menjadi penanganan asam urat secara tradisional, namun juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan kesehatan lainnya. Berikut ini adalah beberapa khasiat buah belimbing untuk beberapa jenis penyakit, seperti:

  • Menyembuhkan hipertensi, karena dengan khasiatnya buah belimbing bisa mengendalikan tekanan darah agar stabil.
  • Melancarkan sistem pencernaan, karena kandungan serat di dalamnya sehingga dapat mencegah terjadinya gangguan seperti diare atau sembelit.
  • Membantu mencegah kanker, karena di dalam buah belimbing juga mengandung zat anti kanker yang bisa menjaga sel tubuh mengalami kerusakan.
  • Manfaat lain seperti menyembuhkan gangguan ginjal, menurunkan kadar kolesterol, meredakan peradangan, meningkatkan vitalitas dan meningkatkan kesehatan mata.

Jadi dapat disimpulkan denga terapi jus buah belimbing tidak hanya bermanfaat sebagai cara menyembuhkan asam urat secara alami dan cepat, namun juga bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya. Demikian informasi mengenai berbagai macam manfaat dan peggunaan buah belimbing untuk asam urat, semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan