Sponsors Link

Bolehkah Bengkak Asam Urat Dikompres Es Batu?

Sponsors Link

Cuaca panas akan terasa sejuk jika kita minum air dengan tambahan es batu. Salah satu jenis minuman yang menjadi favorit tua dan muda. Es batu banyak membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk minuman, untuk makanan pun es batu sering digunakan, misalnya untuk mengawetkan jenis ikan-ikanan agar bertahan agak lama dan tidak berbau jika tidak langsung diolah.

ads

Secara umum, kandungan dalam es batu hanyalah air yang dibekukan. Air mineral bersih pada dasarnya mengandung zat mineral seperti zat besi dan lainnya sehingga bermanfaat juga untuk mengatasi penghambatan sel darah merah. Karena mengandung air, es batu juga bisa membantu dalam mengatasi dehidrasi pada seseorang.

Selain itu es batu juga sering digunakan dalam bidang kecantikan, diantaranya:

  • Mengatasi ruam merah
  • Menyegarkan kulit kepala
  • Mencegah penuaan dini
  • Mengatasi sel kulit mati
  • Mengatasi jerawat, dan lain-lain.

Es batu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Hal tersebut sering digunakan untuk mengatasi kondisi darurat saat kesehatan terganggu. Berikut manfaat es batu untuk kesehatan:

  • Menjaga sistem pencernaan
  • Mengatasi kram saat menstruasi
  • Mengatasi insomnia
  • Mengurangi suhu demam
  • Baik untuk kesehatan rambut dan pertumbuhan rambut, dan lain sebagainya.

Selain yang tersebut di atas manfaat es batu untuk kesehatan adalah untuk mengatasi nyeri sendi yang disebabkan penyakit asam urat. Saat asam urat meninggi dan rasa sakit menyerang biasanya disertai dengan bengkak merah. Kondisi tersebut tentu saja sangat menyiksa si penderita. Sebagai pertolongan pertama pada asam urat sebelum berobat ke dokter, rasa sakit tersebut bisa dikurangi dengan bantuan es batu. Apakah benar-benar boleh bengkak asam urat dikompres es batu?

Jika rasa sakit itu menyerang, sebaiknya segera minum obat. Tetapi jika kebetulan stok obat sedang habis, bisa lakukan langkah sederhana ini untuk mengobati bengkak dengan segera, yaitu mengompresnya dengan menggunakan air es. Saat persendian bengkak es batu atau air es sangat membantu untuk mengatasinya. Caranya dengan membungkus es batu tersebut dengan kain lalu kompres bagian yang sakit itu.

Cara ini salah satu terapi yang sering disarankan oleh para dokter pada penderita nyeri sendi. Namun hingga saat ini jenis pengompresan masih terdapat perbedaan pendapat di kalangan para dokter. Sebagian dokter menyarankan dengan air es, sebagian lagi dengan menggunakan air hangat. Pada dasarnya kedua jenis pengompresan tersebut sangat baik untuk meredakan nyeri pada persendian, hanya saja tujuannya berbeda.

Kompres air dingin lebih tepat dilakukan untuk mengatasi nyeri sendi dengan tanda peradangan, seperti merah dan bengkak pada asam urat. Sedangkan kompres air hangat disarankan untuk mengatasi nyeri tanpa gejala peradangan, seperti pengapuran sendi. Mengapa es batu atau air es disarankan untuk terapi nyeri pada asam urat? Karena kompres dingin dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada sendi, juga mengurangi penumpukan sel radang sehingga rasa nyeri tersebut berkurang.

Untuk mengatasi rasa sakit akibat asam urat selain dengan mengonsumsi obat asam urat di apotik, ada baiknya mengompres bagian yang bengkak itu dengan pengompresan dingin. Langkah mudah cara kompres asam urat dengan es batu atau air es adalah sebagai berikut:

  • Letakkan es batu yang sudah dibungkus kain terlebih dahulu pada bagian yang sakit minimal 3 kali sehari. Pengompresan tidak boleh dilakukan dengan menempelkan es batu secara langsung pada kulit, karena bisa menyebabkan iritasi.
  • Pada 72 jam pertama kompres dengan air es sebaiknya dilakukan selama 10 menit setiap satu jam sekali.
  • Setelah itu Anda dapat melakukan pengompresan selama 15-20 menit sebanyak 3 kali sehari.
Sponsors Link

Selain pengompresan, es batu juga sering digunakan untuk terapi asam urat dan stroke dengan cara merendam kaki. Perendaman dilakukan hanya selama kurang lebih 10 menit, 2x sehari selama satu minggu. Air rendaman tidak hanya air dan es batu saja, tetapi dicampur dengan minyak tanah dan garam. Resep tradisional ini kabarnya cukup ampuh mengatasi rasa sakit tersebut. Untuk membuktikannya tidak ada salahnya Anda mencoba. Cara mengobati asam urat dengan minyak tanah, garam dan es batu yaitu:

  • Siapkan sekantong es batu
  • Minyak tanah satu liter
  • Garam kasar segenggam
  • Campurkan es batu, minyak tanah dan garam dalam air, aduk dan biarkan dahulu selama 5 menit. Fungsi garam pada larutan tersebut adalah untuk menaikkan titik beku es sehingga tidak cepat mencair.
  • Setelah itu rendam kaki dalam air tersebut. Injak-injak kaki pada garam kasar dalam larutan tersebut selama beberapa menit.
  • Jika urat kaki Anda mulai terasa tertarik, angkat kaki perlahan-lahan.
  • Ulangi lagi beberapa kali.
  • Lakukan terapi ini dua kali sehari selama satu minggu
  • Terapi ini sangat baik untuk penderita asam urat dan stroke.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan es batu untuk berbagai keperluan di atas, selalu ingat untuk tidak menaruh es batu secara langsung pada kulit, terutama pada luka terbuka. Dianjurkan untuk meletakkan kain bersih di antara kulit dan es batu. Selain itu, jangan menaruh es batu pada kulit selama lebih dari 15-20 menit, dan jangan tertidur dengan es batu masih melekat pada kulit. Disarankan untuk segera pergi ke rumah sakit atau dokter jika peradangan atau pembengkakan tidak membaik dengan kompres es.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan perbedaan manfaat kompres hangat dan kompres dingin untuk mengatasi nyeri sendi? Terutama untuk mengatasi nyeri sendi akibat tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Terapi atau pengompresan dengan es batu itu sifatnya hanya sementara. Ada baiknya tetap menjaga pola makan dan gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit tersebut menyerang. Selain itu segera berobat ke dokter jika sakit dan menyerang, agar dampak dari asam urat tidak mengganggu bagian-bagian tubuh yang lain.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan