Sponsors Link

Akibat Benjolan Asam Urat Pecah Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

benjolanPenyakit asam urat merupakan salah satu penyakit kronis yang secara umum dapat terjadi pada mereka dengan usai lanjut. Namun belakangan ini karena kondisi pola makan salah dan terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan tertentu serta keadaan gaya hidup tidak sehat yang sering dan biasanya dilakukan  menjadikan kondisi penyakit asam urat dapat di derita oleh semua kalangan usia termasuk mereka yang masih dapat dikatakan dalam usia usia relatif muda.

ads

Penyakit asam urat merupakan kondisi yang akan dapat kambung dengan mudah ketika sudah pernah mengalaminya. Kondisi penyakit asam urat tersebut merupakan permasalahan yang muncul akibat adanya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh yang melebihi batas normalnya yakni 7,0 mg/dl untuk laki laki dan 6,0 mg/dl untuk wanita. Kondisi penyakit asam urat dapat menyebabkan munculnya beberapa gejala yang sering kali disebut sebagai serangan asam urat.

Gejala yang dapat terjadi pada penderita asam urat diantaranya adalah nyeri dan munculnya pembengkakan atau disebut sebagai benjolan asam urat. Kondisi benjolan tersebut muncul akibat adanya penumpukan kristal asam urat dengan bentuk jarum di beberapa daerah persendian. Bentuk kristal jarum asam urat ini lah yang menjadi penyebab munculnya benjolan asam urat. Dalam suatu kondisi tertentu, benjolan asam urat tersebut dapat pecah. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai akibat dan penyebab benjolan asam urat pecah dan beberapa cara untuk mengatasinya.

Benjolan Asam Urat

Sebelum membahas lebih jauh mengenai benjolan asam urat pecah maka dalam penjelasan pertama ini akan diberikan ulasan mengenai apa itu benjolan asam urat. Benjolan yang terbentuk dari kondisi penyakit asam urat bukanlah peradangan biasa dan dalam kondisi medis dikenal sebagai salah satu komplikasi dari berbagai jenis penyakit asam urat. Benjolah asam urat tersebut disebut sebagai tofi atau benjolan keras yang muncul ketika kondisi penyakit asam urat sudah semakin parah.

Tofi atau benjolan asam urat dapat terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat di bawah kulit yang terjadi karena ketidakmampuan tubuh mengekskresi jumlah asam urat berlebih. Benjolan asam urat ini dapat muncul di beberapa daerah tubuh diantaranya seperti jari, tangan, siku, jari kaki, dan sekitar mata kaki. Secara umum, topi tidak akan menimbulkan rasa sakit namun dapat membengkak dan keras ketika muncul kondisi serangan asam urat pada tubuh penderitanya.

Dampak Pecahnya Benjolan Asam Urat

Tofi urat atau benjolan asam urat yang terbentuk dari kondisi penyakit asam urat kronik yang sudah cukup parah lama kelamaan dapat menjadi semakin besar dengan rasa nyeri hebat dan ketika kadar asam urat di dalam tubuh sudah sangat tinggi maka topi tersebut dapat pecah. Kondisi benjolan asam urat pecah perlu menjadi kewaspadaan bagi penderitanya karena kondisi tofi urat yang pecah tersebut dapat menimbulkan beberapa dampak yang diantaranya sebagai berikut ini.

  • Munculnya cairan menyerupai pasta gigi,  pecahnya benjolan asam urat tersebut dapat menimbulkan dampak berupa munculnya cairan menyerupai pasta gigi. Cairan menyerupai pasta gigi tersebut merupakan campuran antara nanah dan kristal asam urat yang menumpuk pada benjolan.
  • Menimbulkan resiko infeksi, pecahnya benjolan asam urat pada daerah tertentu di dalam tubuh dapat menyebabkan dampak munculnya luka terbuka. Luka terbuka yang muncul dari kondisi benjolan asam urat pecah tersebut dapat menyebabkan resiko terjadinya infeksi yang tentunya akan semakin memperparah kondisi permasalahan kesehatan pada penderita asam urat.
  • Rasa nyeri dan sakit, adanya luka terbuka akibat benjolan asam urat yang pecah tentu juga dapat menyebabkan munculnya rasa sakit dan nyeri pada daerah luka tersebut yang tentunya akan menyebabkan gangguan aktifitas bagi penderitanya. Rasa nyeri dan sakit merupakan salah satu gejala kaki asam urat yang sangat menganggu.

Mengatasi Benjolan Asam Urat Yang Pecah

Kondisi benjolan asam urat atau tofi asam urat yang pecah tentu dapat memberikan dampak buruk bagi penderitanya seperti dalam penjelasan diatas. Untuk dapat mengatasi kondisi dan mencegah dampak buruk yang ada dari keadaan pecahnya benjolan asam urat tersebut tentu ada beberapa usaha dan upaya yang harus dilakukan diantaranya seperti berikut ini.

  • Menurunkan kadar asam urat, munculnya benjolan merupakan akibat dari peningkatan kadar asam urat sehingga untuk dapat mengatasi dan mencegah terjadinya tofi urat pecah adalah dengan menurunkan kadar asam urat melalui obat obatan medis maupun secara traditional.
  • Melakukan perawatan luka, luka terbuka yang muncul harus dapat dibersihkan dan dirawat dengan benar untuk menghindari terjadinya komplikasi lanjutan seperti infeksi di daerah bekas benjolan asam urat yang pecah tersebut.
  • Mengkonsumsi obat nyeri dan antibiotik, konsumsi obat obatan nyeri dan antibiotik dapat dilakukan untuk mengatasi gejala yang muncul dan menghindari kondisi infeksi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai dampak benjolan asam urat pecah dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mencegah terjadinya dampak buruk pecahnya benjolan asam urat. Benjolan asam urat sebaiknya dapat dicegah dengan pola makan yang sehat dan menghindari jenis makanan dengan kandungan zat purin tinggi.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan