Sponsors Link

Bolehkah Beras Ketan untuk Asam Urat Tinggi?

Sponsors Link

beras ketanPenyakit asam urat disebabkan oleh produksi asam urat berlebih yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Asam urat tersebut berasal dari senyawa purin yang dibentuk oleh xantin oksidase. Purin tersebut berasal dari asupan makanan yang mengandung purin tinggi seperti hati, jeroan, ikan laut dan lainnya.

ads

Di antara ciri-ciri gejala asam urat pada kaki adalah adanya rasa nyeri di jari kaki dan bisa juga menyerang tangan serta sendi. Adanya persendian yang bengkak karena penumpukan asam urat di bagian sendi dan kemerahan yang menyebabkan rasa terbakar. Biasanya gejala awal hanya datang sewaktu-waktu dan terjadi pada malam hari. Namun dengan seiringnya asam urat yang meninggi maka keluhan akan sering terjadi.

Penderita asam urat perlu memperhatikan pola hidup agar asam urat tidak semakin memburuk. Asam urat yang memburuk dapat menimbulkan penyakit komplikasi asam urat dengan gagal ginjal dan diabetes mellitus. Tentu saja anda tidak ingin  hal ini terjadi bukan?

Dengan menjaga pola hidup sehat, maka asam urat akan dapat terkontrol dengan baik. Salah satu cara menjaga pola hidup dengan baik yaitu memperhatikan pola makan. Penderita asam urat harus menghindari makanan yang tinggi purin dan sebaliknya harus mengkonsumsi makanan yang mengandung purin sedang dengan kondisi terbatas atau makanan yang rendah purin.

Salah satu makanan yang mayoritas dikonsumsi oleh masyarakat yaitu beras ketan. Beras ketan biasanya dihidangkan dalam bentuk tape beras ketan atau dimasak nasi seperti biasa. Apakah penderita asam urat boleh mengkonsumsi beras ketan?

Kandungan beras ketan

Beras ketan merupakan salah satu varietas padi yang sebagian besar terdiri dari zat pati sekitar 80-85%.  Beras ketan mengandung karbohidrat penyusun utama berupa pati dengan kadar amilosa 1-2%. Selain itu, beras ketan juga mengandung banyak mineral dan vitamin yang sangat berguna bagi sistem metabolisme tubuh.

Beras ketan memiliki daya lekat lebih tinggi dari pada beras biasa. Hal ini dikarenakan beras ketan mengandung amilopektin yaitu polimer glukosa yang menyebabkan tekstur beras ketan lengket. Berbeda dengan beras biasa, yang mengandung amilosa lebih tinggi sehingga teksturnya tidak lengket. Kandungan lemak pada beras ketan sekitar  0,7%  dengan komposisi lemak yang paling tinggi yaitu asam oleat dan asam palmitat.

Berdasarkan identifikasi dari Sediaoetama, bahwa beras ketan mengandung kadar air 12%, protein 6,7%, lemka 0,7%, karbohidrat 79,4%, kadar abu 0,2%, vitamin yang terkandung di dalamnya tiamin, riboflavin dan niacin. Sedangkan mineral yang terkandung yaitu besi, kalsium, fosfor dan lain-lain.

Manfaat beras ketan untuk kesehatan:

  • Serat pada beras ketan bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan kadar gula darah.
  • Beras ketan mengandung vitamin B-6 yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan nafsu makan dan membuat tubuh tetap sehat dan bugar.
  • Terdapat senyawa antioksidan di dalam beras ketan yaitu selenium. Selenium berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selenium juga dapat menjaga kinerja hormon tiroid tetap baik dimana hormon tiroid berfungsi untuk mengatur fungsi tubuh seperti pernafasan dan siklus menstruasi.
  • Kandungan mangan dalam beras ketan dapat menjaga kesehatan tulang, menyerap vitamin, dan mengatur kadar glukosa dalam darah.
Sponsors Link

Beras Ketan untuk Asam Urat

Beras ketan termasuk makanan dengan karbohidrat tinggi. Sedangkan penderita asam urat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi dan kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi. Karena karbohidrat yang tinggi dan kompleks tersebut dapat memudahkan pengeluaran asam urat melalui urin.

Konsumsi karbohidrat ini sebaiknya tidak kurang dari 100 gram per hari. Namun untuk karbohidrat sederhana yang mempunyai kandungan fruktosa seperti sirup jagung dan soft drink sebaiknya dihindari karena fruktosa dapat menyebabkan meningkatnya asam urat dalam darah.

Jika anda ingin makan beras ketan maka olahlah seperti nasi pada umumnya. Tidak diperkenankan untuk memakannya dalam bentuk tape beras ketan. Anda tahu bahwa tape merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat karena mengandung alkohol dan purin yang tinggi.

Sponsors Link

Pola makan anda harus diimbangi dengan olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Olahraga teratur misalnya tiga kali seminggu dapat meregangkan otot dan persendian sehingga tubuh tampak lebih bugar. Begitu pula dengan istirahat cukup akan menenangkan kondisi tubuh dari aktivitas sehari-hari.

Memperbanyak minum air putih juga merupakan salah satu cara untuk mengontrol asam urat anda. Dengan mengkonsumsi air putih dapat membantu memudahkan mengeluarkan asam urat melalui urin. Setidaknya anda minum air putih sehari sebanyak 2 liter.

Selain itu, secara psikologis, keadaan pikiran harus tenang dan tidak memikirkan atau melakukan aktivitas yang berat. Hal ini dapat menjadi pemicu asam urat anda semakin memburuk. Selalu diiringi dengan pikiran positif akan memacu keadaan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :