Sponsors Link

Bolehkah Asam Urat Makan Edamame?

Sponsors Link

edamameEdamame merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mulai digemari oleh masyarakat Indonesia. Edamame sendiri ialah kacang kedelai yang masih berada di dalam polongnya. Kacang kedelai ini biasanya dijadikan camilan tradisional di Jepang. Bagi Anda penderita asam urat, mungkin Anda bertanya-tanya bolehkah asam urat makan edamame.

ads

Edamame mempunyai rasa yang nikmat dan mengandung banyak nutrisi baik bagi kesehatan tubuh. Kacang berwarna hijau ini mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, serat, folat, mineral, dan zat besi. Selain itu, edamame juga mengandung magnesium, mangan, kalsium, zinc, kalium, dan vitamin (A, B, C, E, dan K).

Edamame Bagi Penderita Asam Urat

Biasanya makanan yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat adalah makanan yang mengandung purin tinggi. Purin sendiri bukanlah senyawa kimia yang berbahaya bagi tubuh. Purin ialah salah satu protein dari golongan nukleoprotein.

Tubuh sendiri telah menyediakan 85% senyawa purin untuk kebutuhan tubuh setiap hari. Sisanya sebanyak 15% harus dipenuhi dengan makanan. Namun, terkadang konsumsi makanan yang mengandung purin cenderung berlebihan. Ginjal pun tidak dapat mengatur metabolismenya dengan baik.

Edamame termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan. Kacang tergolong makanan rendah purin dan mengandung kurang lebih 40 mg purin per cangkir. Konsumsi kacang 10 -15 kacang per hari bisa menjadi sumber protein.

Kemudian, bolehkah asam urat makan edamame. Hal ini bergantung pada kandungan yang ada pada edamame. Edamame tidak memiliki kandungan kolestrol dan tidak juga sebagai sumber protein. Jadi, edamame aman dikonsumsi bagi penderita asam urat.

Kacang berwarna hijau ini adalah sumber protein yang bahkan dapat membantu menurunkan keluhan rematik. Mengonsumsi protein kedelai edamame lebih hemat kalsium sebanyak 50% dibandingkan dengan hanya mengonsumsi protein hewani.

Cara Tepat Mengonsumsi Edamame

Meskipun edamame bukan merupakan sumber purin dan tidak mengandung kolestrol, tetapi ada beberapa hal lain yang perlu diingat. Seperti halnya jenis kacang lainnya, edamame sebaiknya dikonsumsi sebagai camilan bukan pengganti makanan utama. Batasi juga porsi edamame yang Anda konsumsi agar tidak berlebihan.

Edamame dapat disajikan dengan sayuran lainnya, seperti menjadi campuran dari berbagai jenis makanan yakni sup atau nasi goreng. Namun, edamame bisanya dinikmati sebagai camilan yang hanya diolah dengan cara direbus atau dikukus.

Terdapat pula kedelai edamame yang sudah diolah atau difermentasi. Misalnya, dalam bentuk tempe, tahu, saus, dan sup. Kacang edamame yang sudah diolah menjadi lebih mudah dicerna. Sementara itu, edamame yang sudah difermentasi dapat meningkatkan jumlah bakteri yang baik dalam pencernaan.

Namun, mengonsumsi edamame dapat membuat perut kembung dan mudah buang angin. Jadi, masaklah kedelai edamame lebih lama hingga benar-benar matang. Kedelai edamame ini juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang.

Khasiat Lain Edamame Bagi Kesehatan

Selain aman bagi penderita asam urat, kandungan gizinya yang tinggi menjadi edamame bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat edamame bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah:

  • Menurunkan kadar kolesterol jahat

Konsumsi kedelai sekitar 50 gram per hari mampu mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL) dalam tubuh. Jadi, konsumsi edamame secara rutin dan tidak berlebihan mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Pahami juga pengaruh asam urat terhadap jantung.

Sponsors Link

  • Mengurangi resiko penyakit kanker, hipertensi, dan osteoporosis

Edamame mengandung isoflavon, yakni antioksidan yang bermanfaat dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Penyakit tersebut diantaranya adalah kanker, hipertensi, dan osteoporosis. Edamame juga baik untuk menjaga kestabilan darah, sehingga baik untuk penderita diabetes. Anda perlu juga memahami menu makanan untuk penderita diabetes, kolesterol, dan asam urat serta penderita asam urat tidak boleh makan apa saja.

  • Menyehatkan saluran pencernaan

Edamame mengandung serat dan protein yang tinggi. Kandungan ini berfungsi sebagai prebiotik yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran cerna. Oleh karena itu, edamame baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna.

  • Meredakan gejala menopause

Bagi Anda para wanita, mengonsumsi edamame dapat meredakan gejala menopause. Kedelai edamame mengandung antioksidan isofalvon dan fitoestrogen yang bermanfaat untuk meredakan gejala hot flashes atau munculnya sensasi panas di sekitar wajah, leher, dan dada pada wanita di masa menopause.

  • Menjaga mempertahankan berat badan

Kandungan serat, protein, dan antioksidan pada edamame juga dapat membantu menjaga berat badan. Hasil dari beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan berserat seperti edamame, pada umumnya memiliki berat badan yang ideal. Edamame dapat mengurangi lemak tubuh dan lebih lama dicerna, sehingga dapat membuat kenyang lebih lama.

Inilah penjelasan mengenai bolehkah asam urat makan edamame. Selain edamame, pahami juga jenis kacang yang aman untuk asam urat, kacang panjang untuk asam urat, kacang pinto untuk asam urat, dan bolehkah penderita asam urat makan bubur kacang hijau. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

, ,
Oleh :