Sponsors Link

Bolehkah Asam Urat Makan Kuaci Bunga Matahari? Ini Dia Penjelasannya!

Sponsors Link

Ketika seseorang mengalami penyakit asam urat, akan banyak sekali pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi. Bahkan kebanyakan jenis makanannya termasuk makanan favorit banyak orang seperti daging-dagingan baik daging merah ataupu unggas, seafood, susu ataupun olahannya dan lain sebagainya. Begitu juga dengan biji bijian termasuk ke dalam bahan makanan yang harus tidak boleh dikonsumsi saat asam urat tinggi. Hal ini disebabkan karena biji bijian mengandun zat purin, yang bisa menyebabkan meningkatnya kadar asam urat dalam darah.

ads

Lalu, bolehkah asam urat makan kuaci bunga matahari? Walaupun biji bijian bisa menyumbang peningkatan asam urat, ternyata tidak semua biji bijian harus dihindari karena biji bijian seperti biji bunga matahari atau kuaci justru malah memiliki manfaat untuk asam urat. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai apa saja manfaat dari biji bunga matahari atau kuaci untuk asam urat. Simak pembahasannya berikut ini.

Manfaat biji kuaci untuk asam urat

Tidak seperti jenis biji bijian lain yang merupakan makanan penyebab asam urat tinggi, biji kuaci memiliki khasiat yang baik untu menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Hal ini disebabkan karena biji kuaci memiliki kandungan seperti vitamin E, kalsium, magnesium dan antioksidan yang baik untuk penderita asam urat. Dengan berbagai macam kandungan di dalamnya tentunya banyak sekalli manfaatnya untuk penderita asam urat, seperti berikut ini:

  • Kuaci memiliki kandungan vitamin E, yang mana khasiat vitamin E untuk asam urat adalah bisa membantu menurunkan kadarnya dalam darah dan membuat asam urat agar cepat sembuh.
  • Kandungan antioksidan di dalam biji kuaci akan membuat daya tahan tubuh semakin meningkat, juga akan membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang bisa mengganggu kesehatan ataupun memperparah asam urat yang sedang dialami.
  • Meningkatkan kesehatan persendian, sehingga nyeri dan sakit yang muncul akibat asam urat dapat diminimalisir. Karena kandungan mineral seperti kalsium dan magnesium di dalam kuaci sangat bermanfaat untuk sendi dan tulang.
  • Membantu cara menghilangkan bengkak asam urat ataupun peradangan yang muncul karena asam urat, misalnya pembengkakan pada jempol kaki ataupun di daerah lainnya dengan kandungan mineral di dalamnya.

Untuk mendapatkan beberapa manfaat dari biji kuaci di atas tentunya harus memilah biji kuaci yang dikonsumsi, yaitu biji kuaci yang original atau tanpa rasa. Bukannya biji kuaci yang sudah dikemas pabrikan dan diberikan tambahan rasa tertentu. Khasiat dari kuaci ini tidak hanya bisa membantu mengatasi penyakit asam urat saja lho, namun juga bisa membantu mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan lainnya seperti kolesterol, rematik dan lain sebagainya.

Cara mengatasi asam urat tinggi

Mengkonsumsi biji kuaci saja tidak langsung bisa mengatasi asam urat, namun juga diperlukan penanganan lainnya agar kesembuhan asam urat bisa semakin maksimal. Terdapat beberapa hal lain yang bisa dilakukan sebagai penanganan ataupun sebagai cara mencegah munculnya ciri-ciri penyakit asam urat tinggi lebih parah lagi, seperti berikut ini:

Sponsors Link

  • Banyak mengkonsumsi air putih yaitu minimal memenuhi asupan kebutuhan air putih harian yaitu sebanyak 2 liter per hari. Tujuannya adalah untuk membantu organ ginjal dalam mengeluarkan penumpukan asam urat dalam tubuh melalui urin, juga untuk mencegah otot mengalami dehidrasi. Karena jika otot mengalami dehidrasi akan semakin mudah mengalami kontraksi dan nyeri yang dialami akan semakin parah.
  • Membatasi konsumsi makanan yang mengandung zat purin misalnya seperti bayam, asparagus, daging merah, daging unggas, makanan laut dan lain sebagainya. Di mana sebenarnya makanan ini tetap bisa dikonsumsi saat menderita asam urat, namun asupannya harus benar-benar dibatasi agar kadar asam urat di dalam darah tidak semakin meningkat.
  • Selalu mengecek kadar asam urat secara rutin, dengan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter ataupun sendiri dengan alat uji asam urat. Dengan begitu kadar asam urat dapat dipantau dan sdapat segera ditangani secepat mungkin jika terjadi peningkatan.
  • Melakukan olahraga secara teratur dan menjaga asupan makanan dengan melakukan diet tepat juga bisa mengatasi sekaligus bisa menjadi cara mencegah asam urat sejak dini. Hal ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya obesitas yang bisa memperparah nyeri yang dirasakan akibat asam urat.
  • Memanfaatkan bahan alami untuk dikonsumsi ataupun sebagai obat luar untuk meredakan nyeri. Bahan alami yang bisa dimanfaatkan contohnya adalah jahe, teh hijau, kunyit, temulawak dan lain sebagainya.

Jadi, bolehkah asam urat makan kuaci bunga matahari? Jawabannya adalah boleh karena kuaci adalah salah satu biji bijian yang kaya akan nutrisi yang berfungsi untuk menurunkan kadar asam urat. Namun juga diimbangi dengan penanganan lain seperti yang telah dijelaskan di atas, agar asam urat yang diderita bisa sembuh dengan lebih optimal. Semoga bermanfaat.

, ,



Oleh :