Sponsors Link

Bolehkah Penderita Asam Urat Dipijat?

Sponsors Link

Asam urat adalah penyakit yang biasanya akan menyerang persendian. Tanda-tanda asam urat adalah timbulnya rasa nyeri hingga bengkak pada bagian sendi. Untuk mengurangi rasa nyeri dan mengatasi bengkak kerap kali orang-orang melakukan pemijatan. Bolehkah penderita asam dipijat?

ads

Pijat Untuk Asam Urat

Pada dasarnya tidak ada pelarangan untuk melakukan pemijatan pada orang yang memiliki penyakit asam urat. Namun perlu Anda ketahui, bahwa memijat hanya akan mengurangi rasa nyeri, bukan mengurangi asam urat.

Penyebab asam urat yang utama adalah asupan purin yang berasal dari luar tubuh. Asupan yang tidak di kontrol akan terus masuk dan menyimpan purin dalam jumlah banyak. Purin akan memicu pada peningkatan kadar asam urat, kemudian pengkristalan pun akan terjadi, dan darah mulai menyalurkan nya pada daerah persendian. Sehingga penumpukan dan pengendapan purin dalam sendi lah yang memicu adanya rasa nyeri.

Berdasarkan penjelasan diatas sudah jelas bahwa pijat tidak bisa mengurangi kadar purin namun bisa mengurangi rasa nyeri. Jadi, jika Anda ingin melakukan pemijatan tentu saja boleh!

Cara Pijat Asam Urat

Saat Anda terserang asam urat dan pengendapan sudah cukup parah maka akan menjadi pemicu asam urat untuk kemudian menjadi bengkak. Sebaiknya Anda jangan dulu memijat bagian bengkak tersebut. Kondisi ini tidak hanya berlalu untuk penderita asam urat, tapi juga berlalu untuk mereka yang mengalami bengkak pada sendi karena cedera dan yang lainnya. Anda harus mengetahui bagaimana kondisi bengkak tersebut.

Teknik pemijatan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri dan bengkak adalah dengan mengurut secara lembut dibagian bengkak nya. Jangan menekan nya dengan keras karena hanya akan menambah rasa sakit.

Ada teknik pijat lain yaitu dengan pijat refleksi dan mengandalkan beberapa titik dalam tubuh untuk mengatasi pembengkakan.

Titik pijat refleksi juga bisa membantu Anda untuk mengatasi adanya gangguan pada saluran urin dann ginjal sehingga akan membantu untuk membuang kelebihan purin yang ada dalam tubuh. Titik pijat refleksi yang harus diperhatikan:

  • Titik akupresur yang letaknya berada di 3 jari yang ada di atas sendi berfokus pada bagian jempol kaku bagian kanan dan juga kiri.
  • 2 titik selanjutnya adalah titik akupresur letaknya ada pada bagian sendi jempol pada kaki berfokus pada kaki kanan dan kiri bagian atas.
  • Titik selanjutnya bisa dilanjutkan pada bagian pinggir kaki, memijat pada bagian ini berguna untuk merefleksi bagian lutut sebelah kiri dan kanan.
  • Titik refleksi terakhir terletak pada 4 jari dibagian bawah tempurung lutut, tepat dibagian samping tulang kering, di atas kiri dan kanan.

Titik refleksi dan akupresur di atas bisa membantu Anda mengobati sakit atau pembengkakan karena asam urat. Anda bisa melakukan pemijatan pada titik tersebut khusus nya pada bagian sendi kaki yang berfokus pada engkel, lutut dan juga sendi belakang jempol. Lakukanlah pemijatan sesuai kondisi dan apa yang diperlukan oleh tubuh.

Tips Pijar Asam Urat

Agar proses pemijatan tidak menyebabkan kondisi asam urat Anda semakin parah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar bisa melakukan pijat dengan benar:

  • Cegah lecet pada kulit

Anda bisa memanfaatkan alat yaitu tongkat kecil yang mempunyai kepala bulat, biasanya alat pemijat manual seperti ini sudah dijual di toko-toko. Atau Anda bisa melakukan pemijatan langsung menggunakan jari tangan juga tidak masalah. Selanjutnya Anda bisa mengoleskan balsam atau minyak tawon dan sejenis nya pada daerah refkeksi yang akan dipijat. Hal ini dilakukan agar kulit yang dipijat tidak menjadi lecet.

Sponsors Link

  • Posisi tongkat

Anda bisa melakukan pemijatan pada titik refleksi yang sudah dijelaskan sebelum nya. Coba menekan dengan kuat. Jika Anda menggunakan tongkat, posisikan tongkat menjadi tegak lurus kemudian putar secara maju dan mundur. Jika Anda merasakan ada gumpalan atau ganjalan, itu adalah endapan atau kristal asam urat, saat dipijat Anda juga akan merasakan nyeri pada bagian tersebut

  • Menghancurkan endapan

Anda bisa membantu menghancurkan endapan dengan pemijatan, walaupun tidak akan terlalu berpengaruh. Lakukan pemijatan pada darah yang dirasa ada endapan, pijat selama 5 menit. Jika endapan sudah dirasakan semakin menghilang, rasa sakit dan bengkak akan berkurang dengan sendirinya.

Jika asam urat nya sudah cukup parah, Anda bisa melakukan pemijatan hingga 3 kali dalam sehari. Sebaiknya Anda juga mengkonsumsi air putih sebelum dan sesudah melakukan pemijatan sehingga akan melancarkan pengeluaran purin dengan bertahap.

Bisa disimpulkan jika ada pertanyaan “Bolehkah penderita asam urat dipijat?” Tentu saja boleh, namun ini tidak akan membantu pada penumpukan purin melainkan hanya meringankan gejala nya saja. Sedangkan jika ingin menurunkan purin Anda bisa menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat atau melakukan diet rendah purin.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan