Sponsors Link

Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Bubur Kacang Hijau?

Sponsors Link

Bolehkah penderita asam urat makan bubur kacang hijau? Tentu pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang banyak diinginkan untuk dijawab dalam masyarakat. Banyak orang memang membicarakan bahwa penyakit asam urat akan semakin berbahaya jika mengonsumsi bubur kacang hijau. Atau dengan kata lain kacang hijau termasuk dalam pantangan makanan bagi penderita asam urat. Namun pernyataan ini masih banyak menimbulkan keraguan dalam masyarakat. Benarkah penderita asam urat tidak boleh mengonsumsi bubur kacang hijau? Apa dan mengapa alasannya? Jika dikonsumsi apa efek sampingnya untuk penderita? Hal hal yang banyak ditanyakan tersebut membuat menarik untuk dipelajari apa saja yang menyebabkan bubur kacang hijau tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat dan benarkah informasi tersebut. Jika anda salah satu dari yang penasaran mengenai jawabannya, maka simaklah artikel ini hingga akhir pembahasannya.

ads

Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Bubur Kacang Hijau

Kembali ke pada pertanyaan bolehkan penderita asam urat makan bubur kacang hijau, maka jawaban yang dihasilkan tentunya adalah tidak boleh. Penderita asam urat disarankan untuk tidak mengonsumsi sama sekali makanan yang nikmat disantap saat sarapan ini. Apa alasannya? Diketahui bahwa bubur kacang hijau sesuai namanya adalah bubur yang terbuat dari kacang hijau. Kacang hijau ini termasuk dalam jenis tumbuhan polong-polongan yang diketahui begitu banyak memiliki nutrisi maupun gizi. Khususnya kandungan gizi dan nutrisinya adalah berupa kandungan protein. Kandungan protein ini dapat meningkatkan kadar kolesterol sehingga akan memberikan dampak ke efek asam urat. Selain itu, protein yang terlalu tinggi akan meninggalkan sisa metabolisme berupa zat purin yang adalah pemicu utama penyakit asam urat. Itulah sebabnya tidak boleh ada penumpukan zat purin yang akan berubah menjadi kristal asam urat dalam urine dan sendi sendi di tubuh anda. Lalu apa yang dapat dialami oleh penderita asam urat yang tetap mengonsumsinya?

Akibat Penderita Asam Urat Mengonsumsi Bubur Kacang Hijau

Jika seorang penderita asam urat menganggap remeh larangan mengkonsumsi bubur kacang hijau, maka akan terjadi kekambuhan asam urat. Kambuhnya asam urat ini akan menimbulkan akibat pada penderita tersebut. Apa saja kira kira akibatnya? Simak penjelasannya di bagian berikut ini.

1. Sendi Sendi Mulai Susah Digerakkan

Akibat pertama dari konsumsi bubur kacang hijau oleh penderita asam urat adalah susahnya sendi digerakkan. Akhirnya, sendi anda menjadi sangat berat dan terasa sakit saat digerakkan. Oleh sebab itu, hindarilah konsumsi bubur kacang hijau tersebut khususnya agar ciri ciri asam urat di tangan tidak muncul kembali.

2. Terasa Nyeri di Sendi yang Tak Kunjung Sembuh

Setelah itu akibat yang kedua karena penderita asam urat mengonsumsi bubur kacang hijau biasanya adalah terasanya nyeri di sendi organ yang tak kunjung sembuh. Alasannya sudah jelas adalah karena kandungan zat purin pemicu asam urat yang meningkat setelah konsumsi bubur kacang hijau ini membuat saraf organ tak berdaya Jadi pastikan untuk tidak mengonsumsi bubur kacang hijau lagi sejak anda menderita asam urat. Konsumsilah hanya makanan yang rendah purin saja.

3. Sendi Sendi Mengalami Pembengkakan dan Aliran Darah Tidak Lancar

Akibat yang ketiga dari konsumsi bubur kacang hijau yang dilakukan oleh penderita asam urat biasanya adalah munculnya gejala asam urat di kaki seperti pembengkakan di beberapa bagian kaki anda. Hal ini terjadi karena asam urat yang kambuh menghambat aliran darah di sekitar sendi kaki anda.

Sponsors Link

4. Tekanan Darah Terus Meningkat pada Penderita Asam Urat

Terakhir, konsumsi kacang hijau dapat meningkatkan tekanan darah. Keadaan ini menyebabkan tubuh anda tidak dapat menghindari lagi efek asam urat dan kolesterol yang kambuh dan menyiksa tubuh anda kembali

Demikianlah tadi informasi mengenai jawaban bolehkah penderita asam urat makan bubur kacang hijau. Jawabannya adalah tidak boleh. Pengolahan apapun dari kacang kacangan sangat disarankan untuk tidak anda konsumsi. Jadi pastikanlah untuk menghindari juga konsumsi dari bubur kacang hijau. Jangan sampai hanya karena keinginan anda mengonsumsinya, anda harus menderita rasa sakit yang tidak karuan pada tubuh anda.

, , , , ,
Oleh :