Sponsors Link

Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Emping?

Sponsors Link

Bagi Anda penderita asam urat, Anda mungkin memiliki pantangan untuk memakan emping. Lalu sebenarnya, bolehkah penderita asam urat makan emping dan apakah alasannya. Asam urat adalah penyakit arthritis yang menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan rasa sakit yang datang secara tiba-tiba pada sendi tubuh Anda. Orang awam biasa menyebutnya encok, tetapi istilah ini tidak sepenuhnya tepat.

ads

Asam urat sering terjadi di bagian jempol kaki, tetapi penyakit ini dapat mempengaruhi sendi lain di kaki, seperti pergelangan kaki, telapak kaki, dan lutut. Namun, ada obat alami asam urat di lutut yang dapat Anda manfaatkan.

Meskipun begitu, asam urat dapat terjadi di lengan, tangan, pergelangan tangan, dan siku. Penyakit asam urat di telapak tangan juga dapat terjadi. Ada beberapa alasan kenapa asam urat susah sembuh, tetapi penyakit ini dapat dicegah agar tidak kambuh. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan mengurangi beberapa faktor gaya hidup.

Gejala Asam Urat

Pada beberapa kasus, penyakit asam urat pada awalnya tidak menunjukkan gejala apapun. Gejalanya biasanya muncul saat penderita sudah mengalami kondisi akut atau asam urat kronis.

Gejala yang paling sering terjadi adalah:

  • Sendi lunak dan bengkak
  • Sendi kemerahan
  • Sekitar sendi terasa panas
  • Di pagi hari, nyeri sendi parah dan mendadak

Gejalanya dapat muncul secara tiba-tiba dan sering terjadi di tengah malam. Gejala asam urat sebagian besarnya hanya terjadi dalam beberapa jam selama 1 – 2 hari.

Pada kasus yang parah, nyeri pada sendi bisa saja terjadi selama berminggu-minggu. Apabila Anda mengalami gejala ini, maka encok yang Anda miliki cukup parah. Selain itu, ada juga yang merasakan gejala encok hingga 6 – 12 bulan dalam intensitas yang berbeda setiap harinya. Kondisi ini cukup parah dan jika Anda mengalaminya maka segera kunjungi dokter.

Kandungan dalam Emping yang Berbahaya Bagi Asam Urat

Emping sebanyak 100 gram sendiri mengandung karbohidrat sebanyak 71,5 gram; protein 12 gram; lemak 1,5 gram; kalsium 100 miligram; fosfor 400 miligram; zat besi 5 miligram; dan energi 345 kilo kalori. Selain itu, emping sebanyak 100 gram juga mengandung purin sebesar 200 mg, vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,2 miligram, dan vitamin C 0 miligram.

Bolehkah penderita asam urat makan emping dan apakah alasannya, jawabannya adalah purin. Asam urat sendiri merupakan produk sampingan dari purin. Zat purin tidak hanya dapat ditemukan di emping, tetapi juga di berbagai jenis makanan. Makanan yang mengandung purin yang tinggi inilah yang wajib dihindari oleh penderita asam urat.

Purin ialah senyawa organik aromatik heterosiklik yang tersusun dari cincin pirimidin yang menyatu dengan cincin imidazole. Senyawa organik ini larut dalam air. Zat alami ini ditemukan di dalam sel, termasuk di dalam tumbuhan maupun hewan di sekitar Anda.

Kandungan purin pada sayuran umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan daging. Purin yang masuk ke tubuh dari makanan akan dimetabolisme menjadi asam urat. Hal ini sejatinya adalah proses yang normal dan sehat. Asam urat sendiri sesungguhnya bertindak sebagai zat anti oksidan yang berguna untuk melindungi lapisan pembuluh darah.

Namun, apabila kandungan asam urat dalam darah meningkat maka akan menyebabkan penyakit asam urat tinggi atau gout. Salah satu penyebabnya adalah akibat konsumsi purin yang tinggi. Asam urat meningkat akan membentuk Kristal dan menumpuk pada persendian.

Kristal yang terbentuk bersifat keras dan akan mengikis jaringan lunak atau lapisan tulang rawan sendi. Hal ini dapat mengakibatkan gejala radang sendi yang menyakitkan akibat asam urat.

Sponsors Link

Makanan Lain yang Mengandung Purin Tinggi

Purin terdapat di seluruh bagian makhluk hidup, jadi tidak mungkin untuk dihindari. Cara terbaik adalah dengan mengetahui beberapa makanan yang mengandung purin tinggi. Makanan yang mengandung purin tinggi atau penderita asam urat tidak boleh makan apa saja diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Daging merah

Apakah penderita asam urat boleh makan daging, sementara daging umumnya mengandung purin tinggi. Organ hewan atau jerohan mengandung purin paling tinggi. Daging yang memiliki kandungan purin tinggi misalnya daging babi, sapi, rusa, kelinci, kalkun, unggas, dan bebek. Batasi konsumsi daging saat Anda menderita asam urat tinggi.

  • Anggur

Anggur mengandung purin yang tinggi. Jadi, batasi konsumsi anggur jika Anda menderita asam urat tinggi.

  • Seafood

Ikan sarden, halibut, ikan kod, bluefish, makarel, trout, tuna, lobster, tiram, herring, dan kerang termasuk ke dalam sumber purin tertinggi.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang baik, tetapi umumnya juga tinggi purin. Kacang-kacangan yang kaya purin misalnya lentil, kacang navy, kacang lima, melinjo, dan kacang merah. Namun, ada juga kacang yang aman untuk asam urat.

Inilah penjelasan mengenai bolehkah penderita asam urat makan emping dan apakah alasannya. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan Anda.

, , , ,



Oleh :