Sponsors Link

Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Ikan Lele?

Sponsors Link

Lele adalah jenis ikan yang hidup di air tawar. Lela biasanya dijadikan sebagai salah satu ikan ternak, namun lele juga bisa hidup di rawa, danau dan air berlumpur. Ikan lele memiliki ciri khas yaitu terdapat kumis yang cukup panjang dan juga kulitnya yang berwarna gelap, abu-abu dan hitam. Banyak sekali orang yang menyukai lele, karena tekstur nya lembut dan juga harganya sangat ekonomis. Namun bagi penderita asam urat, konsumsi ikan lele kerap kali memberikan pertanyaan “Bolehkah penderita asam urat makan ikan lele?” mengingat salah satu pantangan makan bagi penderita asam urat salah satunya adalah jenis ikan. Apakah lele termasuk salah satunya? Berikut ulasannya.

ads

Lele Untuk Penderita Asam Urat

Pada dasarnya lele memang ikan yang dilarang, namun jika Anda mengkonsumsi lele dalam batasan tertentu maka tidak akan membahayakan. Lele memiliki kandungan merkuri. Namun tidak hanya lele karena hampir semua ikan memiliki kandungan merkuri yang akan membahayakan pada sistem saraf. Kandungan merkuri pada lele tidak terlalu tinggi sehingga Badan Pengawas Lingkungan menyatakan bahwa lele cukup aman untuk dikonsumsi.

Karena lele berkembang biak ditempat yang cukup kotor dan juga rendah oksigen kemungkinan besar lele memiliki kandungan bakteri seperti E.coli,  Shigella dan Salmonella. Sehingga saat Ada akan mengolahnya pastikan untuk membersihkan lele hingga bersih dan masak dengan suhu api yang tepat agar bakteri tersebut mati.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena lele juga ternyata memiliki beberapa manfaat untuk penderita asam urat, berikut adalah manfaatnya:

  • Mencegah peradangan

Peradangan adalah hal yang biasa terjadi pada penderita asam urat. Ini disebabkan karena ada penumpukan purin dalam tubuh. Asupan purin yang berasal dari luar tubuh jika tidak dibatasi akan menjadi pemicu asam urat terus mengalami peningkatan. Akibatnya asam urat akan mulai membentuk kristal dan darah mulai menyalurkan nya pada persendian. Kristal akan mulai mengendap pada sendi, jika endapan didiamkan dalam waktu lama maka akan mengakibatkan adanya peradangan yang diikuti dengan tanda-tanda asam urat seperti nyeri sendi hingga pembengkakan. Gejala sam urat di kaki adalah salah satu yang sering mengalami peradangan cukup hebat. Dengan konsumsi lele, Anda bisa mencegah terjadinya peradangan agar tidak menimbulkan gejala yang akan mengganggu pada aktivitas Anda.

  • Menurunkan berat badan

Tahukah Anda? Bahwa nyatanya asam urat juga disebabkan karena berat badan yang berlebihan atau obesitas. Kelebihan lemak dan kolesterol dalam tubuh akan menghambat pada proses pengeluaran purin yang diolah oleh ginjal dan dikeluarkan melalui urin. Purin akan benar-benar semakin terhambat jika penumpukan purin akibat asupan makanan tidak dibatasi. Oleh itu hal yang perlu Anda lakukan adalah menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi lele yang memiliki kandungan lemak yang rendah Anda bisa menurunkan berat badan dengan cukup baik.

  • Mencegah terjadinya keropos tulang

Asam urat akan menyerang persendian dan tulang disekitar nya. Sehingga kesehatan tulang mudah terancam karena asam urat, mungkin saja tulang bisa keropos dengan cepat karena asam urat terlalu parah dan terlalu lama didiamkan. Kandungan fosfor dalam lele bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan tulang agar tidak mudah keropos.

Itulah manfaat lele untuk asam urat. Perlu Anda ketahui juga bahwa ikan lele merupakan ikan yang cukup banyak mengandung protein. Terdapat sekitar 20% kandungan protein yang ada pada lele sehingga lele dinilai bisa melengkapi mutu protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam protein lele terdiri dari kandungan asam amino, leusin, metionin yang kadarnya cukup tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan daging dan susu. Sehingga tidak hanya untuk asam urat, lele juga cukup baik untuk kesehatan.

Sponsors Link

Tips Makan Lele Untuk Penderita Asam Urat

Saat akan mengkonsumsi ikan lele, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Konsumsi lah lele secukupnya, dan jangan berlebihan. Anda bisa mengkonsumsi 100 gram lele per hari.
  • Saat memasak lele jangan lupa untuk membersihkan lele sampai benar-benar bersih.
  • Atur suhu api saat akan memasak lele agar bakteri yang ada di dalam lele benar-benar hilang.
  • Jika Anda ingin menggoreng lele ganti lah minyak sayur menggunakan minyak zaitun.
  • Jika Anda sedang melakukan diet rendah purin, sediakan beberapa pendamping makanan rendah purin lainnya untuk dimakan bersama lele.

Sudah dijelaskan mengenai manfaat dan tips konsumsi ikan lele untuk penderita asam urat, sehingga jika Anda bertanya “Bolehkah penderita asam urat makan ikan lele?” tentu saja boleh dan juga lele masuk dalam ikan yang boleh dimakan untuk penderita asam urat, namun dengan catatan Anda benar-benar membatasi asupan nya agar tidak menjadi efek samping untuk penyakit asam urat.

, , ,