Sponsors Link

Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Mie Instan?

Sponsors Link

Asam urat adalah penyakit yang cukup banyak dipengaruhi oleh konsumsi makanan sehari-hari. Sehingga bagi penderita asam urat sangat penting untuk mengetahui pantangan makanan bagi penderita asam urat yang harus dihindari. Salah satu makanan yang sangat digemari oleh banyak orang adalah mie instan. Lalu, bolehkan penderita asam urat mengkonsumsi mie instan? Berikut pembahasan nya.

ads

Kandungan Mie Instan

Pada umumnya memang mie instan memiliki kandungan karbohidrat, namun didalam mie instan terdapat kandungan lain seperti MSG, garam dan juga pengawet yang sangat tinggi. Sedangkan kandungan protein dan serat nya sangatlah rendah.

Mie Instan Untuk Penderita Asam Urat

Berikut adalah pengaruh konsumsi mie instan bagi penderita asam urat:

  • Penumpukan purin

Walaupun sebenarnya mie instan memiliki kandungan purin yang rendah, namun konsumsi mie instan dengan rutin akan sangat mengancam pada kesehatan terutama pada seseorang yang mengidap penyakit asam urat. Kandungan kimia yang terlalu banyak seperti pewarna dan pengawet akan merusak pada sistem metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh terganggu maka akan semakin mengganggu pada proses peluruhan purin, dan akhirnya malah menjadikan purin menumpuk. Saat penumpukan purin, maka akan segera muncul tanda-tanda asam urat yang membuat sendi terasa nyeri.

  • Komplikasi batu ginjal

Konsumsi mie instan bagi penderita asam urat juga akan semakin mengarah pada komplikasi pembentukan batu ginjal akibat asam urat. Kadar asam urat yang terus mengalami penumpukan akan membentuk batu ginjal kemudian membuat fungsi ginjal semakin mengalami penurunan. Jika hal ini terjadi maka penderita harus mendapatkan perawatan tambahan untuk ginjalnya.

  • Menyebabkan kegemukan

Kegemukan merupakan salah satu penyebab asam urat. Dengan mengkonsumsi mie instan, kegemukan pada tubuh akan semakin berisiko. Lemak dan juga sodium yang terkandung dalam mie instan sangatlah tinggi sehingga akan sangat sulit diserap dan malah akan menyebabkan adanya penumpukan lemak. Penumpukan lemak akan mengganggu pada purin yang ada dalam tubuh.

Tips Mengatasi Kecanduan Konsumsi Mie Instan

Jika Anda ternyata mengalami kecanduan dan tidak bisa berhenti mengkonsumsi mie instan. Sebaiknya untuk mulai menguranginya, Anda mengikuti beberapa tips berikut:

1. Kurangi jumlahnya secara bertahap

Jika Anda sudah kecanduan, sebaiknya jangan tiba-tiba langsung berhenti. Karena bukannya akan memberikan dampak positif, Anda akan semakin ngidam dan ingin mengkonsumsi secara terus menerus. Anda bisa mengurangi konsumsi instan secara bertahap dan perlahan. Misalnya, jika Anda ternyata hampir setiap hari mengkonsumsi mie instan, Anda bisa coba mengurangi menjadi 2 bungkus untuk 1 minggu. Jika sudah berhasil, Anda bisa coba kurangi lagi jumlahnya hingga Anda benar-benar sudah terbiasa untuk tidak memakannya.

Sponsors Link

2. Mengganti bumbunya

Bumbu mie instan adalah yang membuat seseorang menjadi ketagihan dan ingin mengkonsumsi nya terus menerus. Untuk menghentikannya, Anda bisa coba mengganti bumbu mie instan dengan rempah-rempah alami, seperti bawang putih, daun bawang, cabai, ketumbar, lada, dan juga garam.

3. Menambahkan makanan sehat seperti sayuran

Anda juga menambahkan beberapa makanan sehat seperti sayuran. Beberapa sayuran yang bisa Anda tambahkan seperti sawi, wortel, kangkung dan juga brokoli. Atau Anda juga bisa menambahkan daging ayam diatasnya, dari pada menambahkan bakso.

4. Tidak menjadikan mie instan sebagai persediaan makanan

Anda akan semakin mengiginkan konsumsi makan mie jika Anda ternyata menyimpan satu kardus mie di rumah untuk persediaan. Sehingga ada baiknya Anda mulai menghilangkan kebiasaan membuat persediaan mie instan untuk bahan makanan.

Sponsors Link

5. Belajar cara memasak

Mungkin saja beberapa orang konsumsi mie instan karena tidak bisa memasak, dan mie instan menjadi salah satu jalan agar bisa makan dengan cepat tanpa harus repot mengolahnya apalagi saat sedang benar-benar dalam keadaan lapar. Sehingga jika itu alasannya ada baiknya Anda mulai belajar memasak, tidak perlu yang rumit. Cobalah memasak beberapa menu sederhana seperti sayur sop atau telur dadar.

6. Memintan bantuan orang terdekat

Ada baiknya Anda juga meminta bantuan pada orang terdekat Anda seperti keluarga atau teman. Anda bisa mengatakan jangan mengajak makan mie instan karena Anda sedang menghindari konsumsi mie instan. Ini akan semakin membantu, apalagi jika teman Anda mulai berinisiatif untuk mengingatkan Anda agar tidak mengkonsumsi mie instan.

Itulah beberapa bahaya mie instan untuk asam urat, sehingga jika muncul pertanyaan “Bolehkan penderita asam urat makan mie instan?” Tentu saja tidak boleh! Bagi yang sedang melakukan diet rendah purin, menghindari mie instan adalah salah satu yang sangat dianjurkan.

, , , ,