Sponsors Link

Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Nanas?

Sponsors Link

Salah satu gangguan kesehatan yang sering kambuh dan memberikan efek yang sangat tidak menyenangkan pada penderitanya adalah asam urat. Menderita asam urat bisa menyebabkan badan terasa ngilu dan nyeri, yang membuat tidak nyaman ketika bergerak dan digunakan untuk bekerja. Di samping asam urat dapat disembuhkan dengan memakai obat obatan dengan mudah, jika muncul tanda-tanda asam urat dan cara mengatasinya dengan metode sederhana yang menyehatkan lainnya adalah memanfaatkan khasiat dari buah-buahan. Berbicara mengenai buah-buahan untuk asam urat, banyak yang berpendapat buah nanas tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Benarkah?

ads

Pendapat tersebut bisa jadi benar namun juga tidak benar. Maksudnya, buah nanas bisa menjadi salah satu faktor meningkatnya kadar asam urat di dalam tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Hal ini disebabkan karena buah nanas ketika masuk ke dalam pencernaan manusia akan mengalami fermentasi menjadi alkohol, yang mana bisa membuat tubuh menghasilkan zat purin lebih banyak. Namun, jika dikonsumsi sewajarnya saja banyak sekali manfaat nanas untuk asam urat yang bisa diperoleh. Jadi tidak boleh atau bolehkah penderita asam urat makan nanas tergantung dari seberapa banyak buah nanas tersebut dikonsumsi.

Buah nanas tidak hanya memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, karena juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi penderita asam urat. Kandungan asam urat bisa membantu meringankan asam urat yang diderita, juga dapat mencegah orang yang sehat mengalami asam urat. Nah, di bawah ini merupakan beberapa manfaat dari kandungan buah nanas yang merupakan buah untuk asam urat tinggi yang baik untuk dikonsumsi, antara lain:

1. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas merupakan musuh setiap orang, karena bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan menimbulkan penyakit dengan secara tidak langsung menyerang sistem kekebalan tubuh. Buah nanas mengandug vitamin C yang merupakan antioksidan tinggi, bisa untuk mencegah radikal bebas.

2. Mencegah terjadinya peradangan

Alasan lain kenapa penderita asam urat diperbolehkan makan buah nanas adalah karena kandungan senyawa anti inflamasi di dalamnya. Senyawa ini sangat berguna karena dapat mengatasi penumpukan asam urat yang bisa membuat penderitanya mengalami peradangan.

3. Mengatasi pembengkakan

Adanya senyawa anti inflamasi yang terkandung dalam nanas juga bisa mengatasi penyebab kaki bengkak pada penderita asam urat pada umumnya. Kandungan buah nanas akan bekerja dengan mengurangi zat purin yang menumpuk pada daerah yang mengalami pembengkakan.

4. Meningkatkan kekuatan tulang dan sendi

Penderita asam urat biasanya mengalami gangguan pada tulang persendian, yang umumnya akan menyebabkan ngilu dan nyeri yang menyakitkan. Buah nanas mengandung zat kalsium yang mana bisa meningkatkan kekuatan tulang, juga meredakan sakit dan meminimalisir dampaknya.

5. Meminimalisir kenaikan kadar asam urat

Di samping rasanya yang manis, di dalam buah nanas terkandung senyawa yang disebut dengan bromelain. Senyawa ini dapat membantu mengatasi senyawa protein yang bisa meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.

6. Melancarkan proses pengeluaran purin

Mengkonsumsi buah nanas juga dapat menjadi salah satu cara mencegah asam urat sejak dini, karena kandungan nanas bisa membantu dalam penyerapan zat purin dan pengeluarannya melalui urin. Di samping itu juga dapat melancarkan pengeluaran zat purin ini dengan meningkatkan kerja organ ginjal agar semakin baik.

Dengan berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas, tidak usah khawatir lagi untuk mengkonsumsi buah nanas jika menderita asam urat. Asalkan konsumsinya diperhatikan agar tidak sampai berlebihan.

Sebagai cara mencegah dan cara mengobati asam urat dengan nanas, buah nanas bisa dikonsumsi begitu saja sebagai camilah buah. Namun ada cara lain yang lebih digemari banyak orang yaitu dengan dibuat jus nanas. Cara membuat jus buah nanas untuk asam urat adalah sebagai berikut ini:

  • Siapkan buah nanas yang sudah matang, kupas dan bersihkan kotorannya lalu dicuci sampai benar-benar bersih.
  • Masukkan ke dalam blender nanas dan sedikit air, jangan menambahkan air yang terlalu banyak. Jus nanas siap dikonsumsi.
  • Biasanya untuk mendapatkan khasiat yang optimal untuk asam urat, buah nanas juga dicampur dengan lobak putih dan kemiri.

Mudah sekali bukan cara membuat buah nanas menjadi jus untuk penderita asam urat tinggi? Di samping mengkonsumsi jus nanas untuk terapi asam urat, sebaiknya juga dihindari pantangan untuk asam urat (makanan berprotein tinggi: seafood, daging, jeroan, es krim, dll) untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Demikian informasi mengenai alasan tidak atau bolehkan penderita asam urat makan buah nanas, beserta manfaat sekaligus cara mengkonsumsi buah nanas untuk asam urat yang paling direkomendasikan untuk dicoba. Semoga bermanfaat.

, , ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan