Sponsors Link

Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Pare? Aman atau Bahaya?

Sponsors Link

Tidak hanya oyong saja yang ternyata bermanfaat untuk penyakit asam urat, tampaknya pare bisa jadi bahan makanan alternatif yang aman bagi Anda yang memiliki riwayat sakit asam urat. Memiliki nama latin Momordica charantia, atau lebih dikenal sebagai bitter melon dan pare, buah-sayur ini tumbuh baik di daerah tropis dan subtropis.

ads

Buah ini berasal dari India yang dibawa dan dipopulerkan oleh bangsa China pada abad ke-14. Masuk ke dalam family Cucurbitaceae, membuatnya sejajar dengan luffa atau buah oyong yang kaya manfaat untuk kesehatan. Tumbuh sebagai buah namun dikenal sebagai sayur, membuatnya sangat fleksibel untuk diolah menjadi makanan yang dapat dikonsumsi. Namun bolehkah penderita asam urat makan pare?

Dalam 100 gram buah pare terdapat kandungan zat baik yang berguna bagi kesehatan tubuh. Selain memiliki kandungan kalori sebanyak 19 kcal/100 gram, buah ini mengandung nutrisi penting lainnya seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin-vitamin, dan mineral. Pare merupakan buah yang dapat dikonsumsi guna menstabilkan gula darah pada penderita diabetes, meredakan rasa sakit akibat asam urat dan peradangan sendi. Ingat, hanya menstabilkan gula darah bukan menyembuhkan diabetes.

Manfaat buah pare untuk asam urat memang sudah diketahui oleh banyak negara, mengingat banyaknya penjual ekstrak pare dalam bentuk kapsul yang berguna untuk mengurangi rasa sakit di area persendian. Namun jika Anda khawatir dengan kandungan bahan kimia dalam ekstrak pare yang Anda beli, Anda dapat membuat makanan atau minuman olahan yang dapat membantu Anda mengurangi pengkristalan asam urat di area persendian Anda. Yuk simak tips pengolahan buah pare untuk penderita asam urat berikut ini:

1. Sayur Pare

Sayur pare dapat menjadi salah satu menu makanan rendah purin untuk penderita asam urat. Dengan mengolahnya sebagai tumisan rendah lemak, mungkin dapat menjadi salah satu variasi makanan harian Anda. Sebagai saran pengolahan, Anda dapat menggunakan olive oil yang aman bagi penderita asam urat sebagai minyak pengganti kelapa sawit.

Jangan memasaknya terlalu matang atau overcooked karena sayur tersebut akan mengandung lemak yang sangat jenuh, dan buruk untuk tubuh Anda. Hindari penambahan bumbu bersodium seperti penyedap rasa atau mecin ke dalam sayur buatan Anda. Sebagai tips, berikut ini sayur pare yang diolah dengan baik dan aman untuk asam urat:

  • Sikat bersih 2 buah pare ukuran sedang, potong tipis sesuai selera.
  • Rendam dalam air garam selama 5 menit.
  • Bersihkan dengan cara mengaduk dan memeras dengan tangan, untuk menghindari tingkat kepahitannya.
  • Siapkan bumbu dan bahan lainnya dan masak menggunakan olive oil dalam api sedang
  • Jangan masak terlalu matang, karena akan berpengaruh pada kandungan nutrisi baiknya.

2. Jus Pare

Jus pare, pahit gak ya? Berisaplah, karena jawabannya adalah sangat pahit! Sedikit berbeda dengan sayur pare, rasa jus pare memang lebih pahit darinya. Namun tidak ada usaha yang tak bermanfaat, sama halnya dengan mengonsumsi jus buah yang satu ini. Memang rasanya pahit, namun sangat baik untuk mengurangi rasa sakit. Seharusnya buah ini masuk ke dalam daftar jus untuk asam urat, namun mengingat rasanya yang tidak terlalu menjanjikan maka dibuatlah tulisan khusus yang membahas tentang buah pare.

Sponsors Link

Berikut ini merupakan langkah-langkah pembuatan jus pare yang direkomendasikan untuk Anda:

  • Sikat dan cuci bersih 1 buah pare hingga bersih
  • Tambahkan 2 sendok makan madu dan ¼ perasan lemon atau ½ jeruk nipis
  • Tambahkan air sebanyak 10 ml
  • Haluskan dengan blender
  • Minum selagi fresh atau jus baru dibuat

Setelah membaca ulasan di atas timbulah suatu pertanyaan, Bolehkah penderita asam urat makan pare? Apakah aman dimakan? Jawabannya adalah tergantung, bisa jadi aman dan bisa jadi tidak aman. Di beberapa negara penelitian menunjukkan bahwa pare dapat digunakan untuk memicu kontraksi pada rahim ibu dalam masa kehamilannya. Hal ini menjadikan pare sebagai buah atau makanan yang harus dihindari saat masa kehamilan, tentu saja Anda tidak ingin hal buruk terjadi pada janin Anda bukan? Selain itu, jika Anda adalah seorang calon ibu yang memiliki asam urat, maka Anda perlu memperhatikan bahaya asam urat bagi ibu hamil lainnya, untuk menjaga kondisi janin dan diri Anda sendiri.

Sponsors Link

Bagi Anda yang ingin merasakan manfaat jus pare, Anda juga harus mengontrol konsumsi jus pare yang masuk dalam tubuh Anda. Sebagai rekomendasi, 30 ml – 50 ml merupakan batas wajar minum jus pare yang aman. Kelebihan jus pare dapat memicu gangguan pencernaan yang ditandai oleh muntah dan sakit di area sekitar perut. Hal lain yang patut Anda waspadai ketika mengonsumsi jus ini adalah, tekanan darah Anda. Apabila Anda sedang memiliki tekanan darah yang rendah, maka hindarilah jus pare.

Mungkin kapsul ekstrak pare merupakan salah satu dari beberapa pilihan obat herbal untuk asam urat. Namun mengingat asam urat belum bisa disembuhkan secara total dengan obat, ada baiknya anda mencoba cara yang tepat untuk menyembuhkan asam urat yang dapat Anda dilakukan sendiri di rumah dengan bantuan dokter yang benar-benar memahami kondisi asam urat Anda.

Mulailah hidup sehat dengan pola makan dan gaya hidup yang teratur. Hindari makanan-makanan tertentu untuk mencegah terjadinya asam urat maupun obesitas yang bisa jadi mengganggu kesehatan Anda. Perbanyak minum air putih dan olahraga juga ya.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Sayuran