Sponsors Link

Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Pepaya?

Sponsors Link

Pepaya adalah buah yang cukup banyak disukai oleh orang-orang. Buah ini sudah banyak dijual di pasaran, bahkan ada beberapa orang yang bahkan membudidayakan pepaya. Mereka yang memiliki masalah pada pencernaan seperti sembelit biasanya akan mengkonsumsi pepaya untuk melancarkan kembali pencernaan nya. Tapi bagaimana dengan asam urat? Bolehkah penderita asam urat makan pepaya? Ini adalah kekhawatiran orang yang memiliki penyakit asam urat. Karena beberapa buah memang ada yang memiliki kandungan purin dan bisa saja menyebabkan kenaikan kadar asam urat dalam tubuh. Kalau sudah begitu bisa saja tanda-tanda asam urat muncul secara tiba-tiba. Sehingga ada baiknya Anda mengetahui pengaruh pepaya pada asam urat.

ads

Kandungan Pepaya

Menurut penelitian kandungan buah pepaya memiliki kandungan 120 kalori, 30 gram karbohidrat dan juga 2 gram kandungan protein. Pepaya juga merupakan salah satu sumber vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan dan menyediakan sekitar 224% dari kebutuhan harian. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah kandungan yang ada dalam buah pepaya:

  1. Folat
  2. Vitamin A
  3. Magnesium
  4. Tembaga
  5. Asam Pantotenat
  6. Beta-karoten
  7. Lutein
  8. Zeaxanthan
  9. Vitamin e
  10. Kalsium
  11. Kalium
  12. Vitamin K
  13. Fiber.3
  14. Vitamin B
  15. Alfa
  16. Lycopene merupakan antioksidan yang paling sering dikaitkan dengan kelebihan tomat

Pengaruh Pepaya Untuk Asam Urat

Berdasarkan daftar kandungan diatas kita bisa melihat bahwa ada beberapa kandungan yang akan sangat bermanfaat untuk penderita asam urat. Penderita asam urat diperbolehkan memakan buah pepaya, dan saat memakannya mereka akan mendapatkan beberapa manfaat berikut:

  • Pepaya mengobati peradangan

Buah untuk asam urat ini mampu mengatasi peradangan. Peradangan adalah hal yang biasa terjadi pada penderita asam urat. Ini dikarenakan endapan purin yang tersimpan dalam sendi sudah semakin parah dan tidak segera diatasi. Radang juga biasa di alami oleh penyakit lain seperti rematik dan osteroporosis. Dengan mengkonsumsi pepaya Anda akan mengurangi adanya peradangan dan juga menghambat timbulnya rasa nyeri dan bengkak karena peradangan. Pencegahan radang biasanya dilakukan pepaya dengan menghambat enzim yang akan menyebabkan kenaikan dan pembentukan asam urat.

  • Pepaya bisa menjaga kesehatan tulang dan persendian

Pepaya juga diyakini bisa mengatasi masalah pada sendi dan tulang. Memang asam urat akan berpengaruh sekali pada kesehatan tulang terutama pada persendian, ini disebabkan karena kristal asam urat yang terbentuk biasanya akan disalurkan oleh darah pada persendian dan akan mengganggu kondisi tulang disekitar persendian tersebut. Masalah pada sendi yang menimbulkan rasa sakit sangatlah mengganggu, karena rasa sakit atau nyeri nya biasa menghampiri secara tiba-tiba, bisa saat Anda sedang beristirahat atau saat Anda baru bangun tidur. Rasa sakit juga bisa berkembang menjadi pembengkakan yang membuat kaki terasa kaku dan sangat sulit untuk digerakkan. Anda juga kerap kali merasakan panas dan kemerahan pada sendi yang terserang asam urat.

Sponsors Link

Tips Pengolahan Buah Pepaya Untuk Obat Herbal Asam Urat

Setelah Anda mengetahui manfaat dari buah pepaya untuk asam urat, selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana cara mengolah buah pepaya agar bisa bermanfaat untuk asam urat.

Pertama-tama Anda perlu menyiapkan beberapa bahan:

  • 1/2 buah pepaya yang masih muda
  • Bubuk teh
  • 1 buah kelapa muda

Berikut adalah beberapa langkah untuk pembuatan nya:

  1. Iris buah pepaya yang sudah disiapkan menjadi potongan kecil kemudian Anda bisa memasukannya ke dalam wadah.
  2. Selanjutnya Anda bisa menyiapkan 800 ml air.
  3. Tunggu hingga mendidih, setelah mendidih Anda bisa mengecilkan api kompor dan masukan potongan pepaya yang sudah disiapkan sebelumnya.
  4. Rebus potongan pepaya di dalam air mendidih selama 3 menit
  5. Kemudian Anda bisa menambahkan 1 sendok makan teh.
  6. Biarkan sampai 30 menit, jika sudah 30 menit Anda bisa menyaring airnya.
  7. Langkah terakhir adalah Anda bisa menambahkan air kelapa muda pada rebusan air pepaya yang di campur teh.
  8. Selesai, konsumsi obat herbal dari pepaya tersebut secara rutin.

Itulah pembahasan mengenai pengaruh pepaya pada asam urat. Jadi jika ada pertanyaan “Bolehkan penderita asam urat makan pepaya?” Tentu saja boleh karena akan memberikan manfaat yang cukup baik untuk meredakan tanda-tanda asam urat pada persendian. Selain dengan mengolahnya menjadi ramuan seperti diatas, Anda juga bisa memakan asam urat secara langsung. Jika Anda sedang melakukan diet rendah purin, Anda bisa konsumsi pepaya pada pagi hari dan sebelum makan malam. Beberapa buah lain yang juga bermanfaat untuk asam urat adalah pisang, buah beryy, buah naga, semangka, melon dan masih banyak lagi, Anda bisa melihatnya pada artikel buah untuk asam urat.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan