Sponsors Link

Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Kopi?

Sponsors Link

Kopi adalah salah satu minuman yang cukup banyak digemari oleh orang-orang. Bahkan di Indonesia sudah ada beberapa komunitas yang berdiri karena sama-sama penikmat dan pecinta kopi. Sama hal nya dengan teh, kopi juga memiliki kandungan kafein yang bisa memberikan pengaruh pada perasaan seseorang yang meminumnya. Lalu, bolehkah penderita asam urat minum kopi?

ads

Tentu saja boleh! Namun dengan catatan konsumsilah sesuai takaran yang sewajarnya dan tidak berlebihan. Bahkan jika penderita asam urat mengkonsumsi kopi akan memberikan pengaruh baik untuk menurunkan kadar asam urat.

Kandungan kafein dalam kopi yang masuk dalam golongan xantin akan merangsang sistem saraf dan juga membuat seseorang yang mengkonsumsi nya tetap waspada. Xantin bukanlah purin, sehingga peningkatan kadar asam urat karena kopi sangatlah kecil.

Pengaruh Kopi Terhadap Asam Urat

Jika penderita asam urat mengkonsumsi kopi secara berlebihan, bukannya akan memberikan manfaat justru kopi akan memberikan pengaruh buruk pada kesehatan. Berikut adalah pengaruh kopi terhadap penyakit asam urat jika dikonsumsi secara berlebihan:

1. Mengalami gangguan pada fungsi ginjal

Minum kopi secara berlebihan akan mengganggu pada kemampuan ginjal untuk mengolah purin. Sehingga bukannya membantu, konsumsi kopi malah akan membuat kadar asam urat semakin buruk. Ini disebabkan karena purin yang berlebihan akan di olah oleh ginjal, jika kondisinya buruk maka purin malah akan semakin mengendap dalam tubuh.

2. Penumpukan lemak

Kafein yang terdapat dalam kopi juga akan menyebabkan kenaikan lemak bebas yang cukup tinggi, sehingga akan memicu terjadinya asam urat yang lebih parah. Kondisi akan semakin buruk jika penderita asam urat masih mengkonsumsi pantangan makanan bagi penderita asam urat. Sehingga peningkatan asam urat akan semakin benar-benar tinggi.

3. Rusaknya sendi dan juga tulang rawan

Kafein juga jika dikonsumsi secara berlebihan akan merusak pada jaringan tulang rawan yang akan menyebabkan sendi jadi terasa ngilu, nyeri bahkan sulit untuk digerakkan. Sehingga penderita asam urat akan sangat mudah merasakan nyeri pada persendian. Kerusakan tulang rawan pada sendi akan menyebabkan seseorang merasakan sakit pada persendian secara berkelanjutan.

4. Mulai timbul peradangan pada sendi

Kafein yang berlebihan dalam tubuh juga akan menyebabkan adanya rasa bengkak yang akan membentuk peradangan seperti benjolan yang ada pada bawah kulit sekitar sendi. Kondisi ini adalah tanda-tanda asam urat yang sering dialami oleh penderita asam urat yang sudah masuk pada kondisi parah. Persendian yang mengalami bengkak akan membuat penderita asam urat merasa sangat tidak nyaman, mereka juga akan mengalami gangguan saat akan melakukan aktivitas tertentu.

5. Terjadi penyempitan pada pembuluh darah

Kafein yang terlalu berlebihan juga akan mengakibatkan adanya penyempitan pada pembuluh darah jika purin yang ada dalam tubuh belum meningkat. Kafein berlebihan akan mendorong purin yang ada pada sendi untuk membentuk gumpalan atau kristal yang akhirnya akan menghambat pada kelancaran aliran darah pada pembuluh darah.

Manfaat Kopi untuk Asam Urat

Jika Anda mengkonsumsi kopi dalam batas wajar, beberapa manfaat berikut bisa Anda dapatkan karena mengkonsumsi kopi:

  • Penurunan kadar asam urat

Jika Anda mengkonsumsi kopi tanpa tambahan gula, maka akan membantu untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kadar purin dalam tubuh juga akan berkurang secara bertahap.

  • Pengahambat xantin oxidase

Zat chlorogenic yang ada pada kopi juga bisa menghambat enzim xantin oxidase sehingga akan menurunkan kadar asam urat dengan baik.

Sponsors Link

  • Mencegah penumpukan purin

Jika Anda mengkonsumsi kopi dengan kandungan kafein yang rendah, maka penumpukan purin dalam tubuh akan dicegah dengan kafein tersebut. Purin adalah salah satu zat utama penyebab asam urat, sehingga pencegahan ini akan sangat baik untuk mencegah terjadi pembentukan asam urat yang akan menyerang persendian.

Tips Mengkonsumsi Kopi Untuk Penderita Asam Urat

Bolehkah penderita asam urat minum kopi? Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa jawabannya adalah boleh, asalkan Anda mengikuti beberapa tips dibawah ini:

  • Konsumsi kopi dengan jumlah gula sedikit atau akan lebih baik tanpa campuran gula. Karena mengkonsumsi tanpa ada kandungan gula bisa mengurangi asam urat dengan bertahap.
  • Jangan mengkonsumsi lebih dari 3 sampai 4 gelas per hari.
  • Anda bisa mengkonsumsi kopi jenis arabika karena kandungan purin nya lebih rendah jika dibandingkan dengan robusta.

Itulah pembahasan mengenai kopi untuk penderita asa urat yang dapat Anda ketahui. Untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh Anda juga bisa menghindari beberapa minuman penyebab asam urat seperti soda dan alkohol agar asam urat tidak semakin meningkat.

, , ,