Sponsors Link

Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Teh?

Sponsors Link

Bolehkah penderita asam urat minum teh? Minum teh kebanyakan diketahui sebagai minuman relaksasi yang baik untuk menenangkan diri. Namun tidak jarang juga diketahui bahwa minuman ini dapat membantu proses penyembuhan penyakit pun juga menjadi pemicu suatu penyakit. Jika seperti itu, maka apa yang harus anda lakukan? Anda menderita asam urat apakah anda dapat mengonsumsi teh? Sebelum menyimpulkan suatu jawaban, penting untuk anda mengetahui apa yang dapat anda konsumsi dan tidak dapat anda konsumsi sebagai penderita asam urat.

ads

Fokus kembali ke pertanyaan bolehkah penderita asam urat minum teh, maka kali ini yang perlu diketahui adalah apakah teh termasuk dalam pemicu asam urat? Teh adalah minuman yang terbuat dari ekstrak daun dengan nama yang sama, yaitu daun teh. Daun teh ini dipetik dari tangkainya dan diolah menjadi bubuk teh untuk diseduh menggunakan air panas. Seduhan bubuk teh ini akan menghasilkan minuman hangat nan lezat untuk anda nikmati. Lalu apakah teh berbahaya untuk penderita asam urat? Apakah teh termasuk pantangan makanan bagi penyakit asam urat?

Penderita Asam Urat Boleh Minum Teh

Menjawab pertanyaan di atas, perlu dijelaskan bahwa teh boleh diminum oleh penderita asam urat. Alasannya adalah karena teh memiliki kandungan yang cukup aman dalam batas tertentu. Perlu digarisbawahi penjelasan di atas bahwa konsumsi teh diperbolehkan dengan batasan tertentu. Kenapa?

Penjelasan pertama untuk menjawab hal ini adalah dengan memastikan dahulu bahwa ada memahami asam urat sebagai gangguan kesehatan di mana seseorang mengalami peradangan sendi dan menyebabkan adanya penumpukan di sendi anda yang menyebabkan nyeri. Keadaan itulah yang disebut dengan menderita asam urat selanjutnya. Tentunya jika berdasarkan penjelasan mengenai asam urat di atas, dapat dipahami bahwa penyakit asam urat tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman yang menyebabkan pengaruh asam urat pada metabolisme dan menyisakan zat yang membuat asam urat kambuh. Jika sudah seperti ini, bagaimana dengan teh? Apakah teh aman? Jawabannya adalah teh boleh dikonsumsi pada batasan tertentu.

Teh diketahui mengandung kafein yang memang dapat memicu penyakit asam urat dalam jumlah yang banyak. Namun jika anda mengonsumsinya dalam jumlah normal dan tidak terlalu sering, maka seharusnya teh tidak akan mengganggu kesehatan anda. Jika anda terganggu asam uratnya, maka perlu dilakukan penanganan asam urat secara tradisional. Yang perlu anda perhatikan adalah hindari konsumsi teh terlalu banyak dan terlalu manis karena gula yang berlebihan. Jika anda mengonsumsi teh yang diolah seperti itulah yang dapat menyebabkan asam urat anda kambuh.

Apa yang Terjadi Jika Penderita Asam Urat Mengonsumsi Teh Terlalu Banyak?

Seperti dijelaskan sebelumnya, penderita asam urat boleh mengonsumsi teh dengan ketentuan tidak boleh terlalu banyak juga tidak boleh menggunakan banyak gula. Lalu bagaimana jika ketentuan ini tidak diikuti. Ternyata konsumsi teh berlebihan oleh penderita asam urat dapat membuatnya mengalami buang air kecil yang terlalu sering. Selain itu, jika minum teh terus menerus maka akan terjadi peningkatkan intensitas aliran darah dan membuat asam urat menjadi terpicu untu kambuh. Itulah sebabnya anda diharapkan tidak melewati batas batas konsumsi teh ini. Jangan memiliki kecanduan pada teh seperti kecanduan pada kopi. Hal tersebut sangat membahayakan kesehatan anda dan penyakit anda asam urat.

Sponsors Link

Selain dari teh, sebenarnya masih ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindarkan untuk asam urat oleh para penderitanya. Makanan dan minuman yang harus dihindari ini disebut dengan pantangan makanan bagi penderita asam urat. Khusus untuk minuman sebenarnya penderita asam urat sangat dilarang mengonsumsi minuman beralkohol, khususnya bir, mengonsumsi minuman ringan seperti soft drink, dan tentunya minuman manis lainnya. Jadi pastikan tidak mengonsumsi teh berlebihan dengan gula yang berlebihan.

Demikianlah informasi lengkap yang menjawab bolehkan penderita asam urat minum teh. Setelah mengetahui informasi ini diharapkan anda dapat lebih berhati hati lagi dalam mengatur konsumsi makanan dan minuman anda. Pastikan hanya mengonsumsi makanan yang rendah purin, jika anda adalah penderita asam urat. Penyakit asam urat memang diketahui harus sangat berhati hati anda jaga. Jangan sampai karena kelengahan anda, maka tubuh anda menderita asam urat yang semakin parah setiap waktunya.

, , ,
Oleh :