Sponsors Link

Bolehkah Brokoli Untuk Asam Urat Tinggi?

Sponsors Link

brokoliApakah Anda termasuk penderita penyakit asam urat? Pernahkah Anda mengkonsumsi brokoli saat asam urat Anda kambuh? Bolehkah brokoli dikonsumsi oleh penderita asam urat? Bagaimana cara mengonsumsinya yang benar?

ads

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis sayuran ini memiliki dua warna yang berbeda, yaitu warna hijau dan merah keunguan. Namun pada umumnya dikenal dengan warna hijau yang berbentuk seperti kembang kol. Kandungan gizi yang terdapat dalam brokoli diantaranya, yaitu asam amino, karbohidrat, sulfur, zat besi, kalsium, kromium, protein, vitamin A, vitamin C, dan lain-lain.

Brokoli dapat dikonsumsi dalam kondisi dimasak ataupun mentah tanpa mengurangi nutrisi yang ada di dalamnya. Sayuran jenis ini akan lebih cepat rusak setelah penyimpanan 3 – 4 hari ditempat bersuhu 25 derajat Celcius. Hal ini akan membuat brokoli mengalami perubahan warna menjadi kekuningan dan merubah rasa serta kandungan gizi yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan suhu ruangan tempat penyimpanan brokoli yang sebaiknya disimpan di lemari pendingin atau bisa langsung dikonsumsi selagi segar.

Brokoli memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan, diantaranya sebagai:

  • Anti-kanker (mengurangi resiko kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru)
  • Anti penuaan
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Menjaga kekebalan tubuh
  • Menjaga penglihatan
  • Memperkuat tulang
  • Mencegah anemia
  • Melindungi terhadap radiasi sinar ultraviolet

Manfaat yang tak kalah penting lainnya adalah bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat karena dapat mencegah racun yang masuk termasuk asam urat sebagai bentuk radikal bebas bagi tubuh. Walaupun brokoli dikatakan sebagai sayuran asam urat dan memiliki nutrisi yang baik untuk penderita asam urat, tetap saja penderita harus memperhatikan jumlah porsinya.

Banyak yang mengatakan bahwa beberapa kandungan nutrisi dalam brokoli mampu mengatasi asam urat dalam tubuh, seperti vitamin C, sulfur, serat, dan asam aminonya. Selain itu, brokoli juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sumber vitamin C yang tinggi pada brokoli mencapai sekitar 82,2 mg (99%) per 100 gram brokoli. Vitamin C untuk asam urat inilah yang mampu mengatasi asam urat dalam darah dan aman dikonsumsi apabila masih dalam batas kewajaran (tidak berlebihan). Hanya saja perlu diketahui bahwa brokoli juga mengandung purin yang apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan mempengaruhi kondisi kadar asam urat dalam tubuh Anda justru akan meningkat jika tidak diimbangi dengan pola hidup yang baik.

Kandungan Purin pada Brokoli

Perlu Anda ketahui bahwa brokoli juga memiliki kandungan purin yang cukup tinggi, sehingga lebih disarankan untuk tidak dikonsumsi bagi penderita asam urat tinggi. Namun bagi penderita asam urat biasa yang masih bisa terkontrol kadar asam uratnya, masih bisa mengkonsumsi jenis sayuran ini hanya dalam porsi yang sedikit sebagai asupan nutrisi tambahan dalam tubuh.

Kadar normal asam urat dalam tubuh antara pria dan wanita tentunya juga mempunyai spesifikasi yang berbeda. Kadar normal asam urat di dalam tubuh pria dewasa sekitar 3,5 hingga 7 mg/dl, sedangkan pada wanita dewasa mempunyai satu tingkat lebih rendah, yaitu sekitar 2,6 – 6 mg/dl. Anda bisa mengecek kadar asam urat dalam tubuh Anda dengan memeriksakan tes darah di laboratorium kesehatan terdekat.

Sponsors Link

Kandungan purin yang terdapat pada brokoli dapat membuat kondisi penderita asam urat tinggi baik dikonsumsi dalam jumlah sedikit ataupun banyak menjadi semakin memburuk. Penumpukan purin akan membuat ginjal semakin sulit menguraikannya dan membuangnya melalui urine. Hal ini apabila dibiarkan maka purin tersebut akan menumpuk dan berubah menjadi kristal zat asam urat.

Bolehkah Brokoli untuk Asam Urat Tinggi?

Sebenarnya asumsi boleh atau tidaknya penderita asam urat mengkonsumsi brokoli tergantung dari jenis kesehatan asam urat seseorang tersebut, khususnya bagi penderita asam urat itu sendiri. Bagi Anda yang memiliki riwayat asam urat tinggi dan saat ini masih dalam kondisi normal, masih bisa diperbolehkan mengkonsumsi brokoli namun dalam jumlah yang terbatas atau sedikit. Hal ini tetap saja tidak diperkenankan mengkonsumsinya setiap hari karena walaupun brokoli kaya akan nutrisi, akan tetapi brokoli bisa menjadi sayuran penyebab asam urat naik apabila dikonsumsi berlebihan.

Jika diinginkan, sebaiknya dikonsumsi hanya sekali dalam seminggu dengan jumlah yang sedikit. Hanya saja jika asam urat Anda sewaktu-waktu kambuh atau kadarnya meninggi, sebaiknya dihentikan mengkonsumsi brokolinya agar kondisi kesehatan Anda tidak semakin memburuk.

Namun bagi Anda yang sedang mengalami kondisi kadar asam uratnya tinggi, sebaiknya menghindari konsumsi brokoli, baik dalam jumlah yang sedikit maupun dalam jumlah yang banyak. Hal ini menjadi pantangan makanan bagi penderita asam urat yang perlu Anda lakukan. Meskipun kebutuhan nutrisi dalam brokoli dibutuhkan bagi tubuh Anda, ada saatnya brokoli yang baik bagi kesehatan tubuh itu justru malah akan memperburuk kondisi kesehatan Anda. Bagi Anda yang sedang mengalami asam urat tinggi, sebaiknya mengkonsumsi makanan alternatif lain yang menjadi pilihan makanan penderita asam urat yang memiliki nutrisi senilai dengan brokoli.

Sponsors Link

Zat purin yang sebenarnya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh pun apabila dihadapi oleh penderita asam urat tinggi seakan-akan menjadi musuh terbesar bagi penderitanya. Teruntuk Anda yang memiliki kadar asam urat normal atau dikatakan sehat tanpa ada riwayat asam urat tinggi, boleh mengkonsumsi brokoli hanya tidak dengan jumlah yang berlebihan. Hal ini disebabkan karena walaupun kadar asam urat Anda normal, tetapi jika Anda tidak memiliki batasan mengkonsumsi makanan berpurin, maka makanan tersebut menjadi penyerang bagi kesehatan tubuh Anda.

Cara Mengkonsumsi Brokoli yang Benar

Cara mengkonsumsi brokoli yang baik agar tidak mengurangi nutrisi yang ada di dalamnya, Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara dikukus atau dimakan langsung dalam keadaan mentah. Keberadaan zat purin dalam brokoli seakan menjadi pantangan bagi penderita asam urat tinggi. Namun bukan berarti Anda akan kehilangan kesempatan untuk mengkonsumsi brokoli, hanya saja perlu dibatasi agar tidak berlebihan.

Bagi penderita asam urat biasa (stadium awal), masih bisa diatasi dengan mengatur kadar asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam tubuh agar tidak terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan berpurin. Sebenarnya zat purin juga memiliki khasiat yang baik untuk membantu metabolisme dalam tubuh, hanya jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka waktu panjang akan beresiko kadar asam urat menjadi naik.

Namun bagi Anda yang dikatakan sebagai penderita asam urat akut atau asam urat tinggi, sebaiknya menjauhi makanan berpurin sampai kadar asam urat dalam tubuh kembali normal. Hal ini akan membahayakan bagi kesehatan tubuh Anda, bahkan bisa memperburuk kondisi penyakit asam urat Anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran