Sponsors Link

Manfaat Buah Bit untuk Asam Urat yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

buah bitPenyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang sekarang ini banyak menyerang yang sudah memiliki usia tua namun tidak menutup kemungkinan dapat menyerang mereka yang masih memiliki usia muda. Penyakit asam urat merupakan kumpulan gejala seperti nyeri dan pembengkakan pada daerah kaki yang terjadi ketika kadar asam urat di dalam tubuh lebih dari 7mg/dl untuk laki laki dan 6mg/dl untuk perempuan. Munculnya gejala dan serangan asam urat banyak terjadi pada daerah persendian kaki bagian bawah sehingga disebut sebagai gejala asam urat pada kaki.

ads

Penyebab asam urat yang utama adalah akibat adanya perubahan gaya hidup sekarang ini yang tidak banyak menghiraukan kesehatan. Pola hidup yang tidak sehat menjadikan seorang penderita asam urat perlu menghindarinya agar tidak sering mengalami penyakit asam urat tersebut. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Adanya purin tersebutlah yang akan dicerna oleh tubuh menjadi asam urat.

Terkait dengan pengaruh makanan yang dikonsumsi oleh para penderita asam urat dalam memicu terjadinya peningkatan kadar purin maupun asam urat secara langsung. Dalam artikel kali ini, pakarasamurat.com akan memberikan ulasan dan penjelasan mengenai salah satu jenis buah yang mulai banyak dikonsumsi oleh ibu yakni buah bit. Berikut ini beberapa pembahasan mengenai buah bit untuk asam urat yang perlu diketahui dan dipahami oleh setiap penderita asam urat.

Buah bit merupakan umbi umbian yang masih satu family dengan lobak serta sayuran berakar lainnya. Buah bit sejatinya bukanlah buah melainkan sejenis umbi umbian yang besar di dalam tanah. Buah yang memiliki kekhasan warna merahnya tersebut banyak dikonsumsi dengan cara dimakan secara langsung, direbus, atau dijadikan olahan makanan lain. Buah ini dikenal sebagai bahan dasar pembuatan segala macam kue yang dikenal dengan warna khas red velvet yang cukup booming beberapa saat yang lalu di masyarakat.

Buah bit memiliki banyak kandungan nutrisi dan mineral dan memilik kandungan karbohidart yang tinggi namun memilik kandungan lemak, kalori, dan protein, yang bisa dibilang sangat rendah. Buah yang cukup dikenal dimanfaatkan sebagai pewarna alami ini juga memiliki beberapa kandungan nutrisi penting diantaranya seperti serat, vitamin C, asam folat, beberapa jenis mineral seperti magnesium, zat besi, fosfor, kalium, triptopan, caumarin, dan lain sebagainya.

Dilihat dari kandungan di dalamnya, buah bit untuk asam urat tidak akan berpengaruh meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh dan bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat dan bukan merupakan pantangan makanan bagi penderita asam urat . Selain bisa untuk dikonsumsi, buah bit ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit asam urat. Salah satu manfaat buah bit yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah asam urat adalah sifat menekan antiradangnya serta dapat membantu mencegah kerusakan yang terjadi di dalam tubuh.

Meskipun dapat memberikan manfaat bagi penderita asam urat dan digunakan sebagai salah satu cara tradisional untuk mengatasi penyakit asam urat tersebut, pembuatan ramuan buah bit harus dikombinasikan dengan buah atau sayuran lainnya agar manfaat dapat diperoleh dengan lebih baik. Konsumsi buah bit dengan cara dijus bersamaan dengan mentimun dan wortel ternyata sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu jenis ramuan yang dapat mengatasi penyakit asam urat dengan segera dan mencegah gejala atau tanda tanda asam urat muncul kembali. Konsumsi ramuan tersebut dapat dilakukan sepanjang waktu karena terbuat dari bahan alami seluruhnya sehingga tidak memiliki efek samping buruk bagi tubuh.

Selain memiliki manfaat buah bit untuk asam urat ternyata buah yang memiliki kandungan cukup baik tersebut juga memiliki manfaat untuk kesehatan lainnya. Beberapa manfaat kesehatan lain yang dimiliki oleh buah bit tersebut diantaranya sebagai berikut ini.

  • Menurunkan tekanan darah, buah bit kaya akan kandungan nitrat yang didalam darah akan dirubah menjadi nitrit oksida. Senyawa tersebut memiliki peran dalam membantu menurunkan tekanan darah khususnya baik untuk penderita hipertensi. Tekanan darah yang terjaga juga dapat membantu mencegah adanya permasalahan pada jantung. Nitrit ternyata juga baik untuk mencegah kondisi pikun saat tua.
  • Baik untuk ibu hamil, buah bit memiliki kandungan asam folat yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan janin semasa kehamilan serta adanya kandungan nutrisi lain dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup besar pada saat hamil.
  • Mencegah terjadinya kanker, buah bit memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang ternyata dan digunakan dalam mencegah terjadinya kanker. Selain itu, buah bit juga memiliki manfaat lain seperti memelihara kesehatan saluran cerna, mendukung kerja syarat dan otot, serta baik bagi penderita diabetes.

Itulah beberapa penjelasan mengenai buah bit untuk asam urat yang memang boleh untuk dikonsumsi dan dapat membantu mengatasi gejala asam urat. Buah bit selain bermanfaat untuk penderita asam urat juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Buah bit merupakan salah satu pengobatan tradisional sebagai pencegahan penyakit asam urat sering kambuh.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan