Sponsors Link

Khasiat Buah Ceri untuk Asam Urat Tinggi dan Cara Mengonsumsinya

Sponsors Link

Salah satu penyebab kondisi tubuh anda tidak baik adalah karena pola makan yang sembarangan. Sering makan makanan yang mengandung kadar purin tinggi misalnya, dapat menimbulkan penyakit asam urat. Zat purin merupakan jenis asam amino yang nantinya diubah menjadi asam urat dalam tubuh. Purin dan asam urat tersebut sangat bermanfaat dalam metabolisme tubuh anda namun jika berlebihan akan menyebabkan penyakit asam urat.

ads

Penyakit asam urat ditandai dengan rasa nyeri dan panas di sekitar area persendian. Seperti pada jempol kaki, jari-jari dan lutut. Rasa nyeri yang terkadang menyerang secara tiba-tiba dapat anda rasakan sewaktu-waktu dan membuat aktivitas anda sangat terganggu. Kelebihan asam urat yang tidak ditangani secara tepat dari awal akan menyebabkan asam urat semakin parah dan menimbulkan endapan kristal asam urat dengan terbentuknya benjolan atau yang disebut dengan tofu.

Jika sudah mencapai stadium akut, asam urat tidak jauh dari menimbulkan penyakit lainnya. Diabetes mellitus misalnya, yang dapat terjangkit akibat komplikasi penyakit asam urat. Asam urat dapat disembuhkan melalui terapi obat, diet rendah purin dan memperbaiki pola gaya hidup sehat anda.

Salah satu buah yang dapat anda konsumsi untuk menurunkan asam urat adalah buah ceri. Buah yang umumnya berwarna merah ini sering kali dikonsumsi khalayak umum sebagai cemilan ringan. Nyatanya buah ceri juga memiliki khasiat yang bagus untuk sistem pertahanan tubuh anda.

Kandungan dan Manfaat Buah Ceri

  1. Vitamin A dan C

Buah ceri mengandung vitamin A sebanyak 25% dan vitamin C sebanyak 16%. Vitamin A dapat menyehatkan mata, mencegah kanker dan menjada daya tahan tubuh. sedangkan vitamin C dapat menjadi obat anti inflamasi dan memperbaiki jaringan sel yang rusak.

  1. Kalsium

Kalsium pada buah ceri memiliki manfaat untuk menguatkan tulang dan gigi. Kalsium dapat memperbaiki kerusakan tulang yang biasa menyerang anda yang berusia tua. Selain itu, kalsium juga berfungsi untuk mengontrol tekanan darah anda.

  1. Zat besi

Zat besi dapat meningkatkan hemoglobin dalam tubuh sehingga mencegah anda dari penyakit anemia. Zat besi juga dapat menjaga fungsi otak agar tetap normal.

  1. Beta karoten

Dengan sifatnya yang antioksidan, beta karoten mampu melindungi sel-sel anda dari kerusakan. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung beta karoten, tubuh anda akan terjaga dari beberapa jenis penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

Buah Ceri untuk Asam Urat

Buah ceri ada yang manis dan asam. Buah ceri asam (Prunus cerasus) lebih banyak mengandung gizi dari pada ceri manis (Prunus avium). Keduanya mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh dengan kapasitas penyerapan radikal bebas terbesar.

Buah ceri mengandung senyawa antosianin yang dapat berfungsi sebagai antiinflamasi sehingga dapat mengurangi peradangan asam urat. Berdasarkan jurnal Arthritis dan Rheumatism bahwa 663 penderita asam urat terbukti 35% asam urat mereka turun setelah mengkonsumsi 20 buah ceri sehari selama dua hari. Begitu juga dengan hasil penelitian di California, bahwa buah ceri dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah dalam waktu semalam sebanyak 15%.

Anda dapat mengkonsumi buah ceri secara rutin sebanyak 20 buah atau setidaknya 200 gram sehari. Kandungan kalium dalam buah ceri dapat meluruhkan endapan asam urat dan mengeluarkannya melalui urin.

Sponsors Link

Makanan lain yang dapat anda konsumsi untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah diantaranya:

  1. Jeruk nipis

Selain mengandung mineral dan kalsium yang berfungsi untuk metabolisme tubuh, jeruk nipis juga mengandung senyawa flavonoid yang dapat meringankan rasa nyeri pada penderita asam urat dan menghambat enzim xantin oksidase untuk memproduksi asam urat. Anda dapat mengkonsumsinya dengan dibuat jus bersama menu sehari-hari.

  1. Mentimun

Buah yang satu ini pasti tidak asing lagi bagi anda yang sangat menyukai sayuran. Buah yang mengandung banyak air ini dapat menurunkan asam urat melalui urinisasi karena mentimun bersifat diuretik, yakni mendorong aliran seni semakin lancar.

  1. Pisang

Pisang mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh anda. Buah pisang juga  dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah karena pisang mengandung potassium yang dapat menghancurkan asam urat dan mengeluarkannya pada proses eksresi.

Semoga artikel buah ceri untuk asam urat ini bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan