Sponsors Link

Manfaat Buah Duku Untuk Asam Urat dan Kesehatan Pada Umumnya

Sponsors Link

buah dukuAsam urat merupakan hasil metabolisme akhir dari senyawa purin di dalam tubuh. Asam urat sebenarnya merupakan senyawa di dalam tubuh yang terproduksi dengan fungsi tertentu selain sebagai sarana ekskresi purin oleh ginjal melalui feses maupun urin. Beberapa fungsi asam urat pada tubuh manusia lainnya seperti bertindak sebagai bahan antioksidan yang penting bagi sistem pertahanan tubuh, neuroprotektif, serta sebagai tanda adanya kondisi bahaya di dalam tubuh.

ads

Kadar asam urat didalam tubuh pria sebesar 7 mg/dl sedangkan pada wanita sebesar 6 mg/dl dalam kondisi normalnya agar tidak melebihi batas tersebut. Karena suatu hal tertentu, kadar asam urat dalam tubuh dapat meningkat melebihi batas normalnya sehingga dapat memicu terjadinya beberapa gejala atau tanda tanda asam urat yang diantaranya seperti munculnya nyeri dan peradangan atau bengkak di area sendi tertentu terutama lebih banyak terjadi pada sendi sendi jari kaki.

Salah satu penyebab dari meningkatnya kadar asam urat di dalam tubuh adalah karena salah dalam pola makan sehari hari. Mereka yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat secara tidak langsung. Oleh karena hal tersebut, penderita asam urat harus benar benar memperhatikan beberapa makanan yang dikonsumsinya apakah boleh untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit asam urat atau tidak. Berikut ini salah satu penjelasan buah duku untuk asam urat apakah dapat dikonsumsi atau malah menyebabkan kenaikan kadar asam urat di bawah ini.

Duku merupakan salah satu buah musiman yang khas berasal dari Palembang meskipun sekarang sudah banyak ditanam di beberapa daerah lain. Buah dengan rasa manis dan bentuk bulat yang khas serta daging buahnya yang transparan tersebut banyak disukai semua kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Buah duku termasuk salah satu buah yang harganya tidak bisa dibilang murah karena mungkin buah tersebut hanya dapat ditemui pada musim musim tertentu.

Buah duku memiliki kandungan energi sebanyak 63 kilokalori, protein dengan jumlah 1 gram, karbohidrat sebesar  16,1 gram, lemak 0,2 gram, serta kandungan beberapa mineral seperti kalsium 18 miligram, fosfor 9 miligram, dan zat besi 1 miligram. Selain memiliki kandungan yang disebutkan diatas tersebut, sebagai bagian dari buah buahan tentu duku juga memiliki kandungan vitamin melimpah. Beberapa jenis vitamin yang terdapat di dalam buah Duku diantaranya seperti vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,05 miligram dan vitamin C 9 miligram.

Duku tidak memiliki kandungan purin di dalamnya sehingga dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat dan bukan merupakan pantangan makanan bagi penderita asam urat. Selain dapat dikonsumsi, buah duku juga dijadikan salah satu pengobatan alternatif dalam mengatasi munculnya gejala asam urat seperti nyeri dan pembengkakan di sendi sendi tertentu. Konsumsi buah duku secara langsung dipercaya sebagai salah satu cara traditional untuk mengatasi penyakit asam urat dan sebagai upaya pencegahan agar penyakit kronis tersebut tidak kambuh.

Dalam penjelasan buah duku untuk asam urat tersebut diketahui bahwa duku memiliki manfaat untuk membantu mengatasi penyakit asam urat. Selain bermanfaat untuk mengatasi asam urat, buah duku juga memiliki manfaat lain melalui kandungan nutrisi dan mineralnya. Beberapa manfaat buah duku untuk kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Antioksidan, buah duku memiliki banyak kandungan antioksidan yang dapat berfungsi sebagai salah satu peningkat imunitas dan menjadikan tubuh tidak mudah sakit ataupun terpapar racun dan radikal bebeas di dalam tubuh maupun disekitar lingkungannya.
  2. Menjaga kesehatan gigi dan gusi, kandungan beberapa jenis mineral di dalam buah duku ternyata dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi serta mencegahnya agar tidak mengalami masalah. Buah duku yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu menguatkan gigi.
  3. Membantu menjaga dan menurunkan berat badan, buah duku ternyata banyak dimanfaatkan untuk membantu proses penurunan berat badan yang menyehatakan dan tanpa efek samping dan biasanya dikombinasikan dengan buah apel. Buah duku akan membantu tubuh untuk mendapatkan carnitine yang mendorong lemak untuk diarahkan pada proses pembakaran sehingga kandungan lemah di tubuh akan berkurang.
  4. Mengatasi sakit pada perut, buah duku juga memiliki manfaat untuk membantu mengatasi berbagai macam sakit yang muncul di daerah perut dan dipercaya sebagai salah satu buah yang dapat mencegah terjadinya kanker kolon.
  5. Mencegah terjadinya penyakit jantung, duku menjadi salah satu jenis buah yang memiliki kanduanga riboflavin tinggi sehingga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung dan masalah pada sistem vaskular tubuh.

Itulah beberapa penjelasan menganai manfaat buah duku untuk asam urat yang dapat digunakan dalam membantu mengatasi penyakit asam urat tersebut serta mencegah kondisi gejala asam urat pada kaki maupun bagian tubuh lain terulang kembali. Buah duku selain untuk asam urat juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan