Sponsors Link

6 Buah Pantangan Asam Urat Tinggi yang Perlu Dihindari

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan kumpulan gejala yang terjadi akibat adanya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Asam urat sendiri sebenarnya merupakan hasil metabolisme purin di dalam tubuh yang normal terjadi. Gejala asam urat baru terjadi ketika kadarnya lebih tinggi dari kadar normalnya di dalam tubuh. Kadar normal asam urat di dalam tubuh sebesar 7 mg/dl untuk laki laki dan 6 mg/dl untuk perempuan. Kondisi gejala atau ciri ciri penyakit asam urat tinggi tersebut diantaranya seperti nyeri dan pembengkakan di daerah persendian.

ads

Penyakit asam urat yang merupakan permasalahan kesehatan kronis sebenarnya lebih banyak terjadi pada mereka yang sudah memiliki usia lanjut. Namun belakangan ini, kondisi penyakit asam urat dapat diderita oleh mereka yang dapat dibilang masih berusia muda. Kondisi banyaknya penderita asam urat yang berusia muda tersebut banyak disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat serta terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung purin dalam kadar tinggi.

Sebagai penderita asam urat sendiri karena penyakit tersebut merupakan penyakit kronis yang dapat kambuh suatu waktu tentu menjaga pola makan juga harus dilakukan dengan benar dan tidak mengkonsumsi jenis makanan tertentu sebagai pantangan penderita asam urat. Buah buahan ternyata juga ada beberapa yang juga termasuk dalam pantangan untuk penderita asam urat karena kandungannya. Berikut ini beberapa jenis buah pantangan asam urat yang perlu dihindari.

  1. Anggur

Anggur menjadi salah atu buah pantangan asam urat yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat karena adanya kandungan purin pada anggur. Purin yang terdapat di dalam buah anggur dapat dimetabolisme oleh tubuh melalui enzim xantin oksidase menjadi asam urat sehingga akan meningkatkan kadar asam urat dan memicu munculnya gejala seperti nyeri serta pembengkakan. Selain dapat memicu terjadinya asam urat, buah anggur juga dapat menyebabkan beberapa masalah lain diantaranya seperti menyebabkan peradangan, kelumpuhan, kerusakan organ ginjal, memicu timbulnya benjolan tofi, dan menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

  1. Nangka

Selain buah anggur, penderita asam urat juga sebaiknya menghindari untuk mengkonsumi buah nangka. Buah yang banyak digunakan dalam beberapa es tersebut memiliki kandungan purin yang juga cukup tinggi. Dengan kandungan purin yang tinggi tersebut dapat menyebabkan terjadinya peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh yang tentu berbahaya bagi penderita asam urat. Nangka juga dapat memicu batuk pada mereka yang terlalu banyak mengkonsumsinya. Dengan kandungan puring tinggi di dalam buah nangka dapat menyebabkan terjadinya gangguan ginjal.

  1. Nanas

Buah nanas sering dikaitkan baik untuk penderita kolesterol karena dapat membantu menurunkan kadar lemak jahat di dalam darah. Namun bagi penderita asam urat sebaiknya menghindari untuk mengkonsumsi buah nanas tersebut karena merupakan pantangan makanan bagi penderita asam urat. Buah nanas dapat dicerna dan difermentasi tubuh menjadi alkohol. Kandungan alkohol tersebut yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit asam urat. Nanas selain menjadi buah pantangan asam urat juga sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

  1. Rambutan

Buah yang memiliki bentuk khas dengan rambut yang menyelimutinya ini memiliki rasa yang sangat manis sehingga kandungan gula tersebut dapat berubah menjadi alkohol yang tidak baik dikonsumsi pada penderita kolesterol. Tingginya kolesterol di dalam tubuh juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit asam urat sehingga buah musiman tersebut sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi. Rambutan yang di konsumsi terlalu banyak juga dapat berbahaya bagi penderita diabetes serta memicu terjadinya radang tengorokan.

  1. Durian

Buah durian sebenarnya bukanlah pemicu atau penyebab asam urat secara langsung namun kadar kolesterolnya yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya penyakit peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh yang dapat memicu terjadinya peningkatan asam urat. Mengkonsumsi buah yang dikenal sebagai raja buah tersebut juga cukup berbahaya bagi penderita diabetes maupun penyakit darah tinggi dan penyakit jantung.

  1. Mangga

Konsumsi buah mangga dapat menyebabkan penurunan kalori di dalam tubuh sehingga memicu terjadinya peningkatan asam urat. Mangga juga memiliki rasa yang cukup manis sehingga memicu terbentuknya alkohol di dalam tubuh sebagai salah satu penyebab tingginya asam urat. Konsumsi mangga sebaiknya dihindari pada penderita asam urat terutama ketika gejala atau serangan terjadi. Selain buah yang disebutkan diatas ada beberapa buah lain yang juga memicu asam urat namun tidak langsung diantaranya seperti leci, pepaya, kelapa muda, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa buah pantangan asam urat yang sebaiknya dihindari karena dapat memicu dan memperparah kondisi penyakit asam urat ataupun membuatnya kambuh kembali. Beberapa buah yang disebutkan diatas sebenarnya dapat dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit jika memang penderita sedang menginginkannya karena dalam konsumsi yang sedikit belum dapat berefek buruk bagi penderita asam urat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan