Sponsors Link

10 Buah Penyebab Asam Urat Tinggi yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Buah-buahan merupakan salah satu asupan yang dinilai sangat penting untuk kesehatan dan keseimbangan tubuh. Namun, ternyata tidak semua buah berdampak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Ada beberapa buah yang sangat berbahaya bagi kesehatan karena kandungan di dalamnya. Sebagian buah bisa saja menjadi pemicu terjadinya asam urat atau bertambah parahnya asam urat dalam tubuh. Lantas sebenarnya apa yang memicu terjadinya asam urat? Berikut beberapa penyebab asam urat:

ads
  • Purin

Pada dasarnya zat purin tidak berbahaya, namun jika kadarnya sudah meninggi ini yang akan menjadi sangat berbahaya. Saat zat purin menumpuk dengan banyak dalam tubuh ini akan menyebabkan terganggunya sistem metabolisme di dalam tubuh. Yang bisa menjadi salah satu penyebab purin tinggi adalah karena asupan makanan pada tubuh yang terlalu mengandung banyak purin. Jika purin sudah menumpuk, lama kelamaan bisa berubah menjadi Kristal purin dan kristal tersebut bisa tersimpan pada sela-sela sendi. Sehingga biasanya penderita asam urat akan mengalami rasa sakit yang sangat hebat pada daerah persendiannya. Tidak hanya sakit namun bisa saja sendi tidak bisa digerakkan sama sekali jika sudah sangat parah.

  • Berat Badan

Kelebihan berat badan dalam tubuh juga bisa menyebabkan timbulnya asam urat dalam tubuh. Orang gemuk biasanya akan mengalami penekanan pada bagian sendi-sendinya, ini disebabkan karena beratnya. Sehingga akibat penekanan ini, asam urat dalam tubuh semakin tidak dikeluarkan. Ditambah dengan adanya banyak lemak yang menghambat pada metabolisme purin.

  • Diabetes

Diabetes dan asam urat adalah masalah yang terpisah. Namun, mereka mempunyai benang merah yang saling berhubungan. Pada penderita diabetes dan asam urat mereka biasanya sama-sama mempunyai kebiasaan yang sangat buruk. Diabetes yang berlangsung berkepanjangan bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada fungsi ginjal. Sedangkan yang kita tahu bahwa ginjal adalah organ yang akan membantu purin untuk diolah dan dikeluarkan. Oleh sebab itu, tidak sedikit para penderita diabetes juga tanpa sadar sudah terserang asam urat yang cukup tinggi.

  • Kondisi Ginjal yang Buruk

Kondisi ginjal yang buruk bisa menimbulkan terjadinya asam urat dalam tubuh. Ini merupakan hal yang sudah sangat jelas. Sebab, purin yang masuk kedalam tubuh akan diolah menggunakan ginjal untuk kemudian dikeluarkan melalui saluran urin tubuh. Namun jika kondisi ginjal buruk, bukannya akan membantu tapi malah akan memperparah keadaan tubuh, salah satunya adalah asam urat yang akan semakin parah dan berbahaya.

Baca juga:

Buah Penyebab Asam Urat

Berikut ini jenis buah yang dapat memicu penyakit asam urat dan sebaiknya dikurangi mengonsumsinya:

1. Durian

Durian adalah buah yang bisa menyebabkan kolesterol jika dimakan dengan sangat berlebihan, sebab kandungan kolesterolnya sangatlah tinggi. Sebaiknya bagi Anda yang mempunyai kolesterol hindari mengkonsumsi buah ini. Namun jika memang ingin memakan buah ini, makanlah hanya 1 buah saja. Karena jika kolesterol benar-benar meningkat, akan memancing asam urat menjadi tinggi. Karena kolesterol dan asam urat yang tinggi, bisa saja Anda mendapatkan komplikasi penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Durian juga memiliki kandungan ethanol, ethyl, methanol dan senyawa sulfur yang berbahaya untuk kesehatan. Apalagi bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit ginjal, semua zat yang ada dalam durian sangatlah tidak baik, sebab ginjal tidak akan bisa menguraikan zat tersebut. Baca juga: Buah untuk Asam Urat.

2. Nangka

Nangka adalah buah yang mempunyai kandungan purin cukup tinggi. Bagi penderita asam urat, mereka boleh mengkonsumsi nangka namun jangan berlebihan. Jika benar benar mengkonsumsi secara berlebihan akan menjadikan kadar asam urat di dalam tubuh malah semakin meningkat yang berlanjut pada penumpukan kristal asam urat di sela-sela persendian. Selain akan membuat kadar asam urat semakin tinggi, nangka juga bisa mengganggu pada kerja ginjal karena purin yang tinggi menjadikan ginjal tidak bisa melakukan kerjanya dengan baik, purin yang masuk tidak bisa diolah dan dikeluarkan lewat saluran urin. Akibatnya di dalam ginjal pun akan mulai terjadi penumpukan asam urat. Lebih parahnya lagi, penumpukan asam urat dalam ginjal jika dibiarkan lama kelamaan akan membentuk batu ginjal. Baca juga: Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat.

Sponsors Link

3. Pisang

Salah satu penyebab terjadinya asam urat adalah karena kelebihan berat badan atau obesitas. Salah satu buah yang bisa membuat Anda bertambah berat badannya adalah pisang. Jika Anda menderita asam urat, Anda boleh memakan pisang namun jangan berlebihan makanlah maksimal hanya 3 buah dalam sehari. Pisang memang masuk dalam buah bebas lemak, namun kadar gula yang ada didalamnya sangatlah tinggi sehingga memicu penambahan berat badan saat dikonsumsi berlebihan. Selain itu, pisang yang berukuran sedang mempunyai kandungan kalori sebanyak 70%, sehingga bisa menjadi pemicu juga pada penambahan berat badan. Jika Anda memang rutin mengkonsumsi pisang, sebaiknya Anda mengurangi asupan gula yang berasal dari buah lain. Baca juga: Makanan dan Minuman untuk Penderita Asam Urat.

4. Nanas

Buah selanjutnya yang bisa berbahaya jika dimakan secara berlebihan oleh penderita asam urat adalah nanas. Buah nanas yang sudah dicerna terfermentasi bisa berubah menjadi alkohol sehingga memicu terjadinya asam urat. Selain itu, buah ini juga bisa memberikan efek yang negatif pada glukosa yang ada dalam darah. Hal ini disebabkan karena kandungan gula pada buah nanas sangatlah tinggi. ½ cangkir buah nanas mempunyai 9,28 gram kandungan karbohidrat. Dimana 8,13 karbohidratnya berasal dari gula dan 1.15 gram dari serat. Baca juga: Cara Mencegah Asam Urat.

5. Rambutan

Rambutan adalah buah selanjutnya yang bisa berbahaya jika dikonsumsi berlebihan oleh penderita asam urat. Perlu Anda ketahui bahwa rasa manis yang ada pada buah ini sifatnya adalah alkoholik. Artinya jika ini terlalu matang, maka kandungan gula didalamnya bisa berubah menjadi alkohol. Sehingga akan berdampak buru pada penaikan kolesterol tubuh dan jika terus berkelanjutan bisa memicu timbulnya asam urat. Selain penderita asam urat, bagi Anda yang memiliki diabetes dan kencing manis juga disarankan untuk tidak berlebihan saat mengkonsumsi buah rambutan. Baca juga: Jus untuk Asam Urat.

ads

6. Leci

Leci adalah salah satu buah yang memiliki kandungan gula sangat tinggi. Gula yang ada pada buah leci bisa mencapai 29 gram per 150 gram buah leci. Apalagi dengan leci klengkeng yang ditambahkan dengan sirup dengan kandungan gula tinggi, maka kadar gula dan karbohidrat akan semakin meningkat. Sehingga konsumsi buah leci dengan berlebihan bisa memicu diabetes kemudian akan berlanjut pada peningkatan asam urat dalam tubuh. Baca juga: Penyakit Asam Urat Akut.

7. Pepaya

Pepaya adalah buah yang mempunyai kandungan vitamin C dan karbohidrat yang cukup. Sebenarnya manfaat buah ini sangatlah baik seperti bisa mencegah terjadinya pertumbuhan kanker dalam tubuh. Namun perlu Anda ketahui, bahwa mengkonsumsi pepaya secara berlebihan dapat memicu pada pembentukan batu ginjal, akibat dari konsumsi vitamin C berlebihan. Sehingga saat terjadi pembentukan batu ginjal, akan berpengaruh juga pada purin yang tidak bisa dikelola dengan baik oleh ginjal sehingga bisa menyebabkan terjadinya asam urat. Baca juga: Makanan untuk Penderita Asam Urat.

8. Anggur

Buah penyebab asam urat tinggi selanjutnya adalah anggur, buah yang mempunyai kandungan 12 gram gula, 27 gram kandungan karbohidrat dan 104/kcal kalori ini bisa menjadi pemicu asam urat juga jika dikonsumsi secara berlebihan. Buah ini bisa Anda konsumsi dalam jumlah sedikit saja. Sebab jika berlebihan bisa memicu pada penambahan berat badan, bahkan semakin bertambahnya berat badan maka resiko terkena asam urat akan semakin besar. Baca juga: Cara Pijat Penyakit Asam Urat.

9. Mangga

Mangga yang sudah masak dan berukuran sedang mempunyai kandungan kalori sebanyak 135. Jika Anda mengkonsumsi mangga berlebihan maka bisa menjadi penghambat pada penurunan kalori dalam tubuh. Sehingga bukannya menurunkan berat badan malah akan menambah. Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa pemicu asam urat adalah karena berat badan berlebihan. Jika Anda ingin mengkonsumsi buah ini, ada baik pada waktu 30 menit sebelum akan berolahraga. Selain bisa memicu kenaikan berat badan, mangga juga mempunyai kandungan fruktosa yang cukup tinggi. Sehingga bisa memicu peningkatan gula darah yang cukup tinggi. Baca juga: Daun untuk Menurunkan Asam Urat.

10. Kelapa Muda

Kelapa muda adalah buah yang mempunyai kandungan kalium dan elektrolit pada airnya. Kandungan ini akan menjadi gangguan bagi mereka yang memiliki kelainan pada fungsi ginjalnya. Ginjal akan kesulitan saat akan melakukan sekresi zat dalam tubuh. Kerusakan ginjal yang semakin parah akhirnya bisa memicu pada peningkatan purin dalam tubuh. Purin tidak bisa diolah dengan baik, akibatnya malam menumpuk dan memicu timbulnya asam urat diikuti penyakit ginjal yang semakin buruk. Baca juga: Sayur untuk Asam Urat.

Itulah 10 buah penyebab asam urat, atau memicu semakin parahnya asam urat yang Anda derita. Jika Anda belum mendapatkan asam urat, sebaiknya mulailah melakukan pembenahan pada tubuh Anda, dengan melakukan pola hidup yang sehat dan mengurami konsumsi makanan yang buruk bagi tubuh. Ada baiknya juga Anda rutin melakukan olah raga. Jika tidak terbiasa, Anda bisa memulai olah raga ringan seperti jogging. Usakan setiap harinya tubuh Anda bisa mengeluarkan keringat agar racun dalam tubuh ikut dikeluarkan lewat keringat.

Namun, bagi Anda yang sudah terlanjur dan sedang menderita asam urat. Anda bisa mulai melakukan pengobatan asam urat pada dokter atau mengonsumsi obat herbal untuk asam urat. Anda juga bisa mulai menghindari makanan yang sangat berbahaya untuk peningkatan kadar purin tubuh. Jangan lupa untuk minum air putih 8 gelas/hari, ini juga akan membantu untuk penyembuhan asam urat dan juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi tambahan pengetahuan untuk Anda yang berkaitan dengan asam urat.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan