Sponsors Link

Bolehkan Mengkonsumsi Buah Takokak Untuk Asam Urat dan Apa Manfaatnya?

Sponsors Link

TakokakJenis makanan yang dikonsumsi memiliki peran penting dalam terjadinya penyakit asam urat. Pola makan dan gaya hidup yang salah dapat meningkatkan terjadinya resiko salah satu penyakit kronis tersebut. Penyakit asam urat merupakan kumpulan gejala yang terjadi akibat adanya peningkatan kadar asam urat diatas ambang batas normalnya. Pada laki laki, ambang batas normal asam urat adalah maksimal 7 mg/dl da untuk perempuan diangka maksimal 6 mg/ dl.

ads

Seperti penyataan awal bahwa makanan memiliki peran penting dalam munculnya penyakit asam urat pada seseorang terutama makanan yang banyak mengandung purin. Makanan dengan kandungan purin tinggi dapat menyebabkan kadar purin di dalam tubuh meningkat sehingga purin tersebut akan dimetabolime menjadi asam urat. Tingginya kadar asam urat di dalam darah dapat menjadikannya mengendap di beberapa sendi sehingga memicu terjadinya nyeri dan pembengkakan akibat bentuk kristal jarum dari asam urat tersebut yang merupakan tanda tanda asam urat.

Untuk menghindari terjadinya asam urat maka melakukan upaya pencegahan dengan cara merubah pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat menjadi kondisi yang menyenangkan. Penderita asam urat harus menghindari konsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi yang termasuk ke dalam pantangan makanan bagi penderita asam urat. Berkaitan dengan makanan tersebut, berikut ini beberapa penjelasan mengenai konsumsi buah takokak untuk asam urat yang dijelaskan menurut asal muasal buah dan pengaruhnya bagi penderita asam urat.

Mengenal Buah Takokak

Sebelum membahas lebih jauh mengenai hubungan antara buah takokak dengan asam urat, hal pertama yang harus dipahami adalah mengenai apa itu buah takokak. Buah takokak atau nama lain yang lebih familiar adalah terong pipit. Buah ini lebih banyak dimanfaatkan sebagai sayur sayuran yang diolah dalam berbagai masakan. Nama ilmiah dari tanaman buah takokak atau terong pipit adalah Solanum torvum Sw. Buah pada tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai lalapan dan memiliki beberapa manfaat baik bagi kesehatan.

Buah yang rasanya mirip dengan rasa pare tersebut memiliki beberapa kandungan penting diantaranya seperti solasonin, vitamin A, torvogenin, sisalogenone, dan juga chlorogenin. Vitamin A menjadi salah satu kandungan di dalam buah takokak yang cukup banyak dan memiliki manfaat bagi kesehatan mata. Buah yang memiliki rasa pahit tersebut juga memiliki beberapa manfaat lainya yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Buah takokak dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat dan ternyata merupakan salah satu pengobatan alternatif dalam upaya untuk mengatasi penyakit asam urat. Kandungan senyawa aktif di dalam buah takokak dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh secara herbal sehingga beberapa gejala atau serangan asam urat akan berangsur angsur membaik. Buah takokak untuk penderita asam urat dapat menjadi salah satu buah yang dikonsumsi sebagai salah satu cara mencegah asam urat agar tidak naik kadarnya sehingga kondisi gejalanya tidak akan terjadi.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa mengkonsumsi langsung buah takokak yang memiliki rasa pahit dapat membantu mengatur kadar asam urat di dalam tubuh. Selain untuk asam urat dan kesehatan mata, buah takokak juga memiliki beberapa manfaat lain diantaranya seperti dalam penjelasan dibawah ini.

  1. Membantu mengatasi bisul, buah takokak di masyarakat seringkali digunakan sebagai salah satu obat traditional untuk mengatasi bisul karena kemampuannya untuk mengatasi peradangan.
  2. Membantu mengatasi wasir atau ambein, buah takokak juga dapat membantu mengatasi kondisi wasir yang cukup menyiksa sebagai bagian dari obat traditonal tanpa efek samping berbahaya.
  3. Membantu meredakan flu, kandungan di dalam buah takokak selain berguna untuk asam urat ternyata juga memiliki sifat anti virus sehingga dapat digunakan untuk membantu meredakan gejala flu.
    Sponsors Link

  4. Melancarkan peredaran darah, manfaat lain yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah takokak adalah mampu membantu melancarkan peredaran darah sehingga tubuh akan semakin sehat.
  5. Membantu mengatasi masalah pada liver, liver merupakan salah satu bagian tubuh yang berguna untuk menyaring racun sehingga jika mengalami masalah dapat menyebabkan bahaya yang besar sehingga harus dicegah dengan cara mengkonsumsi buah takokak.
  6. Meredakan sakit pinggang, selain memiliki efek antiradang, buah takokak juga dapat digunakan sebagai anti nyeri pada penderita sakit pinggang.
  7. Membantu mengatasi osteoporosis, konsumsi buah takokak bagi orang tua selain dapat membantu mengatasi penyakit asam urat juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan pada tulang.
  8. Manfaat lain, beberapa manfaat lain dari buah takokak seperti membantu mengatasi batuk kronis, luka yang mengoreng, menetralkan racun di dalam tubuh, serta membantu mengatasi masalah pada lambung dan beberapa manfaat lainya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat buah takokak untuk asam urat dan apakah buah tersebut dapat dikonsumsi bagi penderita asam urat serta manfaat kesehatan lainya. Dalam penjelasan diatas diketahui bahwa buah yang memiliki rasa pahir tersebut dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan merupakan salah satu pengobatan dalam upaya pencegahan terjadinya penyakit asam urat kambuhan dan menghindari berbagai macam penyebab asam urat sering kambuh.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan