Sponsors Link

25 Buah untuk Asam Urat Tinggi yang Baik untuk Dikonsumsi

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan kondisi dimana kadar zat asam urat dalam tubuh seseorang mengalami peningkatan diatas batas normalnya. Ambang batas asam urat normal seharusnya tidak melebihi 7,5 mg/dL baik pada wanita maupun pada laki-laki. Asam urat lebih sering dialami oleh lansia (kaum lanjut usia) yang berusia 40 tahunan keatas. Baca juga: Asam Urat pada Lansia.

ads

Namun, saat ini asam urat sudah banyak menyerang di usia muda mulai 30 tahunan. Hal ini merupakan akibat dari pola makan yang tidak sehat. Mengingat bahwa kadar zat asam urat tubuh meningkat karena adanya asupan zat purin tinggi dalam darah yang dibawa bersama makanan. Oleh karena itu, penderita asam urat sebaiknya menghindari jenis-jenis makanan yang berpurin tinggi. Makanan yang cenderung berpurin tinggi adalah golongan makanan yang juga memiliki kandungan lemak jahat yang tinggi seperti jeroan, daging merah dan makanan-makanan laut (seafood).

Konsumsi makanan yang sehat dapat membantu menurunkan asam urat dalam tubuh dan juga berperan sebagai upaya pencegahan bagi yang tidak menderita asam urat. Karena asam urat dapat menyerang siapa saja meskipun tidak memiliki riwayat asam urat. Jika Anda mengkonsumsi makanan berlemak yang berpurin tinggi, sebaiknya diimbangi dengan konsumsi makanan yang dapat membantu melarutkan asam urat darah. Berikut jenis buah untuk asam urat yang juga dapat berfungsi sebagai upaya pencegahan:

1. Pisang

Jenis buah untuk asam urat yang pertama adalah pisang. Pisang sudah lama dipercaya memiliki khasiat untuk membakar lemak tubuh dan melancarkan pencernaan. Pisang memiliki manfaat yang tinggi juga untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga biasanya digunakan untuk alternatif diet. Dalam pisang mengandung vitamin C yang tinggi dan mengandung senyawa potassium yang dapat mengubah kristal asam urat yang menumpuk dalam sendi menjadi cair yang akan dikeluarkan melalui urine.

Mengkonsumsi pisang pada saat Anda terserang asam urat dapat membantu meredakan rasa nyerinya. Anda bisa mengkonsumsi pisang 2-3 kali sehari untuk upaya pencegahan dan konsumsi 8-9 buah pisang untuk mengurangi pembengkakan asam urat tinggi. Baca juga: Bahaya Asam Urat bagi Ibu Hamil.

2. Ceri

Ceri biasanya digunakan sebagai topping pada kue-kue. Ceri memiliki manfaat sebagai zat anti inflamasi karena mengandung antosianin tinggi. Zat tersebutlah yang juga bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar asam urat secara alami. Ceri bisa dikonsumsi 200 gram setiap hari pada penderita asam urat tinggi dan diyakini bisa menurunkan asam urat relatif cepat. Ceri untuk upaya pengobatan asam urat bisa dikonsumsi dengan cara di jus maupun dimakan langsung. Baca juga: Makanan Penyebab Asam Urat.

3. Apel

Apel memang memiliki segudang manfaat bagi manusia, sehingga seringkali digunakan sebagai buah untuk diet ketat. Apel memiliki manfaat lain yakni untuk membantu penderita asam urat dengan menetralkan kadar asam urat tubuh. Apel sangat menyehatkan jika Anda bisa mengonsumsinya setiap hari atau paling tidak 1 buah setiap pagi hari. Kandungan asam malat pada buah apel-lah yang membantu meredakan nyeri akibat asam urat tinggi.

Apel bisa menjadi terapis untuk mengurangi peradangan pada kasus asam urat yang sudah mengalami pembengkakan tinggi. Apel bisa dikonsumsi dengan cara di jus  dan dicampur madu   maupun dimakan langsung. Anda yang tidak menderita asam urat pun bisa membantu pencegahan dengan mengonsumsi apel. Baca juga: Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat tinggi dibalik rasa masamnya. Mungkin Anda sering mendengar bahwa jeruk nipis berkhasiat untuk mengobati batuk. Namun ternyata, jeruk nipis juga berkhasiat untuk penderita asam urat tinggi dan penyakit radang sendi lainnya. Asam urat dalam tubuh dapat larut bersama asam sitrat yang terkandung pada jeruk nipis. Anda bisa mengkonsumsi 2 kali sehari jeruk nipis yang bisa dibuat minuman untuk menghindari radang sendi. Baca juga: Obat Asam Urat di Apotik.

5. Buah Naga

Buah naga tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi kolesterol, namun juga dapat mengatasi asam urat tinggi. Jenis buah ini berasal dari Amerika Tengah yang sudah populer untuk pengobatan herbal yang ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan. Buah naga memiliki kandungan yang kaya air untuk menawarkan khasiat melarutkan zat purin sebagai penyebab asam urat tinggi.

Zat purin yang sudah terlarutkan nantinya akan dibuang bersama purin melalui ekskresi pada organ ginjal. Saat ini juga banyak pengembangan obat herbal dalam bentuk suplemen yang berbahan dasar buah naga yang kebanyakan digunakan untuk mengobati pegal-pegal dan radang sendi, termasuk asam urat. Namun, jika tidak ingin mengkonsumsi suplemen buah naga, Anda bisa mengkonsumsi buah naga secara langsung karena tidak mengurangi nilai gizi pada buah naga.

Sponsors Link

6. Tomat

Tomat adalah jenis buah yang sekaligus juga jenis sayuran yang sering ditemukan pada masakan. Tomat biasanya digunakan untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi (hipertensi) yang efektif. Namun, tomat ternyata juga memiliki peranan untuk mengatasi asam urat tinggi dengan menetralkan kadar asam urat darah. Tomat yang dikonsumsi dengan cara dijus dan diminum rutin setiap hari bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh, karena tomat mengandung vitamin-vitamin yang tinggi. Bisa dikonsumsi anak-anak hingga kaum dewasa. Baca juga: Jus untuk Asam Urat.

7. Stroberi

Stroberi dikenal sebagai buah yang mahal karena memang perannya yang tinggi dalam kesehatan. Buah ini juga dikenal mampu berperan sebagai penangkal ampuh bagi penderita asam urat tinggi. Mengkonsumsi stroberi ini secara rutin dapat menurunkan asam urat tinggi dalam darah. Pada 8 buah stroberi mengandung 50 kalori yang aman untuk tubuh. Tidak hanya untuk asam urat saja, kandungan vitamin yang tinggi pada buah ini bisa menjadi sumber gizi yang baik bagi tubuh Anda.

8. Jambu Biji

Jambu biji biasanya digunakan untuk untuk mengobati demam berdarah untuk meningkatkan trombosit darah. Jambu biji mengandung vitamin C yang tinggi, pectin dan juga serat. Tidak hanya itu, jambu biji juga baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi dan asam urat. Untuk membantu menurunkan kadar asam urat tinggi dalam tubuh, Anda bisa mengkonsumsi jambu biji setiap hari (dianjurkan 2 jam setelah makan).

Dengan mengkonsumsi jambu biji secara rutin dapat membantu menurunkan asam urat tubuh dan memiliki komplikasi dengan kolesterol tinggi. Jambu biji yang dikonsumsi bersama bijinya juga lebih bermanfaat daripada hanya mengambil daging buahnya saja.Baca juga: Sayur untuk Asam Urat.

9. Bengkoang

Buah untuk asam urat selanjutnya adalah bengkoang, yang lebih dikenal memiliki khasiat untuk membantu mencerahkan kulit sehingga banyak diolah sebagai masker pada komestik untuk menjaga kesehatan kulit tubuh. Namun, siapa sangka bengkoang juga baik dikonsumsi untuk asam urat tinggi karena dengan memakannya secara langsung dapat menurunkan asam urat tubuh Anda menjadi normal. Baca juga: Tanda-Tanda Asam Urat.

10. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang tinggi yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Meskipun alpukat mengandung lemak, namun kandungan lemak pada alpukat tergolong lemak baik yang aman dikonsumsi untuk penderita asam dan kolesterol tinggi. Penderita asam urat tidak perlu khawatir jika ingin mengkonsumsi buah ini secara rutin karena alpukat masih memiliki kadar purin aman untuk penderita asam urat. Buah ini lebih baik dikonsumsi dengan cara dijus tanpa penambahan gula.

11. Semangka

Hampir sebagian besar kandungan pada buah semangka adalah air. Sehingga banyak orang yang mengkonsumsi buah ini untuk menyegarkan saat dahaga. Baik semangka merah maupun semangka kuning bermanfaat tinggi untuk kesehatan termasuk pada penderita asam urat tinggi karena dapat meningkatkan daya larut zat asam urat dalam tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsi buah ini dengan dicampur dengan buah berry-berry-an. Baca juga: Jenis Penyakit Asam Urat.

Sponsors Link

12. Melon

Sama seperti semangka, buah melon juga memiliki kandungan air yang tinggi pada daging buahnya. Melon bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda dan juga baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Melon baik dikonsumsi secara langsung maupun dibuat jus. Anda bisa menambahkan sedikit jeruk nipis pada jus apel untuk meningkatkan khasiat pada melon dalam mengobati asam urat tinggi. Baca juga: Bahaya Asam Urat.

13. Sirsak

Sirsak aman dikonsumsi untuk penderita asam urat karena tidak mengandung zat purin tinggi. Sirsak dapat membantu menurunkan asam urat tinggi dan dapat mencegah peradangan. Sirsak bisa dikombinasikan dengan buah apel untuk dibuat jus sebagai terapi herbal pada penderita asam urat tinggi. Kombinasi ini bisa menjadi alternatif diet sehat Anda yang sedang menjalani diet ketat. Tidak hanya pada buahnya, pada daun sirsak juga sering digunakan untuk pengobatan herbal asam urat dan sudah dipercaya sejak lama untuk meredakan pembengkakan pada asam urat. Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sirsak.

14. Belimbing

Jenis buah lainnya adalah belimbing yang juga baik dan aman untuk penderita asam urat tinggi. Belimbing yang dicampur dengan 1 sendok perasan jeruk nipis dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan asam urat yang sudah parah. Konsumsi buah ini setiap hari pada asam urat yang sudah meradang dapat membantu mempercepat penyembuhan.

15.  Kiwi

Kiwi adalah buah lainnya yang juga bisa diandalkan untuk penderita asam urat tinggi. Buah kiwi memiliki kandungan yang dapat menetralkan asam urat dalam darah. Cara mengkonsumsi buah kiwi untuk terapis herbal asam urat adalah dengan mencampurkan 1 buah kiwi dengan sedikit leci dan jeruk lemon. Campuran ini dapat meningkatkan khasiat pada kiwi untuk membantu mencegah maupun mengobati radang asam urat yang sudah parah. Baca juga: Cara Mencegah Asam Urat.

16. Buah Beri

Golongan buah beri memang mengandung zat-zat alkali yang tinggi. Zat tersebut berfungsi membantu pelarutan asam urat dan kristal asam urat. Zat alkali juga akan membantu untuk mendorong ginjal melakukan ekskresi zat asam urat melalui urin. Mengkonsumsi beri secara rutin dapat menghambat pembentukan kristal asam urat pada kasus penderita asam urat yang masih tahap awal gejala. Baca juga: Suplemen untuk Asam Urat.

17. Mentimun

Gout terjadi karena peningkatan asam urat dalam darah yang menyebabkan penumpukan kristal asam urat yang menyebabkan rasa nyeri. Mentimun adalah buah yang rendah purin, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam urat tinggi. Kandungan purin pada mentimun tidak lebih dari 7,5 mg pada daging buahnya.

Mentimun memiliki sifat diuretik yang berperan untuk merangsang ginjal dan menghasilkan lebih banyak urine untuk melarutkan kelebihan kreatinin dan asam urat. Sifat diuretik pada timun juga berfungsi untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Mentimun sangat efektif untuk mengatasi asam urat yang sudah mengkristal dalam tubuh.

18. Blueberry

Pada buah blueberry mengandung vitamin B folat yang bermanfaat untuk mengendalikan kadar zat purin sebagai penyebab peningkatan asam urat darah. Blueberry juga berperan sebagai anti inflamasi untuk mengurangi peradangan asam urat dan mengurangi resiko kanker. Blueberry sebagai golongan buah beri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat dimasukkan ke daftar makanan sehat Anda untuk diet ketat. Kandungan bioflavonoid pada blueberry mampu mencegah kerusakan kolagen dan peradangan pada sendi. Baca juga: Manfaat Binahong untuk Asam Urat.

ads

19. Buah Nanas

Nanas juga bisa menjadi alternatif untuk ramuan herbal untuk berkhasiat dalam penyembuhan asam urat. Anda bisa mengombinasikan nanas dengan madu untuk meningkatkan khasiat nanas untuk asam urat, atau juga bisa dikombinasikan dengan buah ceri, jahe dan kunyit. Ramuan ini bisa dikonsumsi saat Anda merasa tidak nyaman dengan rasa nyeri asam urat Anda. Karena bisa digunakan untuk meredakan nyeri dan pembengkakan asam urat.

20. Jus Lemon

Selain jeruk nipis, lemon juga memiliki khasiat untuk asam urat karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Membuat jus lemon dan mengonsumsinya secara rutin dapat mencegah asam urat tinggi maupun meredakan nyeri asam urat yang sudah terlanjur mengalami pembengkakan. Jus lemon memproduksi kalsium karbonat yang berfungsi untuk menetralkan asam urat dalam tubuh. Jus lemon juga dapat meningkatkan kinerja ginjal untuk membantu membuang asam urat dalam darah yang dikeluarkan bersama urine. Baca juga: Manfaat Lemon untuk Asam Urat.

21. Mahkota Dewa

Mahkota dewa adalah golongan buah-buahan berkulit merah namun lebih sering dikategorikan sebagai tanaman herbal sama seperti buah naga. Mahkota dewa sering digunakan pada pembuatan suplemen herbal untuk mengobati rematik dan asam urat. Tidak hanya itu saja, mahkota dewa dipercaya mampu membantu mengatasi diabetes mellitus, tumor, kanker dan hepatitis.

Mahkota dewa memiliki kandungan yang berperan sebagai anti hiperurisema untuk mencegah asam urat tinggi. Selain itu, mahkota dewa juga mengandung alkaloid dan saponin yang berperan sebagai anti racun dan anti bakteri. Anti inflamasi pada mahkota dewa dapat mencegah peradangan pada kasus asam urat yang semakin parah. Untuk mengonsumsi mahkota dewa sebagai ramuan asam urat bisa merebus 5 gram daging buah mahkota dewa dengan 5 gelas air putih, bisa juga ditambahkan dengan daun sidaguri untuk hasil yang lebih optimal. Baca juga: Khasiat Sidaguri untuk Asam Urat.

22. Anggur

Dibalik rasanya yang menjadi favorit pecinta buah-buahan, anggur memiliki manfaat yang tinggi untuk kesehatan. Anggur baik dikonsumsi oleh penderita asam urat karena anggur secara substansial dapat mengurangi gejala asam urat dengan mengurangi tekanan kerja organ ginjal yang biasanya menjadi komplikasi gangguan pada penderita asam urat.

23. Buah Pir

Buah pir mengandung serat yang tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi 1 buah pir setiap hari sama dengan menyimpan 18% kebutuhan serat harian Anda. Serat pada buah pir ini dapat membantu menurunkan asam urat dalam darah yang dikeluarkan melalui pencernaan usus sebelum mengalami penumpukan pada lemak. Sehingga asam urat akan diserap oleh usus.

Buah pir berfungsi sebagai anti inflamasi karena mengandung senyawa antioksidan dan flavonoid yang tinggi sehingga dapat membantu meredakan nyeri asam urat. Vitamin C yang tinggi pada buah pir mampu membentuk jaringan baru pada organ tubuh dan struktur sel sehingga dapat mempercepat penyembuhan radang asam urat. Baca juga: Pengobatan Asam Urat.

24. Jeruk

Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Jeruk orange juga memiliki khasiat tinggi pada asam urat sama seperti jeruk nipis dan jeruk lemon. Jeruk tidak hanya kaya vitamin C saja, namun juga kaya akan vitamin E dan vitamin A. Jeruk berperan sebagai zat antioksidan kuat yang bermanfaat untuk mengontrol kadar asam urat tinggi Anda. Selain itu, jeruk kaya akan kandungan serat sehingga baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan Anda.

25. Mangga

Mangga dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi yang banyak dikonsumsi oleh penduduk dunia. Cita rasa manis dan lezat pada buah ini menjadikan buah ini favorit di kalangan masyarakat. Dibalik semua itu, mangga memiliki khasiat untuk menurunkan kadar asam urat dan menyembuhkan radang sendi yang diakibatkan dari penyakit asam urat yang sudah sangat parah.

Untuk mengatasi asam urat dengan mangga bisa dikonsumsi secara langsung maupun dibuat minuman jus mangga segar tanpa diberi tambahan gula. Kandungan glukosa yang tinggi pada mangga sebaiknya tidak dikonsumsi penderita asam urat yang memiliki komplikasi dengan diabetes karena dapat meningkatkan gula darah. Mengonsumsi mangga secara rutin baik untuk mencegah asam urat maupun untuk pengobatan asam urat. Baca juga: Makanan untuk Penderita Asam Urat.

Itulah jenis buah untuk asam urat yang berperan untuk membantu menurunkan kadar asam urat  darah maupun sebagai upaya pencegahan. Kadar asam urat dalam tubuh sebenarnya bisa dikendalikan melalui asupan makanan sehat. Mengurangi konsumsi makanan berpurin tinggi menjadi salah satu upaya penting untuk menurunkan asam urat tubuh.

Penderita asam urat tinggi memang seharusnya mulai menjalani diet ketat dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Seseorang yang pernah mengalami asam urat biasanya akan mudah terserang asam urat kembali karena tubuh menjadi mudah mengakumulasi asam urat. Sehingga, bagi seseorang yang pernah mengalami asam urat sebaiknya mulai menjaga kesehatan tubuh dengan mengurangi konsumsi zat purin yang biasanya terkandung pada makanan berlemak.

Untuk yang belum pernah terserang asam urat, sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsi makanan purin dan bisa diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya larut asam urat seperti yang sudah disebutkan di atas.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan