Sponsors Link

10 Buah Untuk asam Urat dan Kolesterol Yang Harus Dikomsumsi

Sponsors Link

Apakah Anda pernah mengalami gejala asam urat dan kolesterol? Apa yang Anda rasakan saat gejala itu kambuh? Bagaimana cara mengatasinya? Adakah buah untuk mengatasi asam urat dan kolesterol?

ads

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian dikarenakan efek purin yang berlebihan. Sedangkan kolesterol merupakan gejala yang disebabkan karena kadar lemak jenuh dalam darah yang tinggi sehingga dapat beresiko penyakit jantung, obesitas, stroke, dan sebagainya.

Ada beberapa pantangan makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita asam urat dan kolesterol tinggi, termasuk buah-buahan yang mengandung purin tinggi. Akan tetapi tidak semua buah-buahan dapat menjadikan pantangan bagi penderita asam urat dan kolesterol. Banyak diantaranya yang dapat dikonsumsi serta aman dan justru dianjurkan bagi penderita asam urat dan kolesterol karena kandungan nutrisinya yang baik serta menyembuhkan penyakit asam urat dan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut 10 daftar buah untuk asam urat dan kolesterol:

  1. Buah Ceri

Buah ceri merupakan buah terbaik bagi penderita asam urat dan kolesterol karena buh tersebut memiliki zat anti-inflamasi yang dinamakan anthocyanin dan zat antioksidan yang bisa menurunkan kadar asam urat dan kolesterol di dalam tubuh. Buah ceri lebih baik di konsumsi 200 gram sehari untuk mencegah pengkristalan purin pada persendian serta menetralkan asam dan membantu mencegah peradangan dan mengurangi nyeri. Selain itu, buah ceri memiliki khasiat menghilangkan lemak dalam tubuh, menurunkan kolesterol dapar menghilangkan beberapa resiko penyakit seperti stroke dan serangan jantung yang diakibatkan dari kolesterol tersebut.

  1. Buah Apel

Buah apel bermanfaat untuk menurunkan asam urat dan kolesterol karena memiliki kandungan asam malat yang mampu menetralkan asam urat dari dalam tubuh yang kemudian dibuang melalui saluran urin dan kandungan pektinnya mampu menghambat proses oksidasi kolesterol sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang tinggi dari dalam tubuh. Buah apel dapat dimakan langsung atau diolah menjadi jus bahkan di buat menjadi olahan cuka  apel agar lebih nikmat dikonsumsi.

  1. Alpukat

Salahsatu buah untuk mengatasi asam urat dan kolesterol, yaitu buah Alpukat yang mungkin belum diketahui banyak orang. Buah alpukat aman untuk dikonsumsi karena memiliki kadar gula yang sangat rendah dan dapat meningkatkan kadar basa untuk menetralkan kadar asam di dalam tubuh. Lemak tak jenuh yang terkandung dalam alpukat membantu menghancurkan kolesterol dalam tubuh. Alpukat juga dapat dijadikan makanan diet karena membantu menurunkan berat badan sehingga mencegah resiko obesitas dan asam urat

Sponsors Link

  1. Pisang

Sama seperti buah alpukat, pisang merupakan salahsatu diantara buah untuk mengatasi asam urat dan kolesterol. Pisang memiliki kadar gula yang rendah dan memiliki kadar alkali yang tinggi serta kalium yang berfungsi menurunkan kadar asam urat. Kalium berfungsi mencairkan asam dalam tubuh agar tidak mengkristal yang kemudian dibuang melalui urin. Namun, perlu diperhatikan juga dalam mengkonsumsi pisang agar tidak berlebihan karena bagaimanapun juga buah pisang mengandung kadar gula (walaupun sedikit) yang apabila dikonsumsi berlebihan akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Pisang juga mengandung kadar kalori yang cukup tinggi sehingga mampu mengenyangkan lebih lama dan dapat dikonsumsi sebagai makanan diet untuk mengurangi berat badan berlebihan yang menyebabkan resiko kolesterol dalam tubuh.

  1. Buah Naga Merah

Buah naga merah (hylocereus polyrhizus) berasal dari negara Amerika Tengah yang  memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi. Selain itu, kandunagn air yang terdapat dalam buah ini mampu melarutkan zat purin yang mengendap pada tubuh. Buah naga juga memiliki khasiat lain seperti mengobati kanker, jantung, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Buah tersebut memiliki kandunagn vitamin B1, B2, B3, C, kalsium, fosfor, dan protein. Kandungan kalori yang dimilikinya sekitar 100 kilo mampu menjadikan asupan baik bagi pelaku diet.

  1. Aneka Berry (strawberry, blueberry, acai berry)

Semua buah-bahan aneka berry memiliki khaisat yang baik bagi tubuh, namun yang seringkali ditemukan dan dikonsumsi oleh kebanyakan orang pada umumnya, yaitu strawberry dan blueberry. Strawberry dan blueberry memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Oklahoma mengemukakan bahwa strawberry dan blueberry apabila dikonsumsi 3 cup selama 8 minggu berturut-turut, maka akan mengurangi kadar kolesterol secara berangsur. Selain itu, strawberry dan blueberry memiliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi sehingga berfungsi untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Rasa asamnya yang segar mampu menetralisir zat asam urat agar tidak mengendap. Buah tersebut lebih baik dikonsumsi dalam kondisi segar tanpa diolah dan ditambahi gula atau campuran lain agar khasiatnya tidak berkurang. 

ads

  1. Aneka Jeruk

Aneka jeruk yang terdiri dari buah jeruk, jeruk nipis dan lemon memiliki banyak khasiat bagi tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi. Buah ini memiliki kandungan asam sitrat yang bisa melarutkan asam urat dalam tubuh dengan cara meningkatkan kinerja ginjal sehingga kadar purin terbuang melalui urin. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam buah ini mampu mengurangi bengkak di daerah persendian akibat asam urat. Kandungan vitamin C ini tidak hanya berkhasiat untuk mengatasi asam urat saja, melainkan mampu menurunkan kolesterol, meminimalisir resiko penyakit jantung, diabetes, dan mampu mengatasi perut buncit. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah jeruk, jeruk nipis dan lemon bisa dimasukan ke dalam daftar menu diet. Kandungan dalam buah tersebut yang mampu menurunkan kadar kolesterol bernama flavonoid. Buah jeruk nipis dan lemon dapat dikonsumsi dengan cara melarutkannya ke dalam air hangat untuk segera diminum atau bisa dicampur dengan ramuan lain seperti ditambah madu, jahe, dan lain-lain. Sedangkan untuk jeruk biasa yang kulitnya berwarna oranye dapat dikonsumsi secara langsung.

  1. Delima

Buah delima sering dikatakan sebagai simbol kesuburan dan kemakmuran di berbagai negara. Buah ini mengandung antioksidan yang mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di tahun 2004 menyatakan bahwa, mengkonsumsi 50 ml jus delima setiap hari secara rutin selama tiga tahun lebih maka akan mengurangi kerusakan pembuluh darah akibat kolesterol. Buah ini juga mampu menetralisir asam urat yang tinggi dan mencegah penumpukan purin pada persendian. Perlu diketahui bahawa berdasarkan penelitian yang dilakukan di National Academy of Sciences (AS) menyatakan bahwa kandungan antioksidan di dalam buah delima bisa mencapai tiga kali lipat dari buah anggur merah. Selain itu, buah delima juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi timbunan plak pada arteri.

  1. Sirsak

Sirsak berkhasiat untuk mengatasi asam urat dan kolesterol, baik buahnya maupun daun sirsak memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya, yaitu diantaranya serat, karbohidrat, kalium, vitamin C, Air, fosfor dan kalsium. Buah sirsak sering diolah menjadi jus yang segar untuk dikonsumsi. Kandungan serat pada buah sirsak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sebanyak 13%, sehingga serat tersebut mampu mengatasi penyerapan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Kandungan vitamin C pada buah sirsak ini mampu mengurangi kadar asam urat dari dalam tubuh.

  1. Buah mengkudu

Buah mengkudu atau dikenal dengan buah pace ini banyak ditemui di berbagai tempat. Buah mengkudu mampu mengatasi peradangan sendi dan kolesterol yang tinggi. Kandungan senyawa scolopetin pada buah ini mampu melawan peradangan pada sendi. Selain itu, kandungan anti-inflamasi yang terdapat dalam buah mengkudu mampu mengurangi memar dan pembengkakan di area persendian. Selain itu, buah tersebut memiliki kandungan asam askarbonat yang merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Vitamin C yang terdapat dalam buah ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Sponsors Link

Daftar buah untuk asam urat dan kolesterol rekomendasi bagi Anda untuk penderita asam urat dan kolesterol tinggi. Beberapa buah-buahan yang direkomendasikan itu banyak ditemui di berbagai tempat dan mudah dikonsumsi. Banyak diantara beberapa orang penderita asam urat dan kolesterol tinggi yang lebih memilih mengkonsumsi obat-obatan kimia dibandingkan dengan buah-buahan sebagai pengobatan alami.

Hal tersebut karena ketidaktahuannya mengenai khasiat dan manfaat buah untuk mengatasi asam urat dan kolesterol, sehingga banyak yang mengabaikannya. Perlu Anda ketahui bahwa mengkonsumsi obat-obatan kimia memiliki efek samping yang mungkin tidak baik bagi kesehatan tubuh, walaupun jangka waktu penyembuhannya lebih cepat dibandingkan yang alami.

Tetapi, pengobatan alami yang justru aman dikonsumsi dan baik bagi kesehatan tubuh lainnya tanpa mengakibatkan efek samping yang buruk. Beberapa buah tersebut dapat dikonsumsi langsung atau bahkan diolah menjadi ramuan serta jus untuk asam urat dan kolesterol agar dapat mudah dikonsumsi. Bagaimanapun pengolahannya, buah tersebut mampu mengatasi asam urat dan kolesterol.

, ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan