Sponsors Link

Khasiat Buah Zuriat untuk Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

buah zuriat untuk asam uratSetiap penderita penyakit asam urat pastinya akan sering mengalami gejala atau serangan asam urat yang terjadi pada sendi sendi berupa nyeri dan pembengkakan. Bagian sendi yang banyak mengalami gejala atau ciri ciri-penyakit asam urat tinggi tersebut adalah di daerah sendi sendi kaki. Serangan yang terjadi tersebut karena berada di daerah kaki tentu akan menimbulkan gangguan terhadap aktivitas penderitanya. Kondisi rasa nyeri dan pembengkakan pada daerah kaki menyebabkan penderitanya kesulitan dalam berjalan.

ads

Munculnya gejala asam urat yang dijelaskan diatas tersebut disebabkan oleh adanya penumpukan kristal jarum asam urat akibat peningkatan kadarnya di dalam darah. Bentuk kristal jarum tersebutlah yang menjadikan munculnya rasa nyeri maupun pembengkakan. Penumpukan asam urat di dalam darah disebabkan oleh kondisi kadar asam urat yang terlalu tinggi sehingga tidak dapat langsung terekskresi. Salah satu penyebab asam urat tersebut adalah karena pola makan yang tidak tepat dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi.

Untuk mengatasi kondisi asam urat dan mencegah terjadinya gejala kembali maka pola makan penderita harus diperhatikan dengan baik dan menghindari berbagai macam makanan yang tinggi purin. Selain menghindari beberapa jenis makanan tertentu, penderita penyakit asam urat juga dapat mengkonsumsi makanan yang digunakan sebagai salah satu pengobatan alami dalam mengatasi gejala asam urat ataupun menurunkan kadarnya yang salah satunya adalah buah zuriat. Berikut ini penjelasan mengenai buah zuriat untuk asam urat.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai buah zuriat untuk asam urat, alangkah lebih baiknya mengenal lebih dahulu buah tersebut. Buah zuriat merupakan salah satu buah yang berasal dari timur tengah dan menjadi salah satu buah yang sangat populer di kalangan jamaah haji karena mudah ditemukan di madinah maupun mekah dan menjadi salah satu buah cindera mata selama musim haji dan umroh. Selain di daerah arab, buah tersebut juga dapat ditemukan di negara lain seperti mesir, sudan, kenya, dan tanzania.

Buah zuriat dengan bentuk khasnya tersebut dikenal sebagai salah satu buah yang sangat penting manfaatnya bagi pasangan yang sedang menginginkan kehamilan. Buah dengan nama lokal buah adam atau buah hawa tersebut memiliki kandungan nutrisi yang yang lengkap dan dapat menjadi salah satu pengobatan alami dalam proses mendapatkan keturunan. Selain bermanfaat untuk membantu meningkatkan peluang hamil, buah zuriat juga memiliki beberapa manfaat lain diantaranya seperti disebutkan di bawah ini.

  • Antioksidan

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam buah zuriat dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga tidak akan mudah sakit bagi yang mengkonsumsinya. Antioksidan juga dapat bertindak sebagai anti radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh sehingga memiliki manfaat sebagai anti kanker karena salah satu pemicu terjadinya kanker di dalam tubuh adalah zat radikal bebas tersebut.

  • Kaya akan nutrisi

Buah zuriat dikenal memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan protein, lemak, dan mineral di dalam buah zuriat cocok untuk menjadikan kondisi tubuh dalam kesehatan yang selalu terjaga. Buah zuriat juga diketahui memiliki beberapa kandungan senyawa penting seperti saponin, coumarin, hydroxycinnamate , minyak esensial dan flavonoid yang cukup signifikan kadarnya.

  • Anti Hipertensi

Buah zuriat dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga cocok untuk penderita hipertensi. Buah Zuriah dapat dikonsumsi secara langsung dengan mengunyahnya pada saat masih belum terlalu matang karena ketika sudah matang buah akan mengeras.

  • Menyehatkan Sistem Reproduksi

Seperti yang dikenal di masyarakat, buah zuriat banyak digunakan sebagai salah satu herbal yang berguna untuk membantu proses mendapatkan kehamilan. Buah zuriat dapat menyehatkan sistem reproduksi bagi wanita maupun pria serta meningkatkan kualitas dari sel telur maupun sel sperma yang dihasilkan sehingga peluang terjadinya pembuahan sebagai awal proses kehamilan dapat lebih tinggi keberhasilannya.

  • Memperlancar peredaran darah

Kandungan mineral di dalam buah zuriat dapat membantu memperlancar peredaran darah di dalam tubuh. Lancarnya peredaran darah tersebut sangat penting untuk menjaga penyebaran oksigen ke seluruh organ agar dapat berkerja secara maksimal.

Selain manfaat yang ada diatas, buah zuria ternyata juga cukup baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat dan bukan termasuk buah pantangan asam urat. Selain karena tidak memiliki kandungan purin, buah zuriat dapat mencegah terjadinya kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah yang dapat memicu kenaikan kadar asam urat. Meskipun tidak ada efek langsung dalam menurunkan kadar asam urat, buah zuriat mampu menjaga tubuh lebih sehat sehingga dapat menangkal terjadinya berbagai macam permasalahan kesehatan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai buah zuriat untuk asam urat dan manfaat kesehatan lain yang dapat didapatkan serta sebagai salah satu cara menurunkan asam urat tinggi secara alami. Mengkonsumsi buah tersebut mampu mencegah terjadinya berbagai macam penyakit degeneratif dan penyakit kronis lain.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan