Sponsors Link

4 Cara Cek Asam Urat Tanpa Alat Secara Mudah

Sponsors Link

Kondisi perkembangan zaman yang semakin canggih dengan berbagai macam kemudahannya juga dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia yang semakin mudah dan rentan mengalami penyakit penyakit kronis yang berkaitan dengan gangguan metabolik. Penyakit kronis tersebut merupakan jenis penyakit yang sebenarnya lebih banyak diderita oleh orang tua karena usia dan faktor gaya hidup semasa mudanya namun sekarang di usia remaja dengan berbagai faktor yang ada sudah dapat terdiagnosis mengalami penyakit penyakit kronis tersebut.

ads

Salah satu penyakit kronis akibat gangguan metabolisme yang banyak diidap dan memiliki banyak penderita saat ini adalah hyperurisemia atau dalam istilah gampangnya adalah kondisi dimana tubuh memiliki kadar asam urat tinggi. Asam urat merupakan senyawa di dalam tubuh yang diproduksi dalam proses metabolisme. Peningkatan dan penurunan kadar asam urat di dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya berbagai macam gangguan kesehatan dan beresiko menyebabkan komplikasi asam urat dan ginjal.

Penderita penyakit asam urat atau encok biasanya akan mengalami rasa sakit pada daerah daerah sendi terutama di bagian jari jari kaki. Kondisi penyakit ini meskipun merupakan penyakit asam urat kronis namun dapat dicegah serangannya agar tidak terjadi melalui beberapa cara. Untuk dapat mengetahui seseorang mengalami kondisi peningkatan kadar asam urat maka harus ada cara pemeriksaan asam urat yang banyak dilakukan melalui laboratorium medis. Dalam pembahasan kali ini, pakarasamurat.com akan memberikan beberapa cara cek asam urat tanpa alat yang dapat dilakukan sendiri dalam penjelasan di bawah ini.

Bisakah cek asam urat tanpa alat? Pengecekan kadar asam urat tanpa alat cukup sulit dilakukan karena memang asam urat berada di dalam darah dan untuk mengetahui kadarnya secara pasti harus menggunakan alat baik secara laboratorium maupun mengunakan kit yang banyak ditemui di apotek maupun digunakan sendiri. Pemeriksaan laboratorium dipercaya lebih akurat dibandingkan dengan penggunaan alat kit sederhana. Kedua pemeriksaan tersebut membutuhkan sampel darah dari penderita sehingga cukup tidak mungkin melakukan cara cek asam urat tanpa alat.

Melihat kondisi yang dijelaskan diatas maka jika seseorang ingin mengetahui kadar asam urat maka perlu menggunakan alat baik melalui pemeriksaan laboratorium maupun mengunakan alat kit sederhana. Mengetahui kadar asam urat tanpa menggunakan alat tidak mungkin dapat dilakukan namun jika ingin mencoba mendiagnosis secara mandiri ada tidaknya penyakit asam urat pada seseorang dapat dilakukan dengan cara melihat beberapa gejala yang muncul.

Seperti penjelasan diatas, untuk mengetahui kondisi penyakit asam urat dapat dilakukan dengan cara memperhatikan gejala yang muncul. Berikut ini beberapa gejala penyakit asam urat yang dapat diperhatikan sebagai langkah diagnosis awal secara mandiri dibawah ini.

  • Nyeri Sendi, penumpukan asam urat dapat terjadi akibat kadarnya yang tinggi sehingga proses ekskresi atau pengeluaran asam urat dari dalam tubuh tidak langsung dapat terjadi. Penumpukan asam urat yang memiliki bentuk kristal jarum dapat menyebabkan munculnya nyeri pada beberapa sendi terutama terjadi di sendi sendi kaki.
  • Warna merah pada pusat nyeri, jika dilihat pada daerah pusat sendi yang mengalami nyeri tersebut dapat terlihat adanya warna kemerahan pada permukaan kulit sebagai salah satu gejala penyakit asam urat yang terlihat langsung secara visual. Warna merah bisa jadi tidak muncul pada beberapa penderita penyakit asam urat tersebut.
  • Pembengkakan di daerah sendi, kristal jarum asam urat selain dapat menyebabkan rasa nyeri yang sangat kuat juga lama kelamaan dari munculnya warna merah pada kulit dapat mengarah pada pembengkakan. Kondisi pembengkakan di daerah sendi tersebut dapat menyebabkan penderita asam urat mengalami kesulitan berjalan ataupun bergerak akibat rasa sakit dan bengkak yang dialami.
  • Sendi kaku dan susah bergerak, kondisi lainya yang dapat muncul sebagai gejala penyakit akibat peningkatan kadar asam urat adalah sendi yang kaku dan susah bergerak. Seperti pada nyeri dan pembengkakan, kondisi sendi yang kaku tersebut dapat menyebabkan munculnya kondisi susah bergerak bagi para penderita asam urat.

Itulah penjelasan mengenai cara cek asam urat tanpa alat yang perlu diperhatikan dalam ulasan diatas. Seperti penjelasan yang sudah disebutkan diatas, diketahui bahwa pengecekan kadar asam urat dalam tubuh harus melalui pemeriksaan yang menggunakan alat baik alat sederhana berupa kita maupun alat yang lebih kompleks melalui pemeriksaan laboratorium sehingga pengecekan tanpa menggunakan alat sangat tidak mungkin dilakukan.

Cara pemeriksaan asam urat dapat dilakukan secara mandiri dengan melihat gejala yang muncul dan perlu pemastiannya melalui diganosis dokter secara langsung. Penyakit asam urat sekarang ini dapat menyerang usai berapapun terutama ketika pola hidup yang dijalani sudah tidak sehat dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan