Sponsors Link

12 Cara Membuang Zat Purin dalam Tubuh Terampuh dan Cepat

Sponsors Link

Tumpukan zat purin berlebih di dalam tubuh dapat menyebabkan asam urat. Senyawa asam urat sulit untuk larut di dalam air. Oleh karena itu, jika jumlah asam urat yang terbentuk karena zat purin banyak, akan membentuk kristal asam urat. Penderita asam urat akan merasa nyeri pada bagian persendian seperti jari, sendi lutut, pergelangan kaki, dan lainnya. Umumnya, asam urat menyerang pada sendi tengah malam disertai kulit yang terasa panas, kemerahan, dan bengkak. Tanda-tanda asam urat yang lain adalah:

ads
  • Demam dengan suhu tubuh lebih dari 38ºC dan tidak turun selama tiga hari
  • Sakit tenggorokan dan lidah bewarna merah serta gusi tiba-tiba berdarah
  • Diare dan muntah

Gejala tersebut biasanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya rasa nyeri di sendi. Kadar asam urat di dalam tubuh dapat meningkat jika:

  • Adanya gangguan metabolisme purin sehingga purin mengalami peningkatan
  • Kelainan gen yang menurun mengakibatkan terjadinya aktivitas fosforibosil pirofosfat sintetase (kelainan enzim)

Oleh karena itu, zat purin yang berlebih akan mengganggu kerja tubuh dan harus dibuang. Cara membuang zat purin dalam tubuh dapat dilakukan secara medis maupun tradisional. Berikut adalah 12 cara untuk membuang zat purin dalam tubuh:

1. Menggunakan Kubis

kubisserat kubis memiliki kandungan kalium, kalsium, vitamin B1, vittamin B, zat besi, mangan dan kaolin. Kubis juga mengandung zat purin yang memicu tingginya asam urat. Namun, penggunaan purin untuk pengobatan asam urat bukan dengan dimakan melainkan digunakan seratnya.

Cara mengolahnya, cuci bersih daun kubis lalu sematkan pada sendi yang nyeri. Kubis bermanfaat untuk menyerap zat purin dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Lakukan secara rutin sampai rasa nyeri menghilang.

2. Meminum suplemen QnC Jelly Gamat

Suplemen penurun asam uratQnC Jelly Gamat juga dapat membuang zat purin di dalam tubuh. Suplemen ini terbuat dari 100% bahan herbal alami yang kandungan utamanya adalah ekstrak teripang. Riset yang dilakukan membuktikan bahwa teripang dapat mengatur kadar asam urat di dalam tubuh dan mengeluarkan zat purin yang tidak digunakan tubuh keluar melalui urine.

Selain itu, suplemen ini juga dapat menyembuhkan peradangan sendi. Suplemen ini dijual seharga Rp160.000 per botol. Dosis dari suplemen ini adalah dengan meminum cairan jeli sebanyak 2-3 sendok makan sebanyak 2 kali sehari. Tidak ada efek samping dari penggunaan suplemen ini.

3. Ramuan Melon

Buah melon adalah salah satu buah untuk asam urat yang boleh dikonsumsi. Kandungan vitamin A yang ada di dalam buah melon sangat baik untuk penderita asam urat. VItamin A memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu mempercepat peleburan zat purin dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Selain itu, melon juga mengandung antioksidan flavanoid yang dapat melindungi sel dari radikal bebas. Serat melon juga dapat membantu kerja ginjal untuk menyerap asam urat dan mengeluarkannya melalui urine. Caranya adalah dengan memotong setengah buah melon dan dihaluskan dengan blender. Rutin mengonsumsi melon dapat mencegah penumpukan zat purin.

4. Konsumsi Buah Cherry

cherrySecara rutin mengonsumsi jus buah cherry juga dapat menjadi salah satu cara membuang zat purin dalam tubuh. Buah cherry kaya akan nutrisi dan kalsium. Tujuan dari konsumsi buah cherry adalah untuk mengimbangi sifat asam zat purin yang ada di dalam darah dan membuangnya melalui urine.

Anda juga dapat mencoba cherry hitam yang mana baik untuk menurunkan risiko batu ginjal, mengurangi inflamasi, dan menurunkan kadar zat purin di dalam tubuh yang sudah dibuktikan melalui penelitian dari Arthriris & Rheumatism.

5. Suplemen Triflex Capsule

Suplemen Triflex CapsuleSuplemen ini adalah kombinasi dari tiga kandungan alami yaitu kalsium karbonat, drynaria rhizome, dan ekstrak astragalus mongholicus yang sudah teruhi dapat mengatasi berbagai macam masalah pada persendian. Suplemen ini tidak menimbulkan efek samping dan sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Suplemen Triflex Capsule dapat merangsang zat purin untuk keluar dari tubuh dengan cara menghancurkan kristal-kristal asam urat. Harga suplemen ini Rp 378.000 dan dikonsumsi dengan dosis 2 kapsul selama 2 kali sehari.

Sponsors Link

6. Menggunakan Paprika

paprikaPaprika tidak hanya dapat digunakan sebagai sayuran dan penyedap masakan tetapi juga dapat digunakan sebagai obat penurun asam urat. Hal tersebut karena paprika memiliki kandungan phytochemical dan beta-carotene yang mana dapat menjadi sumber antioksidan dan menghancurkan kelebihan zat purin yang ada di dalam tubuh. Ini berarti paprika dapat menyembuhkan sakit di area persendian dengan cara alami dan tidak ada efek samping. Caranya adalah dengan mengonsumsi paprika yang sudah direbus sebanyak satu buah setiap hari. Tentunya, Anda harus tekun dalam mengonsumsi paprika karena bahan alami tidak dapat memberikan kesembuhan secara instan.

7. Suplemen Tianshi Jiang Zhi Tea

Tianshi Jiang Zhi TeaSuplemen ini adalah salah satu cara membuang zat purin dalam tubuh. Produk ini adalah produk herbal alami dari muncord capsule dan jiang zhi tea yang kandungannya dapat mengobati asam urat sekaligus membuang kandungan purin dalam tubuh.

Suplemen ini juga dapat menangkal radikal bebas dan membuang kandungan purin di dalam tubuh. Produk ini harganya Rp430.000 dan dapat dikonsumsi sebanyak 1 – 2 kali satu hari. Caranya adalah dengan menyeduh produk ini dengan satu gelas air panas.

8. Mengonsumsi Madu

Madu mempunyai banyak khasiat untuk mengobati penyakit, salah satunya adalah asam urat. Madu dipercaya dapat membuang purin berlebih yang ada di dalam tubuh. Kandungan madu dapat membantu membuang zat purin yang berlebih dalam tubuh dan meleburkan kristal yang menumpuk di persendian. Cara mengobati asam urat dengan madu adalah dengan mengonsumsi satu sampai tiga sendok madu setiap hari. Selain itu, Anda juga harus rajin minum air putih dengan jumlah yang cukup setiap harinya.

ads

9. Menggunakan Jahe

Jahe memiliki senyawa anti inflamasi yang dapat mengatasi nyeri dan pembengkakan akibat asam urat. Anda dapat menyampurkan jahe dengan kunyit untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Caranya adalah dengan merebus jahe dan kunyit bersamaan lalu meminum air hasil rebusan secara rutin. Anda juga dapat menambahkan jahe dan kunyit di tiap masakan ataupun mengonsumsinya secara langsung. Manfaat jahe untuk asam urat yang lain adalah jahe dapat mengurangi tumpukan lemak jahat, mengurangi rasa nyeri, pereda pembengkakan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan antioksidan yang baik untuk tubuh

10. Ramuan Baking Soda

Baking SodaBaking soda mempunyai kandungan yang dapat menyeimbangkan alkalin alami di tubuh dan membuat zat purin yang ada di dalam tubuh larut dan mudah dikeluarkan melalui ginjal. Cara terapi baking soda untuk asam urat adalah dengan mencampurkan satu setengah teh baking soda dengan satu gelas air dan minum air tersebut selama dua minggu berturu-turut. Ramuan ini juga dikonsumsi selama 2 sampai 4 jam sekali. Hentikan konsumsi ramuan baking soda ini jika kadar purin sudah kembali normal.

 

11. Suplemen Ace Maxs

Suplemen Ace MaxsObat lain adalah Ace Maxs yang mana terbuat dari ekstrak daun sirsak dan kulit manggis. Daun sirsak mengandung zat aktif yang dapat menyerang kelebihan zat purin di dalam tubuh. Selain itu, kulit manggis mempunyai zat xanthone yang berfungsi mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Kandungan antioksidan yang ada di kedua bahan alami tersebut dipercaya dapat memecah kristal asam urat yang menumpuk dan mengkristal di persendian dan membuangnya melalui urine. Selain itu, kandungan protein yang ada di dalam Ace Maxs juga dapat membantu kerja ginjal menjadi lebih baik. Kandungan kalsium yang ada di dalamnya juga baik untuk memperbaiki sendi yang rusak akibat asam urat.

12. Suplemen G Sea Jelly Gamat

G Sea Jelly GamatsCara membuang zat purin dalam tubuh terakhir adalah dengan mengonsumsi suplemen G Sea Jelly Gamat. Suplemen ini dipercaya dapat mencegah pembengkakan atau tofi yang disebabkan penyakit asam urat. Suplemen ini akan membuang zat purin sehingga tidak menempel pada persendian dan mengurangi rasa sakit akibat asam urat sehingga penderita dapat beraktivitas kembali dengan normal. Suplemen G Sea Jelly Gamats ini mengandung senyawa chondroitin yang berguna untuk pengobatan asam urat. Harga satu botol suplemen ini adalah Rp185.000 dan diminum satu kapsul tiap hari.

Untuk itu, dianjurkan untuk Anda mencegah adanya penumpukan zat purin yang menyebabkan asam urat di dalam tubuh dengan cara pencegahan. Salah satu caranya adalah dengan mengatur jumlah kalori yang masuk lewat makanan atau dengan cara diet rendah purin. Syarat menu diet asam urat adalah:

  • Mengurangi zat gula (konsumsi karbohidrat)
  • Menghindari makanan yang mengandung zat purin tinggi
  • Tidak minum alkohol
  • Mencukupi kebutuhan air putih
  • Membatasi protein hingga 15% dari keseluruhan total kalori
  • Membatasi konsumsi lemak jenuh dan tidak jenuh dari 15% keseluruhan total kalori

Demikian penjelasan mengenai beberapa cara membuang zat purin dalam tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan