Sponsors Link

5 Cara Membuat Lauk untuk Penderita Asam Urat Secara Aman

Sponsors Link

Memasak makanannya sendiri merupakan hal yang perlu dilakukan oleh penderita asam urat. Selain memilih makanan rendah purin, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara memasak lauk yang baik untuk penderita penyakit asam urat.

ads

Masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan memilih menggoreng sebagai metode memasak lauk yang hendak mereka konsumsi. Bagi penderita asam urat, menggoreng merupakan salah satu metode memasak yang harus dihindari, karena makanan berminyak dan dimasak terlalu lama akan mengandung kolesterol dan lemak trans yang tinggi. Berikut ini merupakan cara membuat lauk untuk penderita asam urat:

1. Merebusnya

Cara memasak lauk yang baik untuk penderita asam urat adalah dengan merebusnya. Beberapa jenis lauk pauk yang bisa Anda rebus adalah telur, tahu, tempe, daging, atau ikan laut untuk asam urat. Anda dapat membuat tahu tempe seperti hendak disemur namun ingat dan perhatikan jumlah gula dan kecap yang Anda campurkan. Jangan campurkan bumbu berbahan sodium maupun garam terlalu banyak. Hal ini bisa jadi akan membuat kadar asam urat dalam darah Anda akan meningkat.

Merebus memang hal yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang suka memasak makanan sendiri. Selain menghindari timbulnya lemak jahat dalam makanan Anda, kegiatan merebus juga akan mempertahankan nutrisi yang ada dalam lauk pauk Anda. Ingat, jangan merebus makanan Anda terlalu lama. Selain makanan Anda akan rusak, nutrisi yang ada di dalamnya menjadi berkurang bahkan bisa jadi hilang.

2. Mengukus

Selain merebus, mengukus juga merupakan cara pilihan untuk memasak makanan Anda. Mengukus lauk seperti tahu, tempe, daging, ikan, bahkan sayur akan membuat nutrisi dalam makanan Anda tidak rusak atau hilang. Rasa yang dihasilkan oleh makanan yang dikukus pun sangat mirip dengan rasa asli bahan makanannya.

Anda dapat mengukus tahu putih seperti layaknya tukang somay. Selain simple, mengukus juga tidak akan mengandung lemak trans dalam makanan Anda. Anda juga dapat mengukus sayur mayur yang rendah purin sebagai menu diet asam urat Anda.

3. Memanggang

Jika Anda hobi memasak kue, mungkin Anda memiliki oven maupun microwave di rumah. Bagi penderita asam urat, oven dan microwave sangat berguna untuk memasak makanan Anda secara praktis namun bergizi. Anda dapat memanggang daging maupun ayam dengan bumbu yang ramah untuk asam urat Anda. Anda dapat mengganti minyak sayur dengan olive oil.

Sesuaikan jumlah lauk pauk dengan kebutuhan tubuh dan asam urat Anda. Anda tetap boleh mengonsumsi daging, maupun ikan namun sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh Anda. Konsultasikan dengan dokter tentang porsi yang baik untuk mengonsumsi daging maupun ikan yang hendak Anda konsumsi.

Sponsors Link

4. Menumis Setengah Matang

Menumis lauk yang hendak Anda makan, mungkin tetap aman bagi asam urat dalam darah. Anda dapat menggunakan minyak zaitun atau olive oil sebagai pengganti minyak sayur untuk menumis. Perhatikan waktu menumis, jangan sampai Anda menumis terlalu lama. Selain merusak nutrisi yang ada di dalamnya, menumis akan membuat makanan Anda mengandung lemak trans yang dapat memicu peningkatan kolesterol dalam darah Anda.

5. Hindari Menggoreng Lauk

Menggoreng merupakan salah satu cara membuat lauk untuk penderita asam urat yang tidak direkomendasikan. Dengan menggoreng makanan, Anda akan merusak nutrisi baik dan menambah konsentrasi lemak jenuh dan kolesterol di dalamnya. Kolesterol dan lemak merupakan zat yang harus dihindari oleh penderita asam urat, karena dapat berakibat buruk pada tubuh Anda. Hindari menggoreng tahu, tempe, daging, maupun segala jenis lauk pauk lainnya. Hal ini akan berakibat buruk pada Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat dan obesitas secara bersamaan.

Sponsors Link

Sebelum mengolah lauk pauk yang hendak Anda konsumsi, sebaiknya Anda memastikan bahwa bahan baku lauk itu masih dalam keadaan yang segar atau fresh. Anda juga harus mengonsutasikan jenis lauk pauk untuk penderita asam urat yang hendak Anda makan pada dokter pribadi Anda. Susunlah daftar menu seminggu untuk penderita asam urat.

Anda juga dapat mengganti minyak sayur dengan minyak zaitun sebagai campuran memasak lauk atau sayur. Minyak ini terbukti bermanfaat untuk penderita asam urat, jika dibandingkan dengan jenis-jenis minyak lainnya. Seimbangkanlah konsumsi air putih. Usahakan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari, Mengonsumsi makanan yang baik untuk asam urat dan mengolahnya seperti tips di atas tidak akan berguna apabila Anda kurang mengonsumsi air putih. Tubuh yang mengalami dehidrasi akan sangat mudah terserang penyakit asam urat.

Lakukanlah aktivitas yang melibatkan fisik secara langsung supaya makanan yang Anda konsumsi terbakar sempurna menjadi energi. Anda dapat melakukan kegiatan olahraga untuk menurunkan asam urat sebagai aktivitas rutin di pagi hari. Yuk mulailah gaya hidup yang sehat dari sekarang.

, , ,