Sponsors Link

3 Cara Mencegah Asam Urat Kambuh Paling Ampuh

Sponsors Link

Memiliki riwayat penyakit asam urat tidaklah menyenangkan, rasa nyeri yang sering timbul serta pengobatannya yang butuh kesabaran membuat sebagian penderita putus asa. Tindakan medis pun tidak sedikit mengeluarkan dana yang besar, belum lagi jika penyakit sudah masuk tahap kronis dibutuhkan treatment khusus. Oleh karena itu ada baiknya sebelum mengobati kita harus tahu dan peka dengan kesehatan kita saat ini.

ads

Semua penyakit memang bisa diobati, namun alangkah baiknya mencegah lebih baik daripada mengobati. Semakin berkembangnya teknologi semakin modern peralatan medis untuk mengobati penyakit ini. Sebelum melakukan tindakan pengobatan alangkah baiknya Anda flash back bagaimana pola hidup Anda sebelumnya. Jika pola makan dan minum Anda tidak diperhatikan, kemungkinan penyakit apapun akan senang datang menghampiri. Pola hidup sehat dengan menjaga asupan makanan dan minuman, menjaga rutinitas berolahraga juga menjauhi minuman beralkohol, begadang bisa memicu terjadi penyakit asam urat ditambah memiliki faktor genentik penyakit ini.

Sebagai pencegahan Anda bisa melakukan banyak cara, salah satunya menghindari makanan yang menyebabkan timbulnya penyakit ini. Berikut referensi beberapa cara mencegah asam urat kambuh yang bisa dilakukan di rumah: 

1. Pencegahan dengan Pola Hidup Sehat

Untuk menjaga kesehatan tubuh tidak cukup dengan makan banyak dan makan enak, melainkan lihat nilai gizi serta kandungan yang terdapat dalam makanan maupun minuman itu sendiri. Dengan melakukan gaya hidup sehat tentu merupakan nikmat hidup yang perlu disyukuri. Apa saja yang harus dihindari untuk mencegah datangnya gejala asam urat? Berikut hal-hal yang perlu Anda lakukan:

  • Perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral dan serat, seperti sayuran dan buah segar. Karena makanan-makanan tersebut dapat melancarkan metabolisme dan proses sirkulasi. Hindari jeroan, sumber protein hewani seperti udang, kepiting, kuning telur, daging sapi, kambing. Kurangi makanan yang terlalu manis seperti permen, gulali, sirup, manisan dan pemanis buatan.
  • Perbanyak konsumsi air putih, minimal 8 gelas / hari.
  • Makan buah untuk asam urat yang mengandung vitamin C dan karbohidrat kompleks seperti jeruk, strawberi, roti, ubi, singkong dan nasi.
  • Konsumsi sayur untuk asam urat yang dianjurkan seperti sawi putih, belimbing sayur, sawi hijau, tomat, dan jahe, serta hindari sayuran penyebab asam urat. 
  • Hindari minum obat-obatan seperti aspirin dan obat kimia yang tidak dianjurkan.

2. Pencegahan dari Gaya Hidup

Beberapa faktor yang menyebabkan parahnya penyakit asam urat, selain makanan dan minuman ternyata pola hidup atau gaya hidup tidak sehat bisa memicu kambuhnya penyakit gout. Berikut yang harus dihindari jika Anda ingin sehat dan bugar :

  • Hindari terlalu lama begadang, karena ini menyebabkan Anda cepat lelah dan stamina menjadi berkurang.
  • Hindari merokok yang berlebihan.
  • Hindari minuman yang mengandung alkohol baik kadar rendah maupun kadar tinggi.
  • Rajinlah berolahraga untuk menjaga stamina dan tubuh Anda bugar dan segar.
  • Kurangi kerja terlalu keras atau berlebihan.
  • Ukur berat badan Anda, jika dirasa terlalu berlebihan lakukan dengan olahraga dan diet sehat.
  • Hindari stress dan berpikirlah positif.

3. Pencegahan Menggunakan Bahan Alami

Sebelum Anda melakukan tindakan medis, alangkah baiknya mencoba cara dari beberapa bahan alami yang sudah tersedia di alam. Namun jika memang kondisi penyakit Anda sudah kronis dianjurkan untuk segera memeriksakan ke dokter. Bahan makanan dari alam bisa didapatkan dari seperti tumbuhan sekitar rumah Anda yaitu:

Sponsors Link

  • Jahe
  • Ekstrak kulit manggis
  • Rebusan daun salam
  • Minyak cengkeh

Dengan rajin mengolah bahan tersebut menjadi minuman atau olahan lainnya dapat mencegah gejala gout terjadi, serta paling tidak bisa meringankan gejala asam urat pada kaki, tangan, leher dan bagian tubuh lainnya. Dan juga akan memudahkan Anda beraktivitas secara normal. Saat Anda terus menerus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin pada saat Anda merasakan gejala asam urat maka apapun cara pencegahan yang Anda lakukan maka akan sia-sia saja. Karena zat purin tersebutlah yang menjadi sumber penyakit gout Anda.

Cara mencegah asam urat kambuh lainnya adalah Anda juga harus sadar bahwa Anda tidak sesehat dulu lagi, jadi jangan mencoba untuk melanggar larangan yang harus dilakukan dalam cara mencegah asam urat menjadi tinggi. Pada saat Anda terkena asam urat, ada banyak makanan yang tidak lagi bisa Anda konsumsi agar karena makanan itu mengandung zat purin.

Bagi Anda yang memiliki hidup sehat dengan sering mengkonsumsi bahan alami, ini bisa lebih baik lagi. Karena bahan alam memberikan efek menyehatkan secara alami dan tanpa efek samping. Biasanya jamu-jamuan yang ada bisa dijadikan alternatif untuk pola makan dan minum Anda sehari-hari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan