Sponsors Link

12 Cara Mengatasi Asam Urat di Kaki dan Cara Mencegahnya

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang bagian persendian akibat tingginya kadar asam urat yang ada dalam tubuh Anda. Tingginya asam urat dapat membuat pengkristalan asam urat di area-area persendian tertentu di bagian tubuh Anda. Salah satu bagian yang sering terserang asam urat adalah bagian persendian kaki, tepatnya bagian jempol. Apabila Anda terserang asam urat di bagian ini, Anda akan merasakan sakit dan nyeri di area persendian, sendi Anda akan terlihat memerah dan membengkak.

ads

Baca juga:

Rasa sakit dan nyeri akibat asam urat ini tidak mudah untuk dihilangkan begitu saja dalam waktu yang singkat, namun Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi asam urat di bagian kaki Anda:

1. Mengurangi rasa sakitnya

Cara mengatasi asam urat di kaki yang pertama adalah mengurangi rasa sakitnya. Apabila Anda baru sekali merasakan sakit yang luar biasa pada persendian kaki Anda akibat asam urat, Anda dapat meminum obat pereda rasa nyeri sementara yang ada di kotak P3K rumah Anda, seperti Ibuprofen (Motrin, Advil) atau Naproven (Aleve). Obat-obatan jenis tersebut mampu mengurangi rasa nyeri di persendian Anda sementara, atau Anda bisa menyebutnya sebagai pertolongan pertama di kala asam urat Anda kumat.

Hindari Aspirin, karena jenis obat ini dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh Anda meningkat. Namun apabila Anda merupakan pasien asam urat, maka Anda dapat mengonsumsi obat yang diberikan dokter. Meminum obat dapat mengurangi rasa nyeri dan sakit akibat tingginya asam urat pada persendian kaki Anda. Baca juga: Obat Asam Urat di Apotik.

2. Kompres bagian sendi yang terasa sakit

Rasa nyeri dan sakit akibat asam urat pada kaki, biasanya disertai dengan sendi yang merah serta pembengkakan di daerah sekitar persendian. Untuk meredakan rasa sakit dan nyeri pasca pertolongan pertama, Anda dapat mencoba mengompresnya dengan air dingin atau es batu pada area sendi yang bengkak. Siapkanlah handuk atau kain katun untuk membungkus es batu, kemudian tempelkanlah bungkusan tersebut pada sendi Anda yang bengkak secara perlahan.

Kompreslah area persendian kaki Anda yang terasa sakit dengan bungkusan handuk dan es batu tersebut selama 20 – 30 menit dalam sekali kompres. Anda dapat mengulangi treatment ini 2 hingga 3 kali sehari. Kompresan ini akan berguna untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit, serta mengurangi pembengkakan di area persendian Anda. Baca juga: Cara Pijat Penyakit Asam Urat.

3. Gunakanlah tongkat

Asam urat umumnya akan menyerang bagian persendian jempol kaki, sehingga akan mengakibatkan pembengkakan di area punggung kaki yang disertai warna kemerahan dan nyeri tak tertahankan. Apabila Anda asam urat Anda sedang tinggi dan mengakibatkan pembengkakan dan rasa nyeri di area kaki, maka Anda dapat menggunakan tongkat sebagai bantuan Anda ketika berjalan. Tongkat ini akan berguna untuk membantu menopang tubuh Anda, sehingga kaki yang bengkak akibat asam urat akan terjaga dari tekanan yang berlebihan ketika berjalan.

Hindarilah beban yang terlalu berat ketika persendian kaki Anda terasa nyeri dan sakit. Hal ini dapat memperburuk keadaan sendi Anda, bisa jadi sendi Anda menjadi tambah bengkak dan terasa sangat sakit akibat tekanan yang Anda berikan padanya. Baca juga: Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami.

4. Membuat kaos kaki khusus

Jika Anda termasuk orang yang memiliki kebiasaan menggunakan kaos kaki setiap hari, maka hal ini akan menjadi sangat tidak nyaman ketika Anda mengalami sakit dan nyeri di area persendian di kaki Anda. Area sendi yang bengkak akan membuat Anda frustrasi karena kesulitan memakai kaos kaki. Memang bukan kesulitan yang luar biasa, namun tekanan yang ditimbulkan akibat pemakaian kaos kaki di area sendi yang bengkak akan menekan area persendian Anda, dan menambah rasa sakit serta nyeri yang Anda rasakan.

Sponsors Link

Solusi yang terbaik adalah hentikan penggunaan kaos kaki untuk sementara atau buatlah kaos kaki khusus untuk kaki Anda yang terasa sakit akibat asam urat. Lubangilah area kaos kaki yang dapat menekan persendian Anda yang tengah merasakan nyeri dan bengkak. Pilihlah sepatu atau alas kaki yang nyaman untuk dipakai, sehingga persendian kaki Anda tidak akan mengalami tekanan berlebihan. Baca juga: Komplikasi Asam Urat.

5. Posisikan kaki di tempat yang lebih tinggi

Pembengkakan sendi pada kaki tentu akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, bahkan saat Anda tidur pun tentunya merasa sangat tidak nyaman. Apabila Anda tengah merasakan sakit di area persendian kaki akibat asam urat dan merasa sangat tidak nyaman menjelang waktu tidur Anda maka Anda dapat mencoba cara ini. Letakkanlah kaki Anda yang bengkak di atas 2 atau 3 bantal yang ditumpuk. Tidak perlu tumpukan bantal yang tinggi, asalkan Anda merasa nyaman dan kaki Anda berada di tempat yang lebih tinggi daripada dada Anda sewaktu tiduran. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan area sendi kaki Anda, dan menghindari tekanan akibat gerakan yang Anda buat sewaktu Anda tertidur. Baca juga: Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat.

6. Mengatur posisi selimut

Selain mengatur posisi atau tempat untuk kaki Anda yang sedang mengalami pembengkakan di area persendian akibat asam urat, tampaknya Anda juga perlu mengatur posisi selimut atau bed cover yang Anda gunakan untuk tidur. Rasa sakit dan nyeri, persendian memerah, serta pembengkakan akan sangat menyiksa Anda, apabila bagian tersebut tertindih atau terlilit selimut yang biasa Anda gunakan ketika tidur.

ads

Bagian sendi yang bengkak akan semakin membengkak dan terasa sangat sakit apabila ditambah dengan tekanan yang diberikan oleh lilitan selimut Anda selama semalaman. Hindarilah pemakaian selimut tebal untuk mengantisipasi hal tersebut, atau usahakan selimut yang Anda gunakan menjuntai ke bawah tanpa menyentuh kaki Anda yang sedang sakit. Baca juga: Penyebab Asam Urat Sering Kambuh.

7. Rileks

Kebanyakan penderita asam urat yang baru pertama kali merasakan sakit di area persendiannya akan terus-menerus mengeluh kesakitan dan panik karena melihat kakinya yang bengkak dan memerah. Rileks merupakan cara yang seharusnya Anda lakukan ketika Anda merasa nyeri di area persendian Anda. Lepaskan sepatu maupun benda-benda lain yang menekan persendian Anda yang terasa nyeri dan mulai memerah. Lakukan pertolongan pertama pada asam urat dengan meminum obat pereda rasa nyeri untuk mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan.

Lakukanlah tindakan di atas untuk mengurangi atau meredakan rasa sakit yang Anda rasakan. Hindari stress akibat rasa sakit yang Anda rasakan, karena stress dapat menghambat kesembuhan Anda. Buatlah diri Anda bahagia meskipun Anda tengah merasakan sakit akibat pembengkakan sendi di kaki Anda. Baca juga: Obat Oles untuk Asam Urat.

8. Perbanyak minum air putih

Tingginya kadar asam urat yang ada dalam tubuh Anda dapat memicu rasa nyeri dan sakit di area persendian Anda menjadi makin parah. Konsumsilah air putih 8 – 16 gelas per hari untuk membantu tubuh menetralisir tingginya zat asam urat yang ada di tubuh dan persendian Anda. Air yang Anda konsumsi ini juga berguna untuk mencegah munculnya batu ginjal. Hindari konsumsi makanan maupun minuman manis kaya fruktosa, serta makanan yang tinggi zat purin seperti jerohan, beberapa jenis sayuran, ikan, serta daging dan biji-bijian yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat. Baca juga: Makanan dan Minuman untuk Penderita Asam Urat.

9. Hubungi dokter

Untuk mencegah hal yang lebih buruk, Anda dapat menghubungi dokter untuk menanyakan dan melakukan penanganan yang tepat untuk Anda. Rasa sakit dan nyeri akibat asam urat memang tidak bisa dihilangkan begitu saja, mungkin butuh waktu sehari hingga dua hari apabila kaki Anda sudah menunjukkan tanda-tanda pembengkakan. Anda harus segera menghubungi dokter untuk mengonsultasikan keadaan Anda, apalagi jika rasa sakit Anda kian memburuk dan tidak menunjukkan tanda-tanda kesembuhan. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk mengurangi atau menghilangkan rasa sakit yang Anda rasakan akibat asam urat. Untuk itu, jangan pernah merasa malu untuk datang ke dokter untuk mengecek kesehatan serta kadar asam urat yang Anda miliki, apabila Anda memang memiliki riwayat penyakit asam urat.

Baca juga:

Apabila Anda merupakan penderita asam urat, tentunya Anda sudah mengetahui, bahwa rasa sakit di area persendian akibat tingginya kadar asam urat dalam tubuh Anda sangat menyiksa dan mengganggu kegiatan sehari-hari Anda. Untuk itu, melakukan pencegahan lebih baik daripada mengobati, Anda dapat melakukan pencegahan sederhana supaya persendian Anda tidak terserang asam urat. Berikut cara pencegahan yang dapat dilakukan:

  • Anda dapat menjaga berat badan Anda dengan menjaga pola makanan yang Anda miliki. Berat badan yang ideal dan proporsional tentu saja tidak akan membuat persendian kaki Anda terasa tersiksa saat Anda berjalan maupun berdiri terlalu lama. Menjaga berat badan berarti menjaga pola makan juga, maka hindari makanan tinggi kalori, lemak, dan jangan lupa hindari makanan berzat purin tinggi juga ya.
  • Rawatlah persendian Anda dengan olahraga, makanan bernutrisi cukup, dan minuman kaya kalsium. Anda dapat mengonsumsi susu rendah lemak untuk menjaga tulang Anda. Olahraga juga dapat menjaga kesehatan persendian serta kebugaran jasmani Anda.
  • Konsumsilah air putih untuk menjaga kesehatan ginjal Anda, karena air putih mampu menetralisir zat purin yang masuk melalui makanan yang Anda konsumsi. Selain itu Anda dapat menyimak tulisan ini untuk memahami pencegahan rasa sakit akibat serangan asam urat.

Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi asam urat di kaki serta pencegahan yang dapat Anda lakukan. Jangan pernah lelah untuk menjaga kesehatan Anda sendiri, karena sehat itu mahal harganya. Semoga bermanfaat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan