Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Asam Urat Pada Ibu Hamil Sangat Dianjurkan

Sponsors Link

Asam urat pada ibu hamil adalah penyakit yang saat ini sangat rentan muncul. Hal ini disebabkan karena gaya dan pola hidup yang semakin buruk. Pada umumnya, asam urat adalah hal yang biasa di alami oleh banyak orang karena penumpukan purin dalam tubuh yang terlalu berlebihan. Penyakit asam urat yang menyerang ibu hamil, adalah hal yang perlu diwaspadai sebab penyakit ini dapat membahayakan pada keselamatan ibu dan janin nya jika tidak segera di atasi. Oleh sebab itu, sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi sebaiknya jika ada peningkatan asam urat saat hamil, Anda segera mengatasinya.

ads

Berikut adalah cara mengatasi asam urat pada ibu hamil:

1. Perbanyak lah konsumsi air putih

Fungsi air bagi tubuh adalah untuk memperlancar aliran darah di dalam tubuh, dan juga nutrisi yang di dilarutkan di dalam nya hingga tubuh bisa mendapat asupan energi yang seimbang. Air juga dapat membantu kadar asam urat yang berlebihan untuk dikeluarkan dalam bentuk urin. Karena kadar asam urat yang terlalu berlebihan akan dilarutkan dalam darah dan akan di salurkan dengan merata pada tubuh tanpa adanya penumpukan pada satu tempat.

2. Hindari makanan yang terlalu banyak memiliki kandungan purin

Zat purin adalah penyakit yang dapat menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh menjadi sangat berlebihan. Sehingga jika sudah begitu seharusnya kadar asam urat dalam tubuh segera di kurangi, terutama bagi Anda yang sedang hamil. Purin tinggi pada tubuh biasanya disebabkan karena konsumsi makanan yang terlalu berlebihan memiliki kandungan purin nya. Oleh sebab itu sebaiknya Anda menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat, dan menggantinya dengan makanan rendah purin dan menyehatkan untuk kehamilan. Beberapa makanan yang bisa Anda hindari seperti kangkung, singkong, bayam, buncis, kol, asaparagus, alpukat, nanas, durian, alkohol dan juga bir.

Sponsors Link

3. Jagalah pola makan dan istirahat dengan cukup

Cara mengatasi asam urat selanjutnya pada ibu hamil adalah mengatur pola makan dan beristirahat dengan baik. Mengatur pola makan artinya, Anda benar-benar jangan membiarkan perut dalam keadaan kosong atau terlalu kenyang berlebihan. Ikuti juga dengan istirahat secukupnya agar kondisi bayi dalam kandungan tetap dalam keadaan sehat.

4. Berkonsultasi pada dokter

Jika kadar asam urat dalam tubuh Anda meningkat saat masa kehamilan, sebaiknya Anda juga segera berkonsultasi pada dokter. Dokter akan memberikan penanganan yang tepat agar kondisi asam urat tidak membahayakan pada kondisi ibu dan janin nya. Anda juga sebaiknya tidak mengkonsumsi sembarangan obat sebelum dokter meresepkan nya.

5. Mengkonsumsi obat herbal untuk asam urat yang tidak membahayakan

Anda juga bisa mengatasi asam urat dengan mengkonsumsi obat herbal, namun dengan catatan jika Anda sudah berkonsultasi pada dokter. Beberapa obat herbal yang dinilai sangat mampu mengatasi asam urat seperti ramuan daun salam, sambiloto, kumis kucing, sidanguri dan binahong. Semuanya terbuat dari tanaman obat yang tidak akan membahayakan dan akan membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh secara bertahap. Jika obat medis memiliki efek samping, penggunaan obat herbal biasanya tidak begitu mempunyai efek samping karena bahan dasarnya sangatlah alami.

6. Kenali lah gejala asam urat

Anda juga sebaiknya mengenali gejala apa saja yang timbul saat asam urat sedang tinggi. Dengan ini, Anda dapat mengetahui kondisi asam urat dengan cepat dan bisa segera mengatasinya agar tidak semakin parah. Beberapa gejala seperti nyeri sendi, hingga sendi tidak dapat digerakkan bisa menjadi salah satu gejala asam urat yang sering di alami.

7. Melakukan olahraga ringan

Berolahraga dapat menjadi salah satu cara menyembuhkan asam urat tanpa obat paling ampuh yang dapat mencegah terjadinya asam urat dalam tubuh, khususnya pada ibu yang sedang hamil. Olahraga adalah salah satu gerakan untuk membakar kadar lemak dalam tubuh dan membantu mengubahnya menjadi otot sehingga akan baik untuk perkembangan bayi dalam kandungan. Namun sebaiknya Anda juga tidak melakukan olahraga yang memberatkan, karena bisa saja mengganggu pada kesehatan dan perkembangan bayi. Anda bisa coba melakukan senam khusus ibu hamil atau melakukan yoga yang tidak terlalu berat.

Itulah 7 cara mengatasi asam urat pada ibu hamil sangat dianjurkan. Anda bisa melakukan beberapa hal di atas sebelum atau saat sedang dalam masa kehamilan. Pastikan hal yang akan Anda lakukan tidak membahayakan pada kondisi bayi di dalam kandungan.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan