Sponsors Link

Cara Menggunakan Alat Cek Asam Urat dengan Benar

Sponsors Link

alat cek asam uratMelakukan cek asam urat dalam darah merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh para penderita asam urat. Apabila Anda mengonsumsi makanan penyebab asam urat tinggi dan lupa mengecek asam urat, bisa jadi Anda akan merasakan serangan penyakit asam urat secara tiba-tiba.

ads

Perkembangan teknologi yang sangat pesat sekarang ini akan mempermudah Anda dalam melakukan segala sesuatu sendiri, termasuk melakukan cek asam urat dalam darah Anda. Dengan memiliki alat cek asam urat dan mengetahui cara pemakaiannya, Anda dapat melakukan cek asam urat sendiri. Selain menghemat waktu, Anda juga akan menghemat biaya yang seharusnya Anda keluarkan untuk melakukan cek asam urat di rumah sakit maupun klinik di sekitar rumah Anda.

Alat cek asam urat biasanya disertai dengan cek kolesterol dan gula darah. Jadi, selain bisa mengecek kadar asam urat, Anda juga dapat mengecek gula darah dan kolesterol juga. Biasanya alat ini dijual di apotik maupun situs belanja online dengan berbagai merk. Merk alat cek asam urat yang paling familiar adalah FamilyDr, GCU Multicheck 3in1 dan Nesco Multicheck 3in1. Berikut ini merupakan cara menggunakan alat cek asam urat dan tips yang dapat Anda lakukan supaya hasil cek asam urat Anda akurat:

  1. Pasang baterai pada monitor
  2. Tekan tombol on/off yang ada di sekitar monitor
  3. Pasang blood lancets pada pen lancets. Buka penutup blood lancetsnya dan tutup pen lancetsnya seperti semula.
  4. Ambil chip asam urat yang sudah disediakan dalam paket penjualan.
  5. Masukkan chip tersebut pada monitor alat check nya (Easy Touch GCU).
  6. Apabila mucul tulisan “error”, biasa jadi alat cek Anda sudah rusak.
  7. Pasang test strips pada monitornya juga, pastikan test strips ini sudah terpasang dengan tepat sehingga tampilan di monitor akan menunjukkan gambar pengambilan darah.
  8. Siapkan salah satu jari tangan yang hendak Anda ambil darahnya.
  9. Bersihkan menggunakan kapas yang telah ditetesi alkohol.
  10. Atur ketajaman pen lancets dengan menggunakan putaran yang sudah tersedia di bagian dekat jarum keluar. Tekan tombol bagian atasnya hingga berbunyi ‘klik’.
  11. Ambil sedikit darah menggunakan pen lancets, kemudian teteskan pada bagian samping test strips. Pastikan darah Anda menetes tepat di penampungan darah yang ada di test strips.
  12. Tunggulah hasilnya selama 10-20 detik.
  13. Hasil akan muncul di monitor.
  14. Bersihkan kembali blood lancets dan test strips dengan alkohol yang diteteskan pada kapas.
  15. Perhatikan masa berlaku pada test strip dan chipnya. Gunakanlah pada saat masa sebelum kadaluwarsa.

Batas kadar asam urat normal dalam darah:

  • Untuk Perempuan, kadar asam urat termasuk dalam kategori normal apabila hasil cek menunjukkan angka 2,4 hingga 6,0 mg/dl.
  • Untuk laki-laki, kadar asam urat yang termasuk dalam kategori normal apabila hasil cek menunjukkan angka 3,4 hingga 7,0 mg/dl.
  • Untuk anak-anak, kadar asam urat yang termasuk dalam kategori normal apabila hasil cek menunjukkan angka 2,0 hingga 5,5 mg/dl.
Sponsors Link

Tips yang Harus Dilakukan Menjelang Cek Asam Urat dan Setelahnya

Sebelum melakukan cek kadar asam urat, ada baiknya Anda melakukan hal ini supaya hasil cek Anda maksimal dan akurat.

  • Puasa di Malam hari 

Lakukanlah puasa di malam hari selama 5-8 jam. Jangan mengonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung glukosa maupun zat lain. Usahakan minum air putih saja bila diperlukan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa cek asam urat Anda tidak dipengaruhi oleh konsumsi makanan sebelum Anda melakukan cek sehingga hasil cek yang didapatkan merupakan hasil yang akurat. Kandungan gizi yang ada dalam makanan yang Anda konsumsi sebelum pengecekan berlangsung akan berdampak pada kadar gula, lemak, dan zat besi yang ada dalam darah Anda.

  • Hindari Beraktivitas Berat

Hindari akitvitas berat selama puasa, merokok, makan permen, minum alkohol maupun mengonsumsi obat-obatan. Hal ini akan berpengaruh pada darah Anda. Satu-satunya minuman yang boleh Anda konsumsi ialah air putih. Konsumsilah air putih secara cukup sehingga Anda akan sedikit terhidrasi. Hasil pengecekan darah saat Anda mengalami hidrasi akan menghasilkan gambaran yang benar dan akurat.

Sponsors Link

  • Lakukan Cek di Pagi Hari 

Lakukan cek asam urat di pagi hari, sekitar jam 07.00-08.00, dimana tubuh Anda belum terlalu banyak melakukan aktivitas. Pada pagi hari, tubuh Anda mengalami keadaan yang disebut sebagai basal. Keadaan basal tubuh saat pagi hari akan membuat hasil cek asam urat menjadi lebih akurat dan maksimal. Tubuh Anda belum terlalu banyak melakukan aktivitas dan belum lelah sehingga dapat disimpulkan bahwa pagi hari merupakan waktu terbaik untuk melakukan cek asam urat.

Setelah Anda melakukan cek asam urat dan mengetahui hasilnya, Anda dapat kembali mengonsumi sayuran rendah purin dan buah untuk asam urat. Anda juga bisa mengonsumsi telur rebus sebagai asupan protein untuk tubuh Anda. Jangan lupa minum banyak air putih dan susu rendah lemak untuk mengembalikan energi Anda selepas puasa. Anda juga dapat kembali mengonsumsi obat asam urat di apotik kembali, selepas Anda melakukan cek asam urat. Semoga artikel cara menggunakan alat cek asam urat ini dapat membantu dan bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan