Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Benjolan Asam Urat Alami Paling Ampuh

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan suatu peradangan yang terjadi pada sendi. Penyebab asam urat adalah karena peningkatan zat asam yang akan membuat rasa nyeri dan bengkak pada persendian akibat tusukan kristal asam urat yang terbentuk. Saat peningkatan kadar asam urat dalam tubuh dibiarkan dalam waktu lama, maka akan terbentuk tofus. Tofus adalah benjolan yang berisi kristal asam urat dan berupa gumpalan kecil yang dibalik kulitnya berwarna putih atau kuning. Jika tofus ini dibiarkan dalam waktu lama maka akan sedikit membahayakan karena kemungkinan dokter akan mempertimbangkan tindakan bedah. Sehingga ada baiknya, jika tofus masih dalam keadaan kecil segeralah diobati. Berikut adalah 8 cara menghilangkan benjolan asam urat alami paling ampuh:

ads

1. Sirsak

Cara alami mengobati tofus asam urat adalah dengan menggunakan daun sirsak. Daun sirsak memiliki kandungan yang bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Sehingga sirsak dinilai mampu mengeluarkan kadar asam urat dalam persendian secara bertahap. Daun sirsak juga berfungsi untuk meredakan rasa nyeri yang timbul akibat pembengkakan pada sendi. Untuk mengkonsumsi daun sirsak sebagai obat tofus, Anda bisa menyiapkan 4-10 lembar daun sirsak, kemudian direbus. Air rebusan daun sirsak bisa Anda minum dengan rutin.

2. Jahe

Jahe adalah bahan alami lain yang bisa mengobati tofus. Kandungan jahe dapat mengobati adanya peradangan pada bagian sendi, dan membuat benjolan tofus secara perlahan berkurang. Untuk mengkonsumsi jahe, Anda bisa membuatnya menjadi wedang jahe lalu diminum dengan rutin. Minum pada pagi dan malam hari agar pengobatannya bisa berjalan dengan efektif.

3. Cengkeh

Obat herbal untuk asam urat selanjutnya yaitu cengkeh. Cengkeh juga dinilai mampu menurunkan adanya kadar asam urat tinggi dan mengurangi rasa nyeri pada bagian benjolan atau tofus. Anda bisa mengolah menjadi obat oles untuk asam urat. Tumbuk cengkeh dan campur kan juga tumbuk kan jahe. Campuran jahe dan cengkeh bisa Anda oleskan pada bagian tofus yang terasa sakit. Secara perlahan obat oles ini akan membantu mengempeskan tofus.

4. Sidagur

Selanjutnya adalah sidaguri, salah satu jenis tanaman yang bisa mengobati tofus secara alami. Kandungan dalam sidaguri bermanfaat untuk meredakan radang pada bagian tofus, meluruh kan kecing dan juga mengurangi rasa nyeri karena asam urat. Anda bisa mengkonsumsi sidaguri dalam bentuk kering. Selain dapat dimanfaatkan rebusan airnya, Anda juga bisa memanfaatkan sidaguri untuk obat oles dengan cara menumbuknya kemudian dioleskan pada benjolan tofus nya.

5. Daun salam

Daun salah adalah salah satu tanaman yang biasa dijadikan penyedap masakan. Namun tahukah Anda? Daun salam memiliki kandungan flavonoid yang dapat mengobati adanya peradangan dan mencegah adanya radikal bebas karena asam urat. Untuk mengkonsumsi daun salam sebagai obat, Anda harus menyediakan 15-20 daun salam kemudian direbus. Air hasil rebusan nya bisa Anda minum dengan rutin.

6. Bidara

Tanaman obat yang dapat menyembuhkan tofus selanjutnya adalah daun bidara. Sama hal nya seperti daun salam, bida juga memiliki kandungan flavonoid yang dapat mengobati peradangan pada sendi yang membuat benjolan tofus karena penumpukan kadar asam urat. Untuk mengkonsumsi bidara sebagai obat, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan yaitu 10 gram bidara, 10 gram temulawak, 1 gram lada dan 9 gram kompfey. Semua bahan bisa dicampurkan menjadi 1, kemudian direbus. Air rebusan nya bisa Anda konsumsi pada pagi, siang dan malam hari.

Sponsors Link

7. Kumis kucing

Tanaman selanjutnya yang memiliki kandungan flavonoid yang dapat mengobati peradangan adalah kumis kucing. Selain flavonoid, kumis kucing juga mempunyai kandungan orthosiphonin yang bisa membantu mengeluarkan kelebihan zat asam urat dalam tubuh. Sifat diuretik kumis kucing juga bisa melarutkan kristal asam urat yang dapat menyebabkan tofus. Untuk mengkonsumsinya sebagai obat, Anda bisa merebus kumis kucing di campurkan dengan beberapa lembar daun meniran. Air rebusannya bisa Anda konsumsi dengan rutin

8.  Pare

Selanjutnya adalah pare, baik buah atau daun nya keduanya dapat dikonsumsi untuk mengobati tofus dan menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Anda tinggal mengolah daun pare menjadi rebusan air, dan buahnya tinggal dimasak atau dijadikan jus. Konsumsi dengan rutin agar tofus secara perlahan dapat mengempes.

Itulah adalah 8 cara menghilangkan benjolan asam urat alami paling ampuh yang bisa Anda ketahui dan Anda lakukan sendiri di rumah. Karena tofus diakibatkan oleh peradangan asam urat dan purin yang menumpuk pada sendi, Anda bisa melakukan pengobatan alami ini dibarengi dengan melakukan diet rendah purin dan menghindari pantangan makanan bagi penderita asam urat. Dengan begitu kondisi tofus Anda tidak semakin membengkak.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal, Pengobatan