Sponsors Link

Cara Mengobati Asam Urat dengan Cocor Bebek Paling Ampuh

Sponsors Link

cocor bebekPenderita asam urat tentunya akan merasa kesakitan ketika rasa nyeri pada persendian mulai kambuh. Terutama asam urat yang tumbuh pada bagian pergelangan kaki ataupun bagian yang menjadi tumpuan untuk berdiri. Mengalami rasa sakit asam urat yang berlebihan akan membuat penderitanya merasa tersiksa sehingga penderita asam urat mencari berbagai obat asam urat di apotik dan juga tanaman herbal yang dipercaya dapat menghilangkan rasa nyeri karena asam urat dan juga menyembuhkan penyakit asam urat.

ads

Salah satu jenis tanaman obat yang dipercaya ampuh mengobati penyakit asam urat yaitu tanaman cocor bebek. Cocor bebek merupakan tanaman yang berasal dari Madagascar akan tetapi tanaman cocor bebek dapat tumbuh dengan subur di Indonesia. Tanaman cocor bebek merupakan tanaman obat asam urat dan rematik mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan selain untuk asam urat hal ini disebabkan pada daun cocor bebek terdapat banyak sekali kandungan yang baik untuk kesehatan seperti zat lendir, kalsium, dll. Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai cara mengobati asam urat dengan cocor bebek, berikut ini adalah pembahasannya.

Kandungan Cocor Bebek

Cocor bebek atau Kalachoe pinnata syn merupakan tanaman dengan daun berwarna hijau. Bagian dari tanaman cocor bebek yang sering dijadikan sebagai obat tradisional yaitu bagian daun. Daun cocor bebek mempunyai bentuk yang bergelombang, lonjong dan ada beberapa yang berbentuk membulat. Daun cocor bebek tumbuh dengan panjang 5 cm hingga 20 cm dan lebar 2 cm hingga 15 cm.

Cocor bebek telah dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit sejak dahulu dan banyak digunakan di China. Beberapa khasiat dari cocor bebek yaitu dapat dijadikan obat untuk lambung, sakit gigi, disentri, bisul, obat anti bakteri dan masih banyak lagi. Lalu apa saja kandungan yang ada pada cocor bebek sehingga tanaman hias ini dapat berfungsi sebagai tanaman obat dalam penanganan asam urat secara tradisional juga, berikut ini kandungan yang ada pada tanaman cocor bebek:

  • Zat lendir
  • Glikosida
  • Damar
  • Magnesium malat
  • Biofilin
  • Oksalat
  • Asam Formiat
  • Kalsium
  • Tanin

Asam urat disebabkan karena adanya zat purin yang berlebih. Kandungan senyawa pada cocor bebek mempunyai khasiat menghancurkan zat purin yang mengkristal yang merupakan penyebab asam urat paling utama. Selain itu senyawa yang ada pada cocor bebek mempunyai khasiat sebagai anti bakteri, anti radang, dll. Senyawa tersebut akan memberikan khasiat menyembuhkan infeksi yang terjadi akibat zat purin yang menumpuk. Salah satu sifat istimewa dari cocor bebek yaitu astrigen. Sifat astrigen berfungsi sebagai penetral dan membantu melancarkan sistem peredaran darah yang mengalami pembengkakan dan juga mengobati peradangan yang terjadi pada persendian Anda.

Cara Mengolah Cocor Bebek untuk Asam Urat

Cara mengobati penyakit asam urat dengan cocor bebek yaitu dengan membuat ramuan tradisional yang mempunyai bahan dasar daun cocor bebek. Cara pembuatan obat tradisionalnya pun dapat di bilang simpel dan mudah untuk dilakukan. Berikut ini cara mengolah cocor bebek untuk mengobati asam urat:

Sponsors Link

  1. Siapkan beberapa daun cocor bebek, pastikan untuk selalu menyuci daun cocor bebek hingga bersih
  2. Setelah daun cocor bebek dicuci hingga bersih maka jemur daun cocor bebek ditempat yang terdapat sinar matahari yang cukup tunggu hingga daun cocor bebek kering.
  3. Langkah selanjutnya yaitu daun cocor bebek yang telah kering ditumbuk atau digeprek hingga daun kering cocor bebek menjadi halus.
  4. Daun cocor bebek yang telah halus dapat langsung diseduh dengan air, takaran daun cocor bebek yaitu 1 sdm dan seduh menggunakan air panas.
  5. Untuk melengkapi rasa obat tradisional tersebut maka dapat dicampurkan dengan 1 sdm madu sebagai pemanis.
  6. Aduklah 1 sdm tumbukan cocor bebek, 1 sdm madu dan air panas hingga merata
  7. Obat asam urat cocor bebek pun sudah dapat di minum
  8. Jika Anda ingin meminum cocor bebek lebih dari satu kali maka dapat menyimpan tumbukan daun cocor bebek yang tersisa untuk diseduh di waktu selanjutnya.
Sponsors Link

Dosis yang dapat digunakan untuk mengkonsumsi minuman daun cocor bebek ini yaitu sebanyak 2 kali dalam sehari dan konsumsi di waktu pagi dan malam hari. Akan tetapi perlu diperhatikan dosis yang digunakan, Anda hanya boleh mengkonsumsi hanya 2x dalam sehari tidak boleh dilakukan dalam dosis yang berlebihan.

Mengkonsumsi minuman daun cocor bebek yang melalui dosis dapat menyebabkan berbagai hal yang tidak diinginkan diantaranya yaitu sakit kepala, mual yang bahkan menyebabkan muntah, menyebabkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan dan dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

Sedangkan efek untuk ibu hamil yaitu dapat membuat kematian pada janin. Oleh karena itu meskipun mengkonsumsi obat tradisional akan tetapi perlu diperhatikan terhadap dosisnya. Sekian pembahasan mengenai cara mengobati asam urat dengan cocor bebek. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal