Sponsors Link

Cara Mengobati Asam Urat dengan Cuka Apel Secara Tepat

Sponsors Link

Penyakit asam urat menjadi salah satu dari penyakit kronik akibat gangguan metabolik yang saat ini bukan hanya di derita oleh orang orang tua saja melainkan juga dapat terjadi pada anak muda. Kondisi tersebut disebabkan oleh kondisi pola hidup sekarang yang lebih banyak mengarah pada keadaan tidak sehat termasuk konsumsi makanan sembarangan serta tidak mau melakukan aktivitas olahraga. Asam urat lebih banyak disebabkan oleh pengaruh pola dan pilihan makanan yang tidak tepat serta memiliki kandungan uric acid tinggi.

ads

Penderita asam urat akan mengalami gejala yang sangat mengganggu mulai dari munculnya nyeri pada daerah sendi hingga kondisinya yang lebih parah yakni adanya pembengkakan. Pembengkakan dan nyeri sendi tersebut akan lebih banyak terjadi pada daerah kaki sehingga penderita yang mengalami serangan asam urat dapat menimbulkan kondisi sulit berjalan karena rasa sakit yang sangat serta adanya pembengkakan tersebut dan tentunya aktivitas yang dilakukan setiap hari juga akan terganggu.

Rasa sakit yang menyiksa akibat kondisi peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh tersebut tentu harus diatas dengan benar. Meskipun asam urat merupakan penyakit jenis kronik yang akan terjadi sepanjang hidup tetap saja ada upaya untuk dapat mengobatinya dan mencegah agar kondisi serangan asam urat tidak terjadi. Salah satu cara mengobati asam urat tersebut adalah dengan mengunakan cuka apel. Berikut ini beberapa cara mengobati asam urat dengan cuka apel yang baik dan benar dalam penjelasan dibawah ini.

Sebelum memahami lebih detail mengenai penggunaan dan cara mengobati asam urat dengan cuka apel maka alangkah lebih baiknya diawali dengan manfaat dari cuka apel tersebut terhadap penyakit asam urat. Berikut ini beberapa manfaat cuka apel untuk asam urat dalan penjelasan dibawah ini.

  • Pengikat toksin dalam tubuh, beberapa kandungan yang terdapat di dalam cuka apel seperti asam glukoronat, asam asetat, asam laktat, dan asam maltat dapat membantu mengikat toksin di dalam tubuh sehingga mampu meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.
  • Membersihkan kristal jarum asam urat, kristal jarum asam urat sebagai penyebab dari munculnya serangan penyakit asam urat terbentuk dari hasil metabolisme purin menjadi asam urat di dalam tubuh dan dapat dieksresi melalui ginjal. Mengkonsumsi cuka apel dapat membantu melarutkan zat purin dalam tubuh sehingga dapat dieksresi ketika kadarnya berlebihan melalui urin.
  • Menguatkan tulang dan sendi, kandungan mineral seperti magnesium, kalsium, dan lainnya di dalam cuka apel dapat membantu menguatkan tulang dan sendi sebagai daerah yang sering diserang oleh kristal jarum asam urat.
  • Manfaat lainnya, selain beberapa manfaat yang disebutkan diatas ada beberapa hal positif lain yang bisa diperoleh melalui konsumsi cuka apel diantaranya seperti memperbaiki pencernaan, mencegah kolesterol, mengatasi kenaikan gula darah, mengatasi tekanan darah yang tinggi, dan lain sebagainya.

Setelah memahami manfaat yang dapat diberikan oleh cuka apel terhadap penyakit asam urat maka penderita lebih yakin terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Berikut ini cara mengobati asam urat dengan cuka apel yang baik dan benar agar manfaat yang ada dapat diperoleh maksimal.

  • Pilih cuka apel yang baik, sekarang ini sudah banyak sekali merek cuka apel terkenal maupun yang dihasilkan oleh industri rumahan beredar di pasaran. Sebelum melakukan cara pengobatan asam urat dengan cuka apel yang baik maka sebaiknya pilih cuka apel yang benar dengan kandungan cuka yang cukup baik. Untuk memilih cuka apel yang baik dapat dilakukan dengan cara mengamati beberapa jenis cuka apel yang memang sudah pernah digunakan oleh beberapa penderita.
  • Buat ramuan cuka apel, setelah menemukan cuka apel yang tepat maka langkah berikutnya adalah membuat ramuan dari cuka apel tersebut. Ramuan cuka apel dibuat dengan mencampurkan satu sendok maka cuka apel dengan air putih hangat dan pastikan tidak panas. Jangan terlalu berlebihan dalam penggunaan cuka apel karena adanya efek samping yang bisa didapatkan dan manfaat yang diperoleh juga tidak akan terasa.
  • Dosis yang benar, untuk dapat mengobati asam urat maka ramuan cuka apel yang sudah dibuat dapat dikonsumsi sebanyak dua kali sehari. Jika kurang suka dengan rasa cuka apel maka dapat ditambahkan satu sendok madu dalam ramuan yang dibuat. Dosis yang benar perlu diperhatikan mengingat ada beberapa efek samping dari cuka apel diantaranya menurunkan nafsu makan, menunda pengosongan lambung, menyebabkan penyakit peningkatan asam lambung, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara mengobati asam urat dengan cuka apel melalui cara yang benar. Cuka apel sudah menjadi salah satu obat tradisional yang banyak digunakan karena efeknya yang mampu membersihkan kristal asam urat serta memiliki efek antiinflamasi dan analgesik.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal