Sponsors Link

3 Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Kelor Secara Mudah

Sponsors Link

Kelor (Moringa oleifera) merupakan tumbuhan asli dari Indonesia yang banyak tumbuh di sekitar lingkungan kita. Kelor atau merunggai berasal dari keluarga Moringaceae dan termasuk tumbuhan yang dapat tumbuh di berbagai kondisi lingkungan. Hal inilah yang membuat tumbuhan kelor dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Kelor dapat ditemukan di Inggris, Vietnam, Thailand, Filipina dan tempat lainnya.

ads

Tumbuhan kelor merupakan tumbuhan yang memiliki ciri khusus dan mudah dihafal. Kelor memiliki bentuk daun yang khas. Daun kelor berbentuk oval dan memiliki ukuran yang kecil. Selain itu, ukuran tumbuhan kelor juga cukup tinggi yaitu 7 hingga 11 meter. Kelor biasa tumbuh secara berkelompok dan memiliki batang kecil sehingga jika diperhatikan kumpulan tumbuhan kelor akan tampak rimbun.

Pemanfaatan kelor sangat beraneka ragam. Kelor sering dimanfaatkan terutama bagian daunnya. Daun kelor merupakan bahan utama sayur yang memiliki berbagai macam nutrisi. Selain untuk dimakan sebagai sayuran, daun kelor juga dapat digunakan sebagai obat-obatan. Dalam hal ini, daun kelor terkenal sebagai obat asam urat yang ampuh. Daun kelor juga dapat menjadi obat yang ampuh bagi asam urat pada ibu hamil.

Daun kelor memiliki kandungan zat-zat dan nutrisi yang sangat menyehatkan tubuh manusia. Kandungan baik dalam daun kelor, antara lain:

  • Kandungan vitamin C untuk antibodi tubuh;
  • Kandungan kalsium untuk pertumbuhan dan perawatan tulang;
  • Kandungan protein untuk meregenerasi sel-sel tubuh;
  • Kandungan potasium;
  • Kandungan zat besi untuk meregenerasi sel darah merah

Dengan kandungan nutrisi yang sedemikian besar, tak heran jika daun kelor menjadi primadona bagi kesehatan tubuh manusia. Jika Anda belum pernah merasakan atau mengonsumsi daun kelor, silakan mencoba dan rasakan manfaatnya bagi tubuh Anda.

Manfaat Daun Kelor bagi Penderita Asam Urat

daun kelorAsam urat merupakan penyakit yang sangat menyiksa bagi penderitanya. Penderita asam urat akan mengalami rasa nyeri di berbagai persendian tubuh. Selain itu, penderita asam urat akan mengalami inflamasi atau pembengkakan pada bagian persendian karena adanya penumpukan kadar zat purin. Jika tidak ditangani dengan baik dan benar maka asam urat akan menyebabkan kerusakan persendian dan kelumpuhan pada akhirnya.

Penanganan asam urat dapat dilakukan secara modern ataupun tradisional. Salah satu penanganan tradisional bagi penyakit asam urat ialah dengan memanfaatkan daun kelor. Pemanfaatan daun kelor sebagai obat penyakit asam sudah banyak dipraktekkan sejak lama. Hal ini disebabkan oleh khasiat daun kelor yang sangat besar bagi penderita asam urat.

Daun kelor terbukti secara medis mampu menurunkan kadar lemak jahat di dalam tubuh yang menjadi penyebab asam urat. Selain menurunkan kadar lemak, daun kelor juga dapat menurunkan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh asam urat. Daun kelor sendiri juga memiliki manfaat anti-inflamasi sehingga dapat dimanfaatkan untuk meredakan pembengkaan pada persendian karena asam urat. Bila dilihat, manfaat daun kelor bagi penyakit asam urat ini sudah berupa paket lengkap.

Dengan tingginya manfaat daun kelor bagi penderita asam urat ini menunjukkan bahwa daun kelor merupakan bahan alam yang dapat Anda konsumsi setiap hari. Daun kelor dapat menjadi obat alami bagi kesembuhan asam urat Anda. Namun demikian sebelum Anda memanfaatkan daun kelor sebagai obat asam urat, Anda perlu mempelajari cara mengolahnya baik untuk dijadikan makanan maupun obat-obatan. Hal ini bertujuan agar pengolahan daun kelor untuk obat asam urat dapat dilakukan dengan benar.

Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sirsak.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengolah Daun Kelor

Pemanfaatan daun kelor sebagai obat asam urat sudah dipraktekkan sejak lama. Pengobatan asam urat dengan metode ini merupakan salah satu pilihan pengobatan bagi penyakit asam urat. Cara ini merupakan cara tradisional untuk mengobati asam urat. Cara tradisional ini lebih terjamin keamanannya sehingga Anda tidak perlu meragukan pemanfaatan daun kelor dalam mengatasi asam urat dan segala gejalanya.

Sponsors Link

Sebelum membahas tentang cara mengobati asam urat dengan daun kelor, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Hal-hal ini harus diperhatikan dengan benar oleh Anda karena akan berdampak pada kualitas khasiat daun kelor dalam mengurangi asam urat. Hal-hal tersebut antara lain:

  • Menjaga kesegaran dan kandungan alkaloid serta flavonoid pada daun kelor. Kedua kandungan tersebut merupakan kandungan penting bagi peran daun kelor dalam mengurangi rasa sakit pada penderita asam urat;
  • Menjaga kandungan colchicin yang bersifat anti-inflamasi. Kandungan ini sangat penting bagi penurunan inflamasi pada penderita asam urat;
  • Mengolah daun kelor hanya dengan alat atau perkakas yang bersih dan steril sehingga tidak ada bakteri jahat yang turut terolah.

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Serbuk Kering

Pengolahan daun kelor sebagai media pengobatan bagi penyakit asam urat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara mengobati asam urat dengan daun kelor ialah dengan mengolahnya menjadi serbuk kering. Adapun cara pengolahannya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan daun kelor sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengobati asam urat.
  2. Bersihkan daun kelor dengan air hangat yang mengalir.
  3. Jemur daun kelor hingga kering.
  4. Segera tumbuk atau haluskan daun kelor yang sudah kering menggunakan penumbuk yang telah dibersihkan.
  5. Saringlah tumbukan daun kelor sehingga yang diperoleh adalah serbuk terhalus daun kelor.
  6. Simpan di tempat yang tertutup.
  7. Serbuk kelor yang telah dihaluskan siap dikonsumsi bersama makanan atau minuman.

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Sayur

Memanfaatkan daun kelor sebagai obat asam urat dapat pula dilakukan dengan mengolahnya sebagai makanan atau sayuran pendamping makanan. Sayur kelor merupakan makanan yang menyehatkan dan dapat digunakan sebagai pendamping makanan. Konsumsi sayur kelor dalam jumlah yang tepat dapat menurunkan kadar lemak yang ada di dalam tubuh.

Pengolahan sayur kelor pun cukup sederhana. Pada dasarnya memasak daun kelor sebagai sayuran pendamping makanan sangatlah mudah. Bagi Anda yang sering memasak jenis-jenis sayuran lain pasti akan sangat mudah mempelajari. Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sayur kelor:

  • Daun kelor (sesuai kebutuhan, namun lebih baik disediakan 1 wadah/baskom)
  • Bawang merah sebanyak 2 siung
  • Batang serai yang telah dihancurkan
  • Air (secukupnya)
  • Garam dan gula (secukupnya)
Sponsors Link

Setelah bahan-bahan tersebut sudah dikumpulkan maka daun kelor sudah dapat mulai dimasak. Pertama-tama rebus air hingga mendidih dan masukkan bumbu utama, yaitu: bawang putih dan batang serai yang telah dihaluskan. Anda harus mengaduk air dan bumbu tersebut hingga tercium bau harum. Jika sudah, masukkan daun kelor ke dalam masakan dan aduk hingga layu. Anda perlu menambahkan garam dan gula untuk pengatur rasa masakan.

Masakan sayur daun kelor dapat Anda nikmati bersama nasi dan lauk-pauk lain yang menyehatkan. Semakin sehat makanan yang Anda konsumsi maka Anda akan semakin terhindar dari asam urat. Sertakan air putih dalam menu makanan yang Anda konsumsi untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh Anda.

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Obat Oles

Penggunaan daun kelor untuk mengobati asam urat juga dapat dipraktekkan untuk oles-olesan atau obat luar. Penggunaan daun kelor untuk obat luar ini guna meringankan gejala asam urat, khususnya nyeri dan inflamasi atau pembengkakan. Pengolahan daun kelor untuk mengatasi inflamasi dan nyeri dapat dipadukan dengan kapur sirih. Pemanfaatan bahan ini akan memperkuat efek daun kelor dalam menurunkan rasa sakit atau nyeri akibat asam urat.

Bahan-bahan dan cara pengolahan daun kelor untuk obat oles bagi rasa nyeri akibat asam urat adalah sebagai berikut:

  • Siapkan daun kelor (minimal 3 tangkai) dan setengah batang kapur sirih;
  • Haluskan kedua bahan tersebut sehingga terlumat dan tercampur dengan sempurna;
  • Bersihkan bagian yang mengalami nyeri dan bengkak;
  • Oleskan olahan daun kelor dan kapur sirih ke bagian yang sakit dengan frekuensi 2 kali dalam sehari

Pemanfaatan daun kelor untuk menyembuhkan asam urat sudah banyak dikenal dan dipraktikkan oleh masyarakat saat ini. Anda dapat mencobanya sendiri di rumah sehingga pengobatan asam urat bagi Anda atau keluarga Anda tidak memerlukan biaya yang mahal. Selamat mencoba.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal