Sponsors Link

Cara Mengobati Asam Urat dengan Daun Sirsak dan Khasiatnya

Sponsors Link

Penyakit asam urat ialah salah satu penyakit yang sering terjadi pada diri manusia. Penyakit ini ditimbulkan oleh penumpukan kandungan lemak jahat dalam tubuh sehingga mengikat beberapa anggota tubuh dengan zat purin. Anggota tubuh yang diikat khususnya ialah persendian. Ikatan ini menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada penderitanya. Selain itu, akan timbul pembengkakan pada penderita asam urat akibat tumpukan lemak ini.

ads

Pengobatan penyakit asam urat dapat dilakukan melalui berbagai macam cara. Salah satu cara pengobatan asam urat ialah dengan menggunakan zat-zat atau kandungan alami, contohnya daun sirsak. Penanganan secara alami pada asam urat memiliki keunggulan dalam hal kealamian bahan. Maka dari itu, cara mengobati asam urat dengan daun sirsak adalah sebuah pilihan tepat bagi Anda jika ingin menghilangkan asam urat dari hidup Anda.

Sirsak (Annona muricata L.) adalah salah satu jenis buah yang berasal dari Karibia dan Amerika bagian tengah serta selatan. Buah ini identik dengan warna hijau pada kulitnya dan warna putih pada dagingnya. Pada umumnya, buah sirsak memiliki rasa masam dan berbiji banyak. Masyarakat mempercayai bahwa buah ini memiliki banyak sekali khasiat, salah satunya ialah meredakan dan menyembuhkan penyakit asam urat.

Dalam hal kandungan gizi, buah sirsak memiliki keberagaman kandungan nutrisi. Buah yang bisa mencapai berat hingga 2,5 kilogram ini memiliki kandungan utama karbohidrat, khususnya fruktosa (gula buah). Selain itu, buah sirsak mengandunug banyak sekali vitamin, diantaranya:

  • Vitamin C
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Kalium
  • Kalsium
  • Lysine

Dengan kandungan gizi yang cukup banyak, masyarakat pun berbondong-bondong mempraktekkan cara mengobati asam urat dengan daun sirsak. Selain untuk orang biasa, buah sirsak juga bermanfaat untuk menyembuhkan asam urat pada ibu hamil. Bahan dan kandungan alami dalam buah sirsak sangat baik bagi ibu hamil sehingga cara ini dinilai lebih aman daripada mengonsumsi obat-obatan.

Khasiat Ajaib Daun Sirsak dalam Mengobati Asam Urat

daun sirsakBuah sirsak memiliki berjuta manfaat demikian pula daunnya. Penggunaan daun sirsak sebagai obat pencegah ataupun penyembuh bagi penyakit-penyakit berbahaya sudah banyak diteliti. Salah satu khasiat daun sirsak yang terkenal ialah untuk menurunkan dan menyembuhkan asam urat. Khasiat daun sirsak dalam menurunkan kadar asam urat pada seseorang sedang dikembangkan untuk kebaikan manusia di masa depan.

Khasiat daun sirsak dalam menurunkan asam urat dapat Anda dapatkan karena daun sirsak bersifat menghancurkan lemak dan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, daun sirsak juga menghancurkan tumpukan zat purin yang menyebabkan asam urat pada persendian manusia. Dalam hal ini, manfaat daun sirsak dapat mengurangi bahkan menyembuhkan asam urat dari dalam tubuh. Khasiat daun sirsak jarang digunakan untuk mengobati inflamasi atau nyeri akibat asam urat dari luar.

Jika Anda ingin mendapatkan khasiat optimal dari daun sirsak dalam mengobati asam urat maka Anda perlu mempelajari cara pengolahannya. Pada dasarnya khasiat daun sirsak untuk menyembuhkan asam urat sangat mudah untuk didapatkan jika Anda tahu cara mengolahnya. Namun demikian, jika Anda salah mengolah daun sirsak maka hasilnya justru akan membahayakan diri Anda.

Daun sirsak memiliki berbagai macam kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh jika diolah menjadi ekstrak. Kandungan-kandungan nutrisi baik seperti: vitamin, mineral dan lain sebagainya dapat menghancurkan kandungan zat jahat dalam tubuh Anda. Zat-zat jahat penyebab asam urat akan digempur oleh zat-zat yang terkandung dalam daun sirsak. Maka dari itu, Anda tidak perlu ragu memanfaatkan olahan daun sirsak sebagai obat bagi penyakit asam urat Anda.

Sponsors Link

Cara Mengolah Daun Sirsak untuk Asam Urat

Cara mengobati asam urat dengan daun sirsak harus dipelajari cara pengolahan dan pembuatannya. Mengetahui cara pengolahan dan pembuatan ramuan atau obat dari daun sirsak ini sangat penting sifatnya. Jika Anda tidak mengetahui praktik cara mengobati asam urat dengan daun sirsak maka Anda tidak akan mendapatkan khasiatnya. Sebaliknya, Anda justru bisa mendapatkan hal buruk dari pengolahan daun sirsak tersebut.

Ada beberapa hal penting terkait pemanfaatan daun sirsak sebagai obat asam urat. Sebagian besar, pengolahan daun sirsak untuk obat asam urat dilakukan dengan merebusnya. Namun demikian, merebus daun sirsak tidak boleh sembarangan. Merebus daun sirsak dalam waktu lama akan merusak nutrisi dan kandungan dalam ekstra daun sirsak itu sendiri. Jika Anda memasak daun sirsak terlalu lama maka Anda akan mendapatkan sebuah rebusan daun yang tidak berisi nutrisi apapun.

Selain itu, obat yang berasal daun sirsak tidak boleh diminum secara berlebihan. Konsumsi secara berlebihan olahan daun sirsak ini akan mengakibatkan efek buruk pada tubuh Anda sendiri. Daun sirsak yang memiliki kandungan antioksidan tinggi  akan membuat bakteri baik tubuh mati jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati dalam memanfaatkan khasiat dan kandungan dari daun sirsak ini.

Adapun cara mengobati asam urat dengan daun sirsak memiliki cara pengolahannya sendiri. Pengolahannya pun sebenarnya tidak terlalu sulit dan bahkan lebih cenderung mudah bagi Anda yang membutuhkan kemudahan pengolahan obat asam urat. Cara utama dalam mengolah daun sirsak sehingga bisa menjadi obat adalah dengan merebusnya dengan air panas hingga didapatkan ekstraknya.

Pengolahan atau cara merebus daun sirsak harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini merupakan langkah-langkah pengolahan daun sirsak untuk obat asam urat:

Sponsors Link

  1. Menyiapkan daun sirsak (3 sampai 10 lembar) sesuai dengan kebutuhan pengobatan Anda. Lebih baik Anda memilih daun sirsak yang sudah tua karena khasiatnya akan lebih baik daripada daun sirsak yang masih muda.
  2. Membersihkan daun sirsak dengan air hangat yang mengalir sehingga mengurangi potensi masuknya bakteri-bakteri jahat pada daun sirsak.
  3. Siapkan air yang sudah dimasukkan ke dalam panci sebanyak 300 ml dan masukkan daun-daun sirsak yang telah disiapkan ke dalamnya.
  4. Rebuslah daun sirsak tersebut selama kurang lebih 15 menit.
  5. Jika air daun sirsak sudah menguap 80% (hanya tersisa sekitar 1 gelas di dalam panci) maka angkatlah rebusan air daun sirsak tersebut dan masukkan ke dalam wadah atau gelas.
  6. Minumlah air hasil rebusan setelah menjadi hangat sebagai obat asam urat sebanyak 2 kali sehari.

Pemanfaatan dan penggunaan daun sirsak sebagai obat asam urat sudah sangat populer saat ini. Daun sirsak dapat dimanfaatkan sebagai obat penyakit lain, seperti: kanker, menurunkan potensi kista, menurunkan potensi terkena hipertensi dan lain sebagainya. Atas banyaknya khasiat yang dimiliki oleh daun sirsak maka daun sirsak dapat disebut sebagai bahan alami yang kaya akan manfaat.

Daun sirsak bisa dimanfaatkan bersamaan dengan bahan atau zat alami lainnya sebagai obat yang dapat mengatasi asam urat. Salah satu zat atau bahan alami yang bisa menjadi pendamping rebusan daun sirsak ialah madu alami. Pemanfaatan madu sebagai pemanis dapat menjadikan olahan daun sirsak menjadi lebih nikmat untuk dikonsumsi oleh Anda atau keluarga Anda. Cara mencampurkan madu murni ke dalam olahan daun sirsak sangatlah sederhana, yaitu:

  1. Rebuslah daun sirsak di dalam air secukupnya hingga mendidih lalu menguap 80%.
  2. Pisahkan air dan daun sirsak sehiingga Anda mendapatkan ekstraknya di dalam sebuah gelas atau wadah.
  3. Masukkan madu murni ke dalam ekstrak daun sirsak yang hangat dan nikmati segera.

Pemanfaatan daun sirsak untuk keperluan pengobatan asam urat dapat diolah dengan mudah dan sederhana. Anda hanya perlu merebus dan memperhatikan kesegaran daun-daun sirsak yang Anda gunakan. Apabila Anda merasakan manfaat dari daun sirsak ini maka Anda cocok dalam menggunakan ekstrak daun sirsak sebagai obat asam urat. Semoga bermanfaat.

, , , , , , ,



Oleh :
Kategori : Herbal