Sponsors Link

Manfaat dan Cara mengobati Asam Urat Dengan jahe

Sponsors Link

Jahe adalah jenis tanaman rimpang yang sering digunakan sebagai rempah-rempah dan juga bahan pembuatan obat tradisional. Jahe memang salah satu tanaman yang sangat dikenal karena banyak sekali manfaatnya, selain bisa dibuat untuk menghangatkan tubuh, jahe juga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk asam urat. Berikut adalah ulasan mengenai manfaat dan cara mengobati asam urat dengan jahe.

ads

Mengolah Jahe Untuk Pengobatan Asam Urat

Komponen aktif yang ada dalam jahe yaitu gingerol di percaya dapat membantu mengurangi produksi enzim yang bisa mengakibatkan adanya peradangan. Gingerol juga bisa membantu untuk mencegah pengiriman sinyal ke otak yang bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada daerah sendi yang terkena peradangan akibat asam urat. Berikut adalah cara mengolah jahe untuk asam urat:

  • Mengolah menjadi minuman jahe

Untuk menjadikan jahe sebagai obat tradisional, cukup mudah. Anda hanya tinggal menyiapkan jahe yang telah dipotong-potong, kemudian dicuci hingga bersih, selanjutnya di rebus hingga air mendidih, setelah air rebusan tersisa 1 gelas, angkat dan tiris kan, tambahkanlah sedikit madu pada jahe, selesai, Anda bisa mengkonsumsi minuman jahe dengan rutin agar bisa mengurangi kadar asam urat dalam tubuh yang bisa menyebabkan sakit pada persendian.

  • Obat oles campuran jahe dan cengkeh

Selain dijadikan minuman, Anda juga bisa mengolah jahe menjadi obat oles untuk asam urat. Sediakan 2 ruas jahe dan cengkeh, kemudian tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus. Hasil tumbukan nya bisa Anda oleskan pada bagian sendi yang terasa sakit. Obat oles ini bisa meringankan gejala asam urat pada persendian.

  • Obat oles campuran jahe, daun singkong dan sirih

Selain mencampurkan jahe dengan cengkeh, Anda bisa membuat obat oles lain dengan campuran daun singkong dan sirih. Sediakan 15 gram jahe, 5 daun singkong dan 1 batang sirih. Cara pengolahan nya, Anda bisa menumbuk semua bahan kemudian campur menjadi satu, hasil tumbukan nya bisa dioleskan pada sendi yang terserang penyakit asam urat.

  • Mencampurkan dengan masakan

Anda juga bisa mencampurkan jahe pada masakan dengan tujuan untuk membantu mengobati asam urat. Artinya saat Anda memasak pun, usahakan menu yang akan dibuat adalah makanan rendah purin agar tambahan jahe pada makanan tersebut bisa bekerja dengan efektif. Jika Anda sedang melakukan diet rendah purin, Anda bisa mencampurkan jahe pada setiap menu yang akan Anda buat.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Bukan hanya bermanfaat untuk asam urat saja, jahe juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya seperti:

1. Sebagai obat pencegah kangker

Ekstrak jahe dipercaya dapat menghambat pertumbuhan adanya sel kanker. Sehingga untuk pengobatan tradisional Anda yang memiliki kangker seperti kangker pangkreas, dan yang lainnya Anda bisa mengkonsumsi jahe secara rutin untuk membantu penyembuhan kangker.

2.Sebagai obat untuk melancarkan pencernaan

Jahe juga bisa membantu melancarkan pencernaan, dengan mengkonsumsi air rebusan jahe maka akan membantu untuk menyerap makanan dan mencegah sakit perut. Akan sangat baik jika setelah Anda makan banyak, setelahnya meminum jahe agar perut terasa nyaman.

3. Menjaga jantung

Saat tubuh terlalu banyak menyimpan kolesterol dan juga minyak, maka akibatnya bisa terserang resiko penyakit jantung semakin tinggi. Mengkonsumsi jahe bisa membantu Anda menurunkan kadar trigliserida dan juga kolesterol yang terlalu berlebihan.

Sponsors Link

4. Mengurangi stress

Saat Anda bekerja seharian bisa saja memicu stress berlebihan, sehingga bisa memicu timbul penyakit. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba meminum jahe setelah pulang bekerja karena bisa menyegarkan otak dan membuat tubuh semakin terasa nyaman untuk beristirahat.

  1. Obat untuk alergi

Bagi Anda yang terserang alergi, jahe juga bisa dijadikan salah satu obatnya. Di dalam jahe terdapat kandungan anti alergi sehingga dinilai sangat efektif mengurangi rasa gatal akibat alergi.

6. Meningkatkan sistem imun tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun adalah salah satu kunci agar bisa terhindar dari segala macam bentuk penyakit. Jika sistem imun nya baik, maka akan semakin terhindar dari kemungkinan terserang penyakit. Untuk itu, jahe dinilai sangat efektif meningkatkan sistem imun tubuh agar tetap sehat.

Itulah ulasan mengenai manfaat dan cara mengobati asam urat dengan jahe. Karena pengolahan nya sangat mudah, Anda coba membuatnya sendiri di rumah. Agar semakin membantu pengobatan asam urat, Anda juga bisa menghindari beberapa pemicu peningkatan kadar asam urat, seperti salah satunya tidak mengkonsumsi pantangan makanan bagi penderita asam urat dan minuman yang mengandung purin.

, , ,



Oleh :
Kategori : Herbal, Pengobatan