Sponsors Link

2 Cara Mengobati Asam Urat dengan Mahkota Dewa (#Terampuh)

Sponsors Link

mahkota dewaPenyakit asam urat merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena adanya penumpukan asam atau kristal urat menumpuk pada sendi-sendi sehingga menyebabkan terjadinya rasa nyeri. Kristal yang menumpuk tersebut terbentuk karena adanya peningkatan asam pada darah.

ads

Untuk mengobati asam urat dapat dilakukan secara medis yaitu dengan konsultasi ke dokter dan mengkonsumsi obat-obat yang telah disarankan oleh dokter atau dapat dengan cara alami atau herbal. Banyak sekali tanaman obat yang dapat mengobati asam urat salah satunya yaitu tanaman mahkota dewa.

Mahkota dewa merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh subur di pulau Papua. Mahkota dewa atau Phaleria macrocarpa merupakan jenis tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Mahkota dewa mempunyai penyebutan yang berbeda pada setiap daerah di Indonesia seperti makuto ratu, makuta dewa dan juga makuto rojo.

Kandungan alkaloid, flavanoid dan saponin pada mahkota dewa merupakan kandungan yang dapat menyembuhkan asam urat. Mahkota dewa merupakan salah satu jenis Berikut ini pembahasan mengenai cara mengobati asam urat dengan mahkota dewa. Simak pembahasannya dibawah ini.

Kandungan Mahkota Dewa

Mahkota dewa merupakan jenis tanaman ampuh untuk asam urat. Bagian tumbuhan mahkota dewa yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan yaitu daun, kulit buah dan buahnya. Pada mahkota dewa terdapat banyak sekali kandungan senyawa kimia yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan yang dapat menyembuhkan asam urat yaitu kandungan saponin dan juga flavonoid.

Kandungan saponin pada mahkota dewa memberikan khasiat mengurangi terjadinya resiko infeksi pada sendi-sendi karena saponin mempunyai sifat antibakteri. Sedangkan flavonoid mempunyai khasiat mengurangi berbagai peradangan yang disebabkan karena efek dari penyakit asam urat. Selain saponin dan juga flavonoid masih ada lagi kandungan senyawa lainnya dari mahkota dewa.

Alkaloid mempunyai sifat detoksifikasi. Senyawa alkaloid mempunyai fungsi untuk menetralisir berbagai racun yang ada di dalam tubuh. Polifenol mempunyai sifat anti alergi dan juga anti histamin. Kandungan lainnya yaitu flavonoid, zat flavonoid ini mempunyai manfaat untuk melancarkan peredaran darah dan bersifat anti imflamasi, anti radang dan juga antioksidan. Flavonoid mempunyai berbagai macam manfaat diantaranya yaitu melancarkan peredaran darah sehingga akan mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah.

Manfaat lain flavonoid yaitu mengurangi kolesterol, mencegah terjadinya penyakit jantung koroner, dan dapat mengurangi berbagai macam rasa sakit yang disebabkan karena pendarahan atau karena pembengkakan. Dan yang terakhir yaitu senyawa saponin, senyawa ini mempunyai manfaat sebagai anti bakteri yang memberikan khasiat meningkatkan daya imun tubuh, dll.

Sponsors Link

Cara Mengobati Asam Urat

Cara mengobati asam urat dengan mahkota yaitu dengan menjadikan mahkota dewa sebagai bahan dalam pembuatan ramuan herbal. Ramuan herbal tersebut dapat dijadikan minuman sebagai pengganti teh meskipun rasa dari ramuan mahkota dewa mempunyai rasa yang kurang enak tetapi ramuan mahkota dewa dipercaya dapat mengobati asam urat.

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengobati asam urat dengan mahkota dewa yaitu dengan menggunakan buah mahkota dewa saja dan cara kedua menggunakan buah mahkota dewa yang dikombinasikan dengan akar sidaguri, sidaguri dipercaya mempunyai khasiat sidaguri untuk asam urat. Berikut ini cara mengobati asam urat dengan mahkota dewa:

Cara pertama :

  1. Siapkan buah mahkota dewa dengan berat sekitar 5 gram atau dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan
  2. Siapkan alat-alat yang akan digunakan untu merebus dan air sebanyak 5 gelas atau 2500ml
  3. Masukkan buah mahkota kedalam wajan yang telah diisi air sebanyak 2500ml lalu nyalakan kompor, api yang digunakan janganlah terlalu besar gunakan api yang sedang
  4. Tunggu hingga mendidih atau hingga air rebusan menjadi tersisa setengah dari air sebelum mendidih
  5. Setelah mendidih dinginkan air rebusan tersebut hingga dingin
  6. Ramuan minuman mahkota dewa sudap siap dikonsumsi. Untuk dosis penggunaan minuman mahkota dewa dapat diminum sebanyak 3 kali sehari dengan takaran 1 gelas, konsumsi ramuan mahkota dewa dengan rutin hingga asam urat mulai membaik. Akan tetapi perlu diingat jangan mengkonsumsi dalam jangka yang panjang atau secara terus menerus.
Sponsors Link

Cara kedua :

  1. Siapkan buah mahkota dewa sekitar 5 gr atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan, akar tanaman sidaguri sebanyak 15 gr , sambiloto kering sebanyak 10 gr dan air putih sebanyak 2500ml atau 5 gelas.
  2. Cuci semua bahan yang dibutuhkan hingga bersih
  3. Sebelum merebus semua bahan diatas, geprek atau tumbuk terlebih dahulu akar sidaguri
  4. Setelah akar sidaguri ditumbuk campurkan semua bahan dan masukkan air sebanyak 2500 ml.
  5. Nyalakan kompor dengan api yang sedang dan tunggu hingga air mendidih. Lakukan langkah yang sama seperti cara pertama.
  6. Setelah selesai direbus dinginkan air rebusan kombinasi mahkota dewa agar dapat dikonsumsi. Setelah air rebusan mahkota dewa dingin maka ramuan tersebut sudah dapat dikonsumsi, dosis yang digunakan yaitu 3 kali sehari dengan takaran 1 gelas.

Ada hal yang perlu diperhatikan dalam perebusan air ramuan mahkota dewa yaitu lakukan perebusan untuk sekali minum. Jangan merebus ramuan herbal untuk disimpan dan dikonsumsi di hari berikutnya, karena khasiatnya akan berkurang. Buatlah ramuan tersebut secara dadakan. Mengkonsumsi air rebusan buah mahkota dewa merupakan cara menurunkan asam urat tinggi secara alami. Sekian pembahasan mengenai cara mengobati asam urat dengan mahkota dewa. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan