Sponsors Link

7 Cara Mengobati Asam Urat di Lutut Secara Cepat dan Ampuh

Sponsors Link

Area lutut terdiri atas area persendian tubuh bagian bawah yang rentan terhadap penyakit tertentu, seperti asam urat. Hal ini ditandai dengan rasa sakit akibat penumpukan kristal asam urat di lutut. Anda harus mampu membedakan antara penyakit asam urat dengan penyakit persendian lain, seperti pengapuran sendi, rematik, gangguan antara otot dan ligamen, serta infeksi sendi. Perbedaan yang dapat dilihat pada penyakit asam urat ialah rasa hangat, pembengkakan, dan perubahan warna pada lutut menjadi kemerahan. Agar lebih yakin, Anda dapat melakukan rontgen untuk melihat apakah pengapuran atau penumpukan kristal asam urat yang menyerang lutut Anda.

ads

Pada lutut, tulang penyusun sendi dihubungkan dengan otot maupun tulang penyusun sendi lain di sekitarnya oleh urat. Kadar asam urat sebagai sisa zat purin yang terlalu tinggi dapat menumpuk pada lutut tepatnya di bagian urat sehingga mampu menyumbat persendian dan menyebabkan pembengkakan atau peradangan. Maka sangat mungkin terjadi rasa sakit maupun nyeri yang tiba-tiba menyerang lutut meskipun Anda sedang tidak melakukan aktivitas apa-apa. Meningkatnya asam urat dalam aliran darah inilah menjadi penyebab utamanya.

Jika terbukti kristal asam urat menumpuk di lutut, maka Anda sebaiknya segera melakukan tindakan pengobatan untuk menghindari komplikasi yang mungkin terjadi, seperti gangguan ginjal, kerusakan tulang rawan, hingga kelumpuhan. Berikut ini cara mengobati asam urat di lutut:

1. Melakukan Kompres Hangat Maupun Kompres Dingin

Terapi kompres hangat merupakan salah satu cara untuk mengatasi peradangan pada lutut. Sementara kompres dingin bermanfaat sebagai pereda nyeri karena mampu menghentikan peredaran zat-zat asam urat dalam aliran darah. Kompres hangat maupun dingin dapat dilakukan sesegera mungkin, tepatnya kurang dari 48 jam setelah nyeri menyerang. Cara ini dapat dilakukan ketika sedang beristirahat atau berada di rumah saja sehingga kurang fleksibel.

2. Menggerakkan Lutut

Melakukan pemanasan bagi lutut dapat mengatasi rasa kaku. Namun tindakan ini hanya berlaku bagi penderita yang terserang sedikit rasa kaku. Gerakan pada lutut juga harus dimulai dari gerakan yang sederhana terlebih dahulu sebagai penyesuaian.

  3. Mengoleskan Obat Asam Urat

Salep atau obat oles untuk asam urat dapat dipilih untuk lutut yang mengalami nyeri karena memiliki sensasi segar dan praktis dibawa ketika bepergian. Untuk mendapatkan obat oles, Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui obat yang direkomendasikan atau mengolah bahan alami seperti belimbing wuluh, jahe, cengkeh, singkong, dan lain-lain menjadi obat oles.

4. Mengonsumsi Jamu Asam Urat

Jamu asam urat merupakan ramuan asam urat yang mudah ditemukan dengan rentang harga dan efek samping yang beragam. Jamu asam urat biasanya tidak hanya mampu mengatasi asam urat saja, tetapi juga menyembuhkan penyakit lain seperti kolesterol, pegal linu, rematik, kejang otot, menambah stamina, kesemutan, diabetes, dan lain-lain. Tentunya Anda harus memilah jenis jamu, misalnya larangan konsumsi bagi ibu hamil, serta memerhatikan aturan atau frekuensi penggunaan jamu.

5. Mengonsumsi Obat Herbal Alami

Asam urat dikenal dengan penyakit yang dapat diobati dengan berbagai jenis obat herbal, mulai dari daun binahong, daun sirsak, daun kumis kucing, daun salam, dan lain-lain. Obat herbal alami tentu sedikit bahkan tidak memiliki efek samping sama sekali serta mampu menyembuhkan penyakit lain seperti diabetes, hipertensi, kencing manis, dan lain-lain. Kebanyakan cara mengonsumsinya ialah merebus dengan air, menyampur dengan larutan alkohol berkadar tertentu, atau menambahkan madu sesuai dengan bahan yang ada dan bersumber dari referensi ramuan herbal yang valid, seperti cara mengolah daun kersen untuk asam urat.

Sponsors Link

6. Mengonsumsi Suplemen Penurun Asam Urat

Suplemen penurun asam urat merupakan produk resmi di samping obat dan jamu yang biasa mengandung bahan alami, kombinasi vitamin serta obat tertentu. Beberapa suplemen bahkan dapat mengatasi asam urat secara cepat namun harganya relatif lebih mahal dan tidak mudah ditemukan di pasaran karena kebanyakan suplemen hanya dijual secara online. Maka Anda sebaiknya pintar menyeleksi suplemen melalui testimoni yang disediakan, cerita dari teman atau kerabat, hingga bertanya dengan penjual secara intensif.

7. Meningkatkan Konsumsi Air Putih dan Teh Hijau

Air putih yang biasa dikonsumsi dapat mengobati asam urat pada lutut. Hal ini terjadi karena air putih dapat mendorong asam urat keluar ketika buang air kecil sehingga tidak hanya mengonsumsi seperti biasa, tetapi kadarnya dapat ditingkatkan ketika asam urat menyerang. Teh hijau juga dapat menjadi obat bagi asam urat karena kaya antioksidan sebagai penetralisir racun dalam tubuh. Kedua minuman ini dapat dibawa kemanapun seperti bekerja, sekolah, berolahraga, berlibur, dan ketika beristirahat sehingga fleksibel untuk diminum bagi siapa saja, termasuk ibu hamil dan menyusui.

Cara mengobati asam urat di lutut yang sudah dibahas di atas merupakan pilihan yang efektif untuk meredakan peradangan pada lutut. Anda dapat memilih cara menyembuhkan asam urat secara alami dan cepat yang sesuai dengan kondisi tubuh, kebutuhan, dan kepadatan aktivitas atau kesibukan di sela-sela serangan asam urat pada lutut.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan