Sponsors Link

15 Cara Mengobati Asam Urat Pada Tangan yang Aman dan Terpercaya

Sponsors Link

Apakah Anda termasuk salahsatu penderita asam urat? Pernahkah Anda merasakan asam urat pada tangan? Apa ciri-ciri asam urat pada tangan? Bagaimana cara mengobati asam urat pada tangan?

ads

Asam urat biasanya terjadi pada orang dewasa, tetapi tidak dipungkiri bahwa asam urat juga dapat terjadi pada anak muda yang memiliki pola makan tidak baik. Penderita asam urat ditandai dengan nyeri di bagian persendian karena menumpuknya zat purin yang disebabkan dari makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi. Adapun gejala yang dialami penderita asam urat, yaitu diantaranya nyeri dan ngilu pada persendian bahkan sampai membengkak hingga berwarna kemerahan dan apabila sudah parah akan mengakibatkan sulit bergerak.

Teruntuk asam urat pada tangan biasanya dirasakan pada jari-jari tangan, siku lengan, dan pergelangan tangan. Asam urat yang dapat menjadikan penyakit dalam tubuh itu apabila kadar asam urat yang tinggi diatas batas normal kadar asam urat seseorang. Adapun batasan asam urat normal pada pria sekitar 3,7 – 7 mg/dl dan pada wanita 2,6 – 6 mg/dl. Bagi penderita asam urat diharuskan untuk mengurangi atau bahkan menghindari makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi karena penyakit tersebut dapat kambuh secara tiba-tiba dan sewaktu-waktu meskipun sudah hilang asam uratnya.

Hal ini disebabkan oleh kandungan asam urat yang terbentuk secara alami melalui metabolisme tubuh. Tidak selamanya purin memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Zat asam urat yang terbentuk dalam tubuh memiliki peranan penting untuk pembentukan sel yang baru. Namun apabila berlebihan, maka tubuh akan sulit mencerna zat purin tersebut sehingga akan mengkristal dan mengendap di persendian.

Lalu, bagaimana mengetahui ciri-ciri asam urat di tangan?

Berikut tanda seseorang mengalami asam urat pada tangan, yaitu diantaranya:

  • Bengkak di bagian tangan
  • Kesemutan
  • Buang air kecil lebih dari 5 kali di malam hari
  • Muncul tofus (benjolan pada persendian)

Apabila Anda memiliki beberapa ciri tersebut, maka dianjurkan untuk segera mengatasinya agar tidak berkelanjutan dalam jangka panjang. Jika hal itu dibiarkan maka akan merambat ke penyakit lain dan akan terjadi komplikasi penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Bagaimana cara mengobati asam urat pada tangan?

Cara mengobati asam urat pada tangan dapat dilakukan dengan cara medis maupun tradisional. Secara medis biasanya dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan penurun asam urat yang sudah disesuaikan oleh resep dokter. Namun untuk penanganan asam urat secara tradisional, mengobati asam urat pada tangan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ramuan herbal penurun asam urat yang berasal dari racikan tanaman, sayuran, dan buah-buahan tertentu.

Selain itu, cara mengobati asam urat pada tangan melalui pengobatan herbal dan pengobatan tradisonal biasanya dilakukan dan dijadikan sebagai alternatif penyembuhan karena khasiatnya yang aman tanpa efek samping. Berbeda dengan obat-obatan secara medis yang apabila dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu panjang, bisa saja mengakibatkan efek samping atau bahkan ketergantungan obat. Walaupun penyembuhan secara tradisional memang lebih aman, akan tetapi penderita harus lebih sabar karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengatasi asam urat supaya benar-benar hilang dan tak kembali lagi. Berikut penjelasan pengobatan yang aman untuk asam urat.

Pengobatan Herbal

Adapun ramuan yang baik untuk mengatasi kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh dengan membuat racikan tanaman herbal, diantaranya sebagai berikut:

  1. Daun Sirsak

Pada tanaman sirsak yang sangat berkhasiat dalam mengobati asam urat, yaitu pada daunnya. Zat penting yang terdapat dalam kandungan daun sirsak mampu mengatasi asam urat, khususnya asam urat pada tangan. Cara mengolahnya cukup dengan direbus dan dikonsumsi dengan cara meminum air rebusan daun sirsak secara rutin.

  1. Daun Sambiloto

Pada daun sambiloto terdapat kandungan zat yang bermanfaat untuk mengatasi asam urat, seperti natrium, kalsium, dan kalium. Cara mengkonsumsi daun sambiloto juga sama dengan mengkonsumsi daun sirsak, yaitu dengan merebusnya dan air rebusannya diminum secara rutin.

Sponsors Link

  1. Buah Ceri dan Aneka Berry

Buah ceri dan aneka berry, seperti strawberry dan blueberry memiliki senyawa asam yang cukup pekat sehingga dapat mengimbangi kadar asam urat yang tinggi. Selain itu, buah ceri, strawberry, dan blueberry memiliki kandungan kalium dan anti-inflamasi yang mampu meringankan dan mencegah munculnya peradangan. Anti-inflamasi juga berfungsi untuk mencegah radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Cara mengolah buah tersebut dapat dibuat jus lalu diminum atau dapat dimakan langsung tanpa menambahkan campuran gula atau campuran apapun agar kandungan nutrisinya tidak berkurang.

  1. Lemon dan Jeruk Nipis

Buah lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Hal ini dapat mengatasi asam urat. Kandungan kalsium karbonat dalam lemon juga dapat menetralkan asam urat dalam tubuh. Cara mengolahnya dapat diperas kedalam air putih dan diminum langsung atau jika terlalu asam, Anda dapat menambahkan madu pada air campuran lemon atau jeruk nipis dan meminumnya secara teratur. Jangan pernah mencampurkannya dengan air hangat dan jangan mencampurkannya dengan gula karena akan menguragi kandungan nutrisi dalam lemon dan jeruk nipis tersebut.

  1. Madu Hitam dan Cuka Madu

Madu hitam atau biasa disebut madu pahit berasal dari lebah hutan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Madu hitam memiliki kandungan alkaloid (senyawa basa bernitrogen) yang berasal dari beberapa jenis tumbuhan tertentu. Kandungan tersebutlah yang sangat bermanfaat untuk mengobati beberapa macam penyakit, khususnya asam urat. Cara mengkonsumsi madu hitam dapat dikonsumsi langsung atau dicampurkan kedalam beberapa jus buah yang memiliki khasiat sama untuk mengatasi asam urat juga agar semakin ampuh dalam mengobati asam urat, khususnya asam urat pada tangan.

ads

Sedangkan cuka madu biasa disebut dengan propolis yang memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya mengatasi asam urat. Secara praktis, cuka madu ini dicampur dengan sari apel dan dapat ditemui di dalam kemasan propolis yang kini sudah banyak beredar di beberapa toko herbal resmi. Tidak sembarang toko herbal mampu menjual propolis tersebut karena dikhawatirkan akan ada pemalsuan produk, sehingga Anda perlu berhati-hati apabila mengkonsumsi cuka madu yang terdapat dalam propolis harus melalui agen resmi.

  1. Bunga Rosela

Bunga rosela memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh. Bunganya yang bulat kecil berwarna merah ini memiliki kandungan protein esensial yang mampu mengobati asam urat. Mengkonsumsinya dapat dengan cara meminum air rebusannya secara rutin.

  1. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C sangat dianjurkan bagi penderita asam urat untuk menetralkan asam urat dalam tubuh dan mengatasi peradangan sendi. Vitamin C yang bagus untuk asam urat dimiliki oleh buah-buahan karena aman dikonsumsi. Meskipun di apotek terdapat suplemen vitamin C, akan tetapi tingkat keamanannya dapat dipertimbangkan karena apabila dikonsumsi secara terus menerus akan menyebabkan ketergantungan. Buah-buahan yang memiliki sumber vitamin C paling tinggi yaitu terdapat pada buah jambu. Apabila buah jambu tidak tersedia, Anda dapat menggantinya dengan buah jeruk dan kiwi sebagai sumber vitamin C berikutnya yang dapat dikatakan tinggi dan baik untuk mengatasi asam urat, khususnya asam urat pada tangan.

  1. Ramuan Cengkeh dan Ubi Jalar

Tanaman cengkeh yang diolah dan dicampurkan dengan ubi jalar dapat berkhasiat untuk mengobati asam urat. Hal ini sudah dilakukan dan digunakan oleh orang-orang jaman dahulu sebagai alternatif mengobati asam urat, khususnya pada tangan. Ramuan ini mampu menetralkan kadar asam urat dalam tubuh. Cara mengolahnya dengan mencampurkan 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 15 gram jahe merah, air 1000 ml, dan 200 gram ubi jalar. Semua bahan tersebut direbus secara bersamaan dengan 1000 ml air hingga mendidih dan tersisa setengahnya, lalu disaring dan diminum secara rutin. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi ubi jalar secara langsung tanpa harus meraciknya dan mencampurkannya menggunakan bahan lain. Kedua hal tersebut memiliki khasiat yag sama, sehingga mampu mengatasi asam urat.

  1. Daun Cocor Bebek

Daun cocor bebek dapat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat, khususnya asam urat di tangan. Cara mengolahnya dapat dilakukan dengan mencampurkan 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 4 lembar daun cocor bebek, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 10 gram jahe, dan air 600 ml. Bahan-bahan tersebut disatukan dan direbus hingga air rebusannya tersisa setengahnya. Cara mengkonsumsinya dapat dengan meminum racikan tersebut secara teratur sebanyak 3x sehari.

  1. Daun Salam

Daun salam biasanya terdapat dalam rempah-rempah masakan yang biasa digunakan oleh ibu rumah tangga. Namun di sisi lain,  daun salam juga berkhasiat mengatasi asam urat, khususnya asam urat pada tangan. Cara mengolahnya dapat dilakukan dengan merebusnya 10 lembar daun salam dari 2 gelas air menjadi 1 gelas air dan diminum secara rutin.

Pengobatan Tradisional

Pengobatan tradisional sedikit berbeda dengan pengobatan herbal karena dalam hal ini lebih ditekankan dengan pola pembiasaan dalam melakukan atau menerapkan metode pengobatan melalui cara yang alami. Jika pengobatan herbal dilakukan dengan mengkonsumsi ramuan herbal yang terbuat dari racikan tanaman-tanaman secara alami, namun pengobatan tradisional dilakukan dengan suatu kegiatan alamiah yang harus dilakukan secara rutin. Adapun hal-hal yang harus dilakukan oleh penderita asam urat, khususnya asam urat ditangan melalui pengobatan tradisional, diantaranya sebagai berikut:

Sponsors Link

  1. Terapi Air Hangat

Terapi air hangat sudah dilakukan sejak jaman dahulu. Air hangat berfungsi untuk meredakan rasa nyeri pada persendian yang disebabkan karena asam urat. Teruntuk asam urat pada tangan, sebaiknya terapi ini dilakukan dengan cara merendamkan jari-jari tangan Anda hingga pergelangan tangan juga ikut terendam ke dalam wadah berisi air hangat, lalu mengompreskannya juga pada bagian sendi di tangan lainnya yang terasa nyeri, seperti siku atau persendian lainnya. Diamkan selama beberapa menit atau hingga air tersebut sudah tidak hangat lagi. Lakukan secara rutin apabila nyeri pada persendian Anda kambuh.

  1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih

Air putih sangat penting bagi kesehatan tubuh karena sepertiga bagian tubuh manusia berisikan air. Salah satu cara mengatasi penderita asam urat dengan meminum air putih sebanyak 8-10 gelas perhari atau setara dengan 2 liter air putih. Hal ini berfungsi untuk melarutkan zat asam urat dalam ginjal agar mudah diolah dan tidak mengendap di dalam persendian.

  1. Mengurangi Makanan Mengandung Purin

Hal yang menjadi pantangan utama bagi penderita penyakit asam urat, yaitu mengurangi atau bahkan menghindari makanan yang mengandung purin tinggi. Makanan dan minuman mengandung purin tinggi sangat beresiko bagi penderita asam urat. Bukan berarti Anda tidak boleh mengkonsumsi purin atau zat purin tersebut tidak boleh sama sekali masuk ke dalam tubuh, akan tetapi kadar mengkonsumsinya perlu dibatasi atau dikurangi. Namun teruntuk yang mengandung purin tinggi lebih baik dihindari dan diganti dengan makanan yang mengandung purin rendah. Mengapa? Karena tidak dapat dipungkiri tubuh manusia juga membutuhkan peranan purin untuk membantuk membentuk sel-sel yang rusak. Jadi lebih ditekankan kepada penderita asam urat untuk mengatur pola makannya.

  1. Terapi Semut Jepang

Metode alamiah yang dapat dilakukan dibalai pengobatan tradisional, khususnya balai pengobatan asam urat biasanya menggunakan semut Jepang. Semut Jepang merupakan salah satu serangga yang memiliki manfaat untuk kesehatan dan berasal dari negara Jepang. Hewan ini memang terbilang langka di Indonesia, akan tetapi di beberapa tempat balai pengobatan asma urat sudah banyak yang menggunakan serangga tersebut sebagai pengobatan alami. Semut Jepang dapat di racik dan dijadikan kapsul oleh sebagian orang dan ada juga yang memakanny asecara langsung untuk pengobatan asam urat. Mengkonsumsi sebanyak 3-5 ekor semut Jepang dalam waktu 2 hari sekali secara rutin mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

  1. Titik Refleksi

Metode yang dapat dilakukan salah satunya dengan metode pengobatan refleksi untuk mengobati asam urat di persendian, khususnya pada persendian tangan seperti siku, jari-jari dan pergelangan tangan. Teruntuk Anda yang mengalami asam urat di tangan, jangan langsung memijatnya atau mengurutnya ketika tangan tersebut bengkak karena hal itu akan memperparah keadaan. Namun pemijatan dan pengurutan tersebut diperbolehkan apabila dilakukan pada titik-titik refleksi di bagian tangan yang tidak sakit (bengkak). Tempat titik-titik tersebut diketahui biasanya oleh seorang ahli pijat refleksi yang sudah banyak berada di berbagai tempat pijat refleksi khusus di balai pengobatan asam urat.

Pemijatan tersebut biasanya dilakukan selama 3 menit pada setiap titiknya dan Anda dapat melakukan terapi ini minimal 3 kali sehari pada waktu pagi, siang, dan sore selama 3 hari berturut-turut. Namun apabila masih belum terasa membaik, Anda dapat melakukannya sekali lagi dalam sehari sampai asam urat pada tangan sembuh. Sebagai menyeimbangnya, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ramuan herbal atau obat herbal untuk asam urat agar waktu penyembuhan lebih cepat. Teruntuk Anda yang ingin mempelajari titik-titik pijat area asam urat, dapat dilihat di berbagai sumber panduan seperti situs pengobatan asam uratnya atau youtube.

Seperti itulah cara mengobati asam urat pada tangan. Semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan