Sponsors Link

3 Cara Mengolah Daun Kersen untuk Asam Urat Paling Mudah

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang kerap kali menyerang kalangan orang dewasa yang berumur 30 tahun ke atas. Asam urat itu sendiri adalah hasil metabolisme purin di dalam tubuh yang mengalir pada peredaran darah. Jika asam urat  berada dalam jumlah di atas batas normal maka akan terjadi penumpukan asam urat dengan terbentuknya penyakit asam urat.

ads

Gejala penyakit asam urat di antaranya munculnya rasa nyeri pada bagian jempol kaki dan jari-jari tangan yang biasanya datang pada malam hari. Orang tua biasanya mengira bahwa hal ini merupakan rematik sehingga untuk mengetahuinya lebih awal kadang harus melalui pemeriksaan darah.

Gejala lainnya adalah timbulnya rasa terbakar dan bengkak pada bagian sendi yang sakit sehingga hal ini sering kali mengganggu tidur anda. Sendi juga tidak bisa bergerak dengan bebas dan aktivitas sehari-seharipun akan terganggu. Pada asam urat yang akut, akan terbentuk pengendapan kristal asam urat yang menyebabkan persendian semakin mengeras dan kaku. Hal ini akan menimbukkan efek yang lebih parah seperti adanya  penyakit-penyakit komplikasi diabetes mellitus dan gagal ginjal.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan asam urat. Diantaranya obat-obatan yang diberikan oleh dokter. Namun, obat-obat herbal bisa anda gunakan sebagai solusi menurunkan asam urat dalam darah. Di antaranya adalah daun kersen.

Daun Kersen

Buah kersen (Muntingia calabura L.) merupakan tanaman yang tumbuh subur di Indonesia. Tanaman ini adalah jenis tanaman perdu yang biasa kita jumpai sebagai tanaman yang rindang. Buah kersen banyak memiliki manfaat seperti mengandung senyawa antioksidan untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh, mencegah kanker dan sebagai obat sakit kuning.

Kandungan dan Manfaat Daun Kersen

Lalu bagaimanakah dengan daun kersen? Buah kersen sendiri juga dapat digunakan untuk menyembuhkan asam urat begitu pula daunnya. Daun kersen memiliki banyak memiliki kandungan kimia yang berguna untuk tubuh. Diantara sebagai berikut:

  • Senyawa ini berfungsi untuk menambah nafsu makan dan menyehatkan kulit
  • Berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh sehingga tahan terhadap penyakit
  • Kalsium selain dapat menghancurkan lemak dalam tubuh dan menguatkan tulang atau otot, juga dapat melancarkan peredaran darah dan mencegah kanker usus
  • Mencegah sakit kepala migraine, jerawat dan eksim
  • Dapat menjaugkan tubuh kita dari radikal bebas
  • Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C dan E yang dapat membantu tubuh menjalan fungsi sel-nya dengan baik

Bagaimana Cara Mengolah Daun Kersen untuk Asam Urat?

Untuk mengkonsumsi daun kersen ini anda cukup menyediakan 10 lembar daun kersen muda. Anda pastikan daun kersen telah dicuci bersih kemudian direbus dengan dua gelas air. Masaklah selama 45 menit hingga mendidih dan air rebusan menjadi satu gelas. Hal ini untuk mendapatkan sari-sari daun kersen.

Anda juga bisa menyeduh daun kersen yang sudah dikeringkan dan ditumbuk halus seperti anda mengkonsumi teh. Anda dapat mengkonsumsi minuman daun kersen 2-3 kali sehari secara teratur.

Selain daunnya, anda juga dapat mengkonsumi buah kersen. Caranya anda makan sembilan butir buah kersen tiga kali sehari. Hal ini akan dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit asam urat.

Sponsors Link

Daun kersen mengandung senyawa aktif kuersetin yaitu salah satu senyawa flavonoid yang berfungsi menghambat xantin oksidase sehingga dapat pula mencegah produksi asam urat. Kandungan purin yang awalnya dikonversi  menjadi asam urat akan terhambat karena terhambatnya kerja enzim xantin oksidase tersebut. Daun kersen juga dapat mengurangi rasa nyeri dan peradangan asam urat karena sifatnya yang anti inlfamasi.

Cara Mengolah Kersen untuk Beberapa Penyakit Lainnya

  • Kolesterol

Kolesterol yang tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung. Daun kersen juga dapat menyembuhkan penyakit kolesterol. Caranya yaitu dengan merebus satu hingga 2 genggam daun kersen segar ke dalam tiga gelas air. Proses perebusan dilakukan sampai mendidih hingga tersisa satu gelas. Minum tiga kali sehari secara teratur.

Sponsors Link

  • Hipertensi

Daun kersen dapat digunakan untuk menyembuhkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi terjadi saat tekanan darah pada dinding kronis meningkat. Anda dapat mengkonsumsi daun kersen yang telah dikeringkan dan diseduh dengan air hangat sebanyak satu gelas seperti anda membuat teh. Minum satu kali sehari.

  • Diabetes

Golongan flavonoid dalam kersen dapat menyereksi kadar insulin dan menurunkan kadar gula daram darah. Caranya anda merebus daun kersen sebanyak 50 gram hingga 10 gram dalam 1 liter air. Rebuslah hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Anda dapat meminumnya 2 kali sehari.

Demikian artikel mengenai cara mengolah daun kersen untuk asam urat, semoga informasi yang ada pada artikel ini bermanfaat.

, ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan