Sponsors Link

Cara Mengolah Daun Suruhan untuk Obat Asam Urat

Sponsors Link

Suruhan atau peperomia pellucida merupakan jenis tanaman yang biasanya tumbuh secara liar di pekarangan atau tepi saluran yang memiliki suhu lembab dan basah. Sudah sejak lama tanaman ini dikenal. Pada umumnya tanaman suruhan hanya dianggap sebagai salah satu rumput liar yang hanya menjadi hama saja. Namun tahukah Anda? Ternyata suruhan memiliki banyak sekali senyawa alami yang akan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan senyawa didalamnya juga diyakini bisa mengatasi asam urat. Berikut adalah pembahasan mengenai cara mengolah daun suruhan untuk obat asam urat.

ads

Kandungan Daun Suruhan

Pada daun suruh terdapat kandungan senyawa yang sangat alami dan bermanfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah:

  • Alkaloid
  • Oksalat
  • Minyak Astiri

Seluruh kandungan tersebut mempunyai sifat anti inflamasi yang akan mencegah adanya peradangan, rasa nyeri dan juga pengeluaran asam urat dalam tubuh.

Manfaat Daun Suruhan Untuk Asam Urat

Berikut adalah manfaat daun suruhan untuk mengatasi asam urat:

  • Bisa mengatasi rasa nyeri

Daun suruhan sangat efektif untuk meringankan nyeri pada bagian persendian yang terserang penyakit asam urat. Rasa nyeri adalah tanda-tanda asam urat yang biasanya paling awal terjadi. Rasa nyeri ini jika tidak segera diatasi maka akan semakin berkembang dan bertambah buruk. Rasa nyeri bisa saja disertai dengan adanya kemerahan dan rasa sensasi terbakar pada kulit.

  • Mencegah kambuh kembali penyakit asam urat

Daun suruhan juga bisa menjadi pencegah kembalinya penyakit asam urat karena daun suruhan memiliki kandungan ekstrak etanol. Asam urat jika sudah kambuh akan datang secara tiba-tiba dan hal itu akan menjadi gangguan untuk Anda saat sedang melakukan aktivitas. Untuk itu dengan mengkonsumsi rebusan daun suruhan Anda bisa mengatasi dan mencegah terjadinya kembali asam urat.

  • Mengatasi peradangan

Peradangan merupakan gejala yang akan mengakibatkan rasa nyeri bahkan sampai bengkak pada penderita asam urat. Peradangan disebabkan adanya penumpukan purin pada bagian sendi yang terserang asam urat. Penumpukan purin yang berubah menjadi kristal asam urat akan terus mengendap dan meradang jika tidak segera diatasi. Zat purin yang menyebabkan peradangan biasanya diperoleh dari pantangan makanan bagi penderita asam urat dan juga minuman penyebab asam urat. Konsumsi makanan sembarangan lah yang menyebabkan purin terus mengalami penumpukan.

  • Meningkatkan fungsi ginjal

Tahukah Anda? Bahwa ginjal adalah organ yang secara langsung akan dipengaruhi oleh penyakit asam urat. Purin salah satu pemicu asam urat yang menumpuk dalam tubuh secara normal harusnya bisa dikeluarkan dan di ekresi oleh ginjal untuk kemudian dibuang lewat urin, namun karena penumpukan dan kelebihannya sudah sangat melewati batas normal maka fungsi ginjal akan terganggu. Dengan mengkonsumsi suruhan Anda bisa meningkatkan kembali fungsi ginjal dan membuang kelebihan asam urat dengan baik.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Secara tidak langsung kolesterol juga adalah hal yang bisa mempengaruhi pada metabolisme purin dalam tubuh. Adanya kolesterol terlalu berlebihan akan membuat purin terhambat untuk dikeluarkan. Untuk itu dengan mengkonsumsi daun suruhan Anda bisa menetralkan kondisi kolesterol. Anda bisa mengkonsumsi suruhan secara aman dan rutin.

  • Menjaga kesehatan kandung kemih

Tahukah Anda? Bahwa asam urat juga bisa berubah menjadi batu ginjal asam urat yang akan tersimpan dalam kandung kemih dan akan sangat mengganggu. Dengan konsumsi daun suruhan Anda bisa meningkatkan kesehatan kandung kemih dan menghilangkan batu asam urat yang ada dalam kandung kemih. Dengan begitu pengeluaran asam urat juga akan semakin lancar.

Sponsors Link

Tips Mengolah Daun Suruhan Untuk Asam Urat

Untuk pengobatan asam urat, Anda bisa mengolah daun suruhan menjadi ramuan dengan cara berikut:

Cara 1:

  1. Anda bisa menyiapkan daun suruhan sebanyak 5-7 daun
  2. Sebelum mengolahnya Anda harus membersihkan daun suruhan karena jika tidak akan ada bakteri yang ikut masuk
  3. Rebus daun suruhan menggunakan 2 gelas air putih
  4. Anda bisa menunggu hingga daun suruhan mendidih dan hanya menyisakan 1 gelas saja
  5. Setelah itu Anda bisa menyaring daun suruh dan pisahkan antara air dan daun nya
  6. Selesai, anda tinggal menunggu daun suruhan hingga kondisinya dingin kemudian Anda bisa meminumnya.

Cara 2:

  1. Anda bisa menyiapkan 1 pohon suruhan segar yang berukuran 10 cm, kemudian cuci sampai bersih.
  2. Kemudian Anda harus merebus bahan tersebut menggunakan 3 gelas air hingga hanya tersisa 2 gelas saja.
  3. Setelah mendidih Anda bisa menyaring dan memisahkan daun dengan airnya.
  4. Jika Anda memiliki madu, Anda bisa menambahkan madu.
  5. Selesai, konsumsi suruhan secara rutin.

Itulah cara mengolah daun suruhan untuk obat asam urat. Manfaat daun suruhan tidak kalah dengan suplemen penurun asam urat atau pun obat medis asam urat yang banyak dijual di toko obat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal