Sponsors Link

Cara Mengolah Kolang Kaling untuk Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

kolang-kalingKolang kaling merupakan buah yang mempunyai aroma yang unik. Selain sering dijadikan sebagai kolak ataupun dessert lainnya ternyata kolang kaling mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Kolang kaling merupakan buah yang berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan.

ads

Kolang kaling merupakan biji dari buah atap atau buah aren. Kolang kaling mempunyai bentuk yang lonjong, bertekstur kenyal dan juga berwarna putih namun saat ini banyak kolang kaling yang menggunakan pewarna sehingga muncul kolang kaling berbagai macam warna.

Buah kolang kaling sangat mudah ditemukan dimana saja mulai dari pasar tradisional bahkan di supermarket pun sudah banyak yang menjualnya. Senyawa alami pada kolang kaling dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang membuat penderitanya mengalami rasa nyeri pada daerah persendian.

Asam urat dapat menyebabkan kegiatan penderitanya terhambat karena rasa nyeri yang dirasakannya. Jika Anda mencari buah tradisional untuk mengobati asam urat, maka buah kolang kaling merupakan solusinya. Berikut ini pembahasan mengenai kandungan, manfaat kolang kaling untuk asam urat dan cara mengolah kolang kaling untuk asam urat.

Kandungan Buah Kolang Kaling

Buah kolang kaling atau sugar palm fruits (bahasa Inggris) mempunyai julukan ice apple. Kolang kaling mempunyai tekstur yang kenyal sehingga sangat cocok dijadikan bahan pelengkap es campur atau minuman lainnya. Kolang kaling merupakan salah satu jenis buah yang dapat di makan dan makanan untuk asam urat.

Kolang kaling mengandung kadar air yang cukup tinggi yaitu mencapai hingga 93% dari kandungan yang ada di kolang kaling. Selain itu pada kolang kaling terdapat kandungan protein 0,69 gram dan juga karbohidrat. Selain kandungan air, protein dan karbohidrat terdapat kandungan nutrisi lainnya yang ada di kolang kaling. Berikut ini berbagai kandungan yang ada pada 100 gram kolang kaling yaitu sebagai berikut:

  • Air sebanyak 77 gram
  • Protein sebanyak 1 gram
  • Karbohidrat sebanyak 21 gram
  • Lemak 0 gram
  • Kalsium sebanyak 9 mg
  • Besi sebanyak 0 mh
  • Fosfor sebanyak 33 mg
  • Niacin 0,3 mg
  • Riboflavin 0,02 mg
  • Tiamin 0,04 mg
  • Vitamin A, vitamin B, vitamin C dan Vitamin K

Berbagai kandungan yang ada pada kolang kaling tersebut mempunyai banyak sekali khasiat untuk kesehatan salah satunya yaitu untuk asam urat. Selain untuk asam urat berbagai penyakit yang dapat diobati dengan mengkonsumsi kolang-kaling yaitu dapat memperkuat tulang, dijadikan sebagai menu untuk diet, obat gatal-gatal, obat peradangan pada persendian, mengatasi masalah sistem pencernaan dan dapat menjadi sumber energi.

Sponsors Link

Buah kolang kaling mempunyai khasiat mengobati peradangan pada persendian hal ini dikarenakan kandungan galaktomanan yang ada pada buah kolang kaling dapat berperan sebagai obat radang sendi. Untuk penderita asam urat sebaiknya mengkonsumsi kolang kaling dan makanan yang rendah purin sebanyak 100 – 200 gram dalam sehari.

Cara Mengolah Kolang Kaling untuk Asam Urat

Salah satu manfaat kolang kaling yaitu untuk mengobati jenis penyakit asam urat. Kolang kaling biasanya dijual dengan kemasan yang berbeda-beda ada dalam bentuk kemasan plastik ataupun cup. Akan tetapi ada beberapa penjual kolang kaling yang menyimpan kolang kaling pada suatu wadah penyimpanan yang besar sehingga tak sedikit pula kolang kaling yang terjual tidak dalam keadaan yang bagus.

Oleh karena itu jika memiliki banyak waktu ketika membeli kolang kaling pilihlah kolang kaling yang masih utuh dan juga bersih. Cara mengobati asam urat dengan kolang kaling yaitu sangat mudah hanya dengan mengkonsumsi kolang kaling baik itu kolang kaling yang dibuat menjadi kolak, sop buah, es campur ataupun dengan membuat manisan kolang kaling. Berikut ini cara mengolah kolang kaling untuk asam urat:

Sponsors Link

  1. Langkah pertama yaitu pastikan untuk membeli kolang kaling yang masih segar dengan keadaan utuh (bentuk sempurna) dan juga kolang kaling yang bersih.
  2. Langkah kedua yang harus diperhatikan dalam mengolah kolang kaling yaitu membersihkan kolang kaling agar terhindari dari lendir.
  3. Cara membersihkannya yaitu dengan cara membersihkan kolang kaling pada air yang mengalir lakukan berkali-kali hingga lendir benar-benar menghilang atau dapat dengan cara merendam kolang kaling dengan air cucian beras. Merendam dengan air cucian beras bertujuan agar kolang kaling nantinya tidak akan cepat asam.
  4. Lakukan perendaman dalam jangka waktu beberapa jam, setelah direndam pastikan mencucinya dengan air hingga bersih.
  5. Setelah di cuci dengan bersih rebuslah kolang kaling dan tambahkan beberapa sendok gula sesuai dengan selera Anda dan tambahkan beberapa lembar daun jeruk atau daun pandan agar manisan kolang kaling mempunyai aroma yang harum. Dalam merebus kolang kaling tidak usah terlalu lama karena jika terlalu lama kolang kaling akan terlalu lunak atau bisa hancur.
  6. Manisan kolang kaling pun sudah siap dikonsumsi.

Selain manisan kolang kaling Anda juga dapat mengolah kolang-kaling menjadi kolak, es campur, sop buah ataupun makanan dan minuman untuk penderita asam urat. Hal yang harus diperhatikan ketika akan mengolah kolang-kaling untuk mengobati asam urat hindari penggunaan pewarna dan juga pemanis. Jika ingin menggunakan pewarna dan pemanis tambahkan pewarna dan juga pemanis alami. Sekian pembahasan mengenai cara mengolah kolang kaling untuk asam urat. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan