Sponsors Link

4 Cara Mengolah Labu Siam Untuk Asam Urat Tinggi

Sponsors Link

labu siamBanyak alternatif pilihan untuk mengobati penyakit asam urat, baik secara medis maupun secara herbal. Pengobatan tersebut tentu memiliki efek samping baik itu positif ataupun negatif. Sebagai manusia yang menginginkan sehat bugar dan segar tentu memilih pengobatan tanpa adanya efek samping. Dikarenakan efek yang berbahaya di masa depan tidak menjamin seseorang sembuh dari penyakit apapun termasuk penyakit gout.

ads

Apabila pengobatan asam urat yang Anda pilih adalah secara medis, maka dokter akan memberikan beberapa resep sebagai obat penghilang rasa sakit. Sehingga kadar asam urat bisa diredakan tapi dalam waktu sementara. Namun jika Anda memilih herbal sebagai alternatif tentunya tanpa efek samping.

Perlu diketahui, cara yang paling tepat bagi mereka yang memiliki asam urat tinggi adalah dengan disiplin dalam makanan atau minuman. Penderita asam urat tinggi disarankan mengetahui apa saja makanan penyebab asam urat, minuman penyebab asam urat serta makanan dan minuman untuk penderita asam urat yang boleh dikonsumsi agar penyakit asam urat tidak menjadi parah. Salah satu jenis makanan yang dapat dikonsumsi penderita asam urat adalah labu siam.

Buah labu siam memiliki kadar serat yang cukup baik bagi tubuh. Konsumsi serat dalam jumlah yang cukup sangat disarankan bagi penderita asam urat karena sebagai proses metabolisme dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat meregenerasi dengan baik, labu siam mengandung banyak vitamin dan nutrisi penting lainnya. Salah satunya yaitu vitamin C, vitamin B kompleks dan vitamin B6, dimana semua vitamin tersebut berfungsi sangat baik bagi metabolisme tubuh. Selain itu buah labu ini juga mengandung mineral, zat besi, mangan, fosfor,seng dan tembaga. Yang semua itu memiliki peranan penting untuk mengobati penyakit asam urat Anda. Berikut cara mengolah labu siam untuk asam urat tinggi:

  • Labu Siam Dibuat Jus

Olahan labu siam selain dimasak sebagai sayur, juga dapat diolah sebagai jus alami. Caranya ambil labu siam dalam ukuran sedang lalu kupas kulitnya cuci bersih. Setelah bersih potong labu menjadi bagian kecil, setelah dipotong masukkan ke dalam blender campur dengan perasan air lemon atau madu sebagai bahan tambahan. Selanjutnya jus labu siap dikonsumsi, minum jus labu sehari 1 kali saja. Dengan rutin meminum jus labu asam urat Anda akan berkurang.

  • Olahan Rebusan Labu Siam

Labu siam sebagai lalapan ditambah dengan sambal tentu terasa nikmat. Bagi Anda yang menyukai olahan labu dengan cara direbus atau dikukus bisa menjadi alternatif mengurangi gejala asam urat. Jika ingin mengolah labu secara kukus maupun rebus lakukan prosesnya tidak terlalu lama, cukup rebus atau kukus selama 10-15 menit. Karena hal ini tidak mengurangi nutrisi yang terdapat pada sayur labu.

  • Labu Siam dengan Diparut

Selain dijus, cara mengolah labu siam untuk asam urat juga bisa disajikan dengan cara diparut. Ambil labu yang segar, kupas kulitnya lalu cuci bersih. Setelah itu parut labu siam , ambil airnya dengan cara disaring terlebih dulu. Boleh dicampur dengan madu atau air lemon baru air labu siap diminum. Konsumsi air labu sebanyak 3x sehari dapat mengurangi asam urat Anda.

Sponsors Link

  • Diolah sebagai Sayur

Jika Anda kurang menyukai labu siam yang diolah secara mentah, maka cara olahan lain labu yaitu sebagai sayur. Cukup masak labu siam dengan campuran lainnya (hindari yang mengandung purin), masak sampai mendidih setelah itu sajikan sebagai makanan pokok Anda.

Tidak mahal bukan untuk mengolah labu siam menjadi makanan sehari-hari, nila gizi yang tinggi serta manfaat yang luar biasa. Semoga dengan Anda mencoba dan rutin mengkonsumsi buah labu, gejala penyakit asam urat Anda berkurang. Memang tidak 100% menyembuhkan, dengan mengurangi saja itu cukup membuat gejala tidak kambuh sewaktu-waktu.

Harus diketahui juga bahwa menggunakan sumber alam sebagai pengobatan alami membutuhkan kesabaran dan komitmen karena bahan alami berbeda dengan bahan kimia seperti obat dalam proses penyembuhan suatu penyakit. Sehat itu mahal, karenanya tidak salah mencoba yang alami. Semoga bermanfaat.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Buah Buahan