Sponsors Link

3 Cara Menjaga Asam Urat Agar Tetap Normal Pada Wanita Secara Efektif

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan salah satu kondisi permasalahan kesehatan kronis yang dapat terjadi pada setiap orang terutama mereka yang memiliki usia lanjut. Belakangan ini, penderita penyakit asam urat tidak lagi dialami oleh mereka dengan usia lanjut namun juga dapat terjadi pada penderita yang usianya relatif lebih muda. Kondisi penyakit asam urat yang tidak mengenal usia tersebut terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan zat purin yang tinggi.

ads

Wanita maupun pria dapat mengalami masalah penyakit asam urat ketika memang kadar asam uratnya melebihi kadar asam urat normal di dalam tubuh yakni 6,0 mg/dl untuk wanita dan 7,0 mg/dl. Kondisi peningkatan kadar asam urat di dalam darah pada wanita tersebut dapat menyebabkan penumpukan kristal jarum asam urat dipersendian sehingga menyebabkan munculnya beberapa gejala atau tanda tanda asam urat diantaranya seperti nyeri hebat serta bengkak ditempat di mana terjadinya pengendapan asam urat tersebut.

Penderita asam urat terutama wanita tentu harus mengupayakan agar kondisi kadar asam urat di dalam tubuhnya selalu dalam keadaan yang normal dan tidak berlebih. Dalam menjaga kondisi kadar asam urat normal agar tidak terjadi gejala penyakit asam urat tersebut maka dibutuhkan beberapa bentuk usaha. Berikut ini beberapa cara menjaga asam urat agar tetap normal pada wanita sehingga tidak terjadi gejala penyakit asam urat dalam penjelasan di bawah ini.

1. Menghindari makanan dengan kandungan purin tinggi

Hal pertama yang dapat dilakukan oleh wanita yang ingin menghindari peningkatan dan menjadi cara menjaga kadar asam urat normal tetap terjadi pada wanita adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi. Zat purin di dalam tubuh akan dirubah menjadi asam urat melalui proses metabolisme oleh enzim xanthin oksidase. Tingginya purin dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat. Beberapa makanan dengan kandungan tinggi protein yang sebaiknya dihindari tersebut diantaranya seperti :

  • Kacang kacangan, Kacang merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan purin dan menjadi salah satu jenis makanan yang paling dihindari oleh para penderita asam urat.
  • Jerohan, Jerohan seperti hati, jantung, ampela ayam, bebek, dan jenis daging lainya juga memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.
  • Daging merah, daging merah juga merupakan salah satu sumber protein yang sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan bagi penderita asam urat mengingat adanya kandungan purin di dalamnya.
  • Olahan susu, keju dan mentega yang biasanya disandingkan dengan roti juga memiliki kandungan purin tinggi sehingga harus dihindari oleh penderita penyakit asam urat.
  • Ikan sarden dan makarel, sarden dan makarel dalam berbagai macam olahan juga merupakan salah satu jenis makanan yang perlu dihindari untuk menjaga kadar asam urat selalu dalam keadaan yang normal pada wanita.
  • Kerang dan seafood, kerang merupakan jenis makanan laut yang juga perlu dihindari demi menjaga kadar asam urat. Selain kerang, udang, cumi, kepiting, dan lain sebagainya juga perlu dihindari.
  • Makanan lainnya, seperti roti non gandum, coklat, tahu dan tempe, sayuran hijau, tomat, teh dan kopi, ragi, beberapa jenis buah, dan lain sebagainya.
  • Menjalani pola hidup sehat

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan oleh wanita untuk menjaga kadar asam urat di dalam darah selalu normal adalah dengan menjalani pola hidup yang sehat. Pola dan gaya hidup yang sehat tentu dapat membantu menjaga kondisi tubuh semakin sehat dan tidak mudah mengalami berbagai macam penyakit. Pola hidup sehat dimulai dengan menjalani olahraga teratur, memiliki waktu istirahat yang cukup, menghindari minum alkohol dan merokok, mengkonsumsi makanan sehat dan menyehatkan, serta beberapa hal lainnya.

2. Menghindari minuman dengan pemanis buatan

Mengindari konsumsi minuman dalam kemasan dengan kandungan pemanis buatan yang tinggi serta bahan bahan pengawet juga merupakan salah satu cara menjaga asam urat agar tetap normal pada wanita. Makanan dengan kandungan pemanis buatan dan bahan pengawet tinggi tentu dapat dengan mudah menyebabkan berbagai macam permasalahan kesehatan dan menjadikan daya tahan tubuh menjadi lemah. Selain asam urat, penyakit diabetes juga akan terjadi ketika seseorang terlalu sembarangan dalam mengkonsumsi makanan maupun minuman dengan pemanis buatan serta pengawet kimiawi.

3. Konsumsi makanan sehat

Cara menjaga asam urat agar tetap normal pada wanita selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang tentunya juga memiliki manfaat membantu mengatur kadar asam urat agar tidak naik di dalam darah sebagai pemicu penyakit asam urat. Beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kadar asam urat tersebut diantaranya seperti :

  • Buah untuk asam urat, buah seperti jeruk, melon, dan apel yang memiliki kandungan vitamin C tinggi dapat membantu menjaga kadar asam urat di dalam darah selalu normal.
  • Sayuran, beberapa jenis sayuran seperti brokoli, kembang kol memiliki sifat diuretik yang dapat menjaga proses ekskresi asam urat di dalam darah jika berlebih sehingga baik dikonsumsi dalam menjaga kondisi asam urat selalu normal.
  • Kabohidrat kompleks, konsumsi karbohidrat kompleks seperti kentang dan beras merah menjadi alternatif pengganti nasi yang lebih baik dan mampu membantu menjaga kesehatan.

Itulah beberapa cara menjaga asam urat agar tetap normal pada wanita yang perlu diperhatikan dan dipraktekan baik bagi penderita penyakit asam urat maupun mereka yang tidak ingin merasakan kondisi permasalahan kesehatan dengan gejala munculnya nyeri hebat dan pembengkakan tersebut. Diantara beberapa usaha yang ada, pola makan menjadi titik penting yang perlu diperhatikan agar asam urat tidak naik.

, ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan