Sponsors Link

12 Cara Menurunkan Asam Urat di Usia Muda Paling Ampuh

Sponsors Link

Jika selama ini yang anda dengar adalah asam urat hanya menyerang pada orang-orang dewasa atau lanjut usia, maka itu sedikit harus dibenarkan. Karena faktanya terdapat para usia muda yang sudah mempunyai penyakit asam urat. Namun,sebagian dokter mengasumsikan asam urat ini bukanlah asam urat yang akut, bisa disebut juga sebagai hiperurisemia atau kelebihan kadar asam urat dalam darah saja.

ads

Penyebab Asam Urat Tinggi

Hasil penelitian John Darwin, menunjukkan bahwa diantara usia 24-25 tahun 0,8% menderita asam urat tinggi, 1,7% pria dan 0,5% wanita yang diantara mereka pun sudah sampai pada tahap gout. Ada beberapa penyebab asam urat tinggi di usia muda, diantaranya adalah:

  1. Obesitas

Obesitas mempengaruhi semua kelompok usia baik anak atau remaja. Obesitas bisa dikarenakan faktor genetik, kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang tidak sehat. Kadar asam urat normal anak memang lebih rendah jika dibandingkan pada orang dewasa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Manampiring AE, di kota Tomohon bahwa terjadi peningkatan asam urat pada remaja yang disebabkan obesitas sebesar 35%. Meski terjadi peningkatan asam urat pada remaja, efek asam urat (gout) belum bisa dirasakan pada saat remaja, tetapi merupakan salah satu faktor resiko ke depannya.

  1. Faktor genetik

Faktor genetik dapat memengaruhi kadar asam urat, khususnya pada laki-laki yang berusia muda atau di bawah 25 tahun. Perlu dilakukan pemeriksaan enzim yang dapat menyebabkan peningkatan asam urat tersebut.

  1. Hipertensi

Hipertensi adalah keadaan denyut jantung yang lebih tinggi dari keadaan normal. Hubungan asam urat dengan hipertensi adalah kadar asam urat yang tinggi ditemukan pada hampir 90% usia dewasa muda dengan hipertensi primer.

Cara Menurunkan Asam Urat di Usia Muda

Lalu bagaimana menurunkan asam urat yang melebihi batas di usia muda? Di usia muda keadaan organ-organ tubuh dan psikologis dianggap lebih baik dibandingkan orang yang sudah usia lanjut. Memaksimalkan pengobatan yang diberikan dalam kondisi tubuh yang masih memiliki sistem imunitas yang bagus akan mempercepat proses penurunan asam urat. Berikut cara menurunkan asam urat di usia muda:

1. Diet dengan Menghindari Makanan yang Kaya Purin

Diet adalah kondisi seseorang untuk mengurangi konsumsi pantangan makanan bagi penderita asam urat. Anda harus menghindari makanan yang rendah purin. Purin adalah senyawa yang dirombak menjadi asam urat dalam tubuh, yang juga terdapat dalam makanan. Berikut klasifikasi makanan berdasarkan kadar purin:

  • Kadar purin tinggi = 150-180 mg/100 gram. Contoh: jeroan (hati, ginjal, jantung, limpa, paru)
  • Kadar purin sedang = 50-150 mg/100 gram. Contoh: daging sapi, udang, kepiting, cumi, kerang)
  • Kadar purin rendah (di bawah 50 mg/100 gram). Contoh: gula, telor, susu

Kadar purin dalam makanan normal dalam sehari yaitu 600-1000 mg. Untuk diet dibatasi 120-150 mg purin, tetapi diet yang dilakukan juga harus memenuhi cukup kalori, protein, mineral dan vitamin.

2. Minum Banyak Air Putih

Air dapat memperlancar metabolisme tubuh termasuk juga proses pengeluaran racun atau detoksifikasi dengan mengurangi asam urat dan pembentukan endapan di saluran kemih. Minumlah air putih sebanyak 1,5 – 2 liter setiap hari.

3. Meminum Vitamin C

Vitamin C dapat menurunkan asam urat anda. Konsumsi vitamin C yaitu 500 mg per-hari. Sumber vitamin C dapat diperoleh dari buah nanas dan jeruk.

Sponsors Link

4. Olahraga

Olahraga selain menyehatkan sendi dan membuat bugar badan anda, juga dapat menurunkan berat badan bagi yang obesitas sehingga dapat mencegah bertambahnya asam urat. Namun kondisikan tubuh tetap dalam keadaan stabil dan tidak terlalu lelah agar tidak menambah kadar asam urat. Olahraga penurun asam urat diantaranya adalah jogging, berenang, bersepeda, dan lain sebagainya.

5. Menghindari Minuman Beralkohol

Jika anda yang masih berusia muda terbiasa meminum alkohol, maka berhentilah secepat mungkin. Jika tidak, hal ini dapat memicu kadar asam urat semakin naik. Gantilah dengan minuman yang sehat, seperti jus nanas yang kaya akan vitamin C atau air putih.

6. Mampu Mengatur Stress

Keadaan tubuh yang rileks dapat mempengaruhi kondisi dan sistem tubuh lainnya. Begitupun sebaliknya. Jika stress melanda, keadaan tubuh dan pola hidup terkadang tidak rileks dan terganggu. Stress merupakan kekacauan mental atau emosional yang disebabkan oleh faktor luar. Stress memang tidak secara langsung berpengaruh terhadap asam urat namun keduanya saling mempengaruhi. Seperti penyakit lainnya, stress harus dijauhi, tidak hanya pada penderita asam urat saja.

Lalu bagaimana cara anda mengatur stress? Pertama, selalu berpikir positif. Hal-hal yang bersifat memberatkan pikiran harus diubah menjadi pikiran-pikiran positif. Kedua, tidak terlalu banyak pikiran. Aturlah satu per satu rencana atau kesibukan anda dengan teratur tanpa harus dipikirkan semuanya dengan berat.

Sponsors Link

7. Istirahat yang Cukup

Selain mengatur stress, anda harus istirahat yang cukup. Setidaknya, anda biarkan tubuh anda istirahat selama 8 jam dalam sehari. Istirahat yang cukup dapat menstabilkan sistem metabolisme tubuh sehingga asam urat dapat dikendalikan untuk proses dalam keadaan normal.

8. Membatasi Kalori Sesuai Kebutuhan

Kalori merupakan asupan makanan untuk energi tubuh anda. Setiap orang mempunyai asupan kalori yang berbeda-beda. Hal itu tergantung pada usia, berat badan dan keadaan fisik anda. Asupan kalori yang seimbang dapat menyeimbangkan kondisi kesehatan tubuh pula. Kekurangan kalori dapat menyebabkan organ-organ tubuh tertentu berjalan kurang maksimal karena asupan kandungan yang dibutuhkan kurang.

Penderita asam urat yang disebabkan obesitas, harus menurunkan berat badannya dengan memperhatikan kalorinya juga. Bagaimana cara menentukan asupan kalori? Salah satu rumusnya yaitu dengan berdasarkan pada WHO atau World Healt Organization.

  • Usia wanita dari 18 – 29 tahun = 14,7 x berat badan (kg) + 496 = … kkl
  • Usia pria 18 – 29 tahun = 15,3 x berat badan (kg) +679 = … kkl.

Hasil dari perhitungan di atas dikalikan dengan aktivitas fisik. Aktivitas rendah dikalikan 1,2. Aktivitas sedang dikalikan 1,2. Aktifitas berat dikalikan 1,4.

9. Makan Makanan Rendah Lemak

Lemak yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa saja tidak diproses secara sempurna sehingga memicu timbulnya kolesterol. Kolesterol tersebut dapat menghambat aliran darah sehingga dapat pula menghambat terdestruksinya purin oleh darah. Oleh karena itu, anda harus mengurangi makanan yang tinggi lemak seperti daging merah atau jeroan. Anda bisa menggantinya dengan makanan rendah purin dan sayuran.

Itulah cara-cara menurunkan asam urat di usia muda. Pada dasarnya, sistem metabolisme tubuh, gaya hidup sehat dan benar dapat mencegah terjadinya peningkatan asam urat yang tinggi.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan