Sponsors Link

10 Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi Secara Alami dan Cepat

Sponsors Link

Penyakit asam urat merupakan penyakit yang tidak asing di telinga kita. Bagi penderita asam urat, menjaga kadar asam urat dalam tubuhnya menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk menghindari rasa sakit dan nyeri di persendian. Normalnya, kadar asam urat dalam tubuh manusia adalah 2 – 6mg/dl untuk wanita dan 3,5 – 7mg/dl untuk pria. Apabila kadar asam urat sudah terlanjur meningkat dan Anda merasakan sakit dan nyeri di persendian.

ads

Baca juga:

Biasanya Anda memilih cara praktis dengan mengonsumsi obat untuk menetralisir kadar asam urat dalam tubuh dan meredakan rasa sakit. Kandungan bahan kimia dan bahan campuran lain yang tidak Anda ketahui, bisa jadi memicu timbulnya penyakit lain. Berikut ini merupakan cara menurunkan asam urat tinggi secara alami:

1. Cuka Apel

Cuka apel menjadi salah satu bahan pangan yang populer sekarang ini. Bagaimana tidak, cuka apel ini terbukti ampuh untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, gula darah hingga mencegah penyakit jantung. Cuka apel juga kaya manfaat untuk para wanita, seperti melangsingkan badan, hingga menghilangkan bekas jerawat yang ada di wajah. Tidak hanya itu, kabar baik bagi Anda penderita asam urat adalah cuka apel juga terbukti ampuh untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda secara alami.

Cuka apel yang digunakan untuk penderita asam urat ini merupakan cuka apel jenis non alkohol atau sari apel. Mengingat penderita asam urat tidak boleh mengonsumsi minuman maupun makanan beragi maupun beralkohol, maka cuka sari apel non alkohol adalah jenis cuka yang direkomendasikan. Adapun aturan konsumsi cuka apel sebagai penurun kadar asam urat yaitu segelas air mineral (400 ml)  yang dicampur dengan 2-3 sendok makan cuka sari apel. Segelas campuran air dan cuka tersebut dapat diminum selama sehari, dengan cara menyeduhnya sesekali dalam jangka waktu tertentu atau menghabiskannya dalam sekali waktu.

Baca juga:

2. Baking Soda

Baking soda atau soda kue merupakan bahan dapur kedua yang dapat digunakan sebagai bahan alami penurun asam urat selanjutnya. Banyak sekali manfaat baking soda yang sudah diketahui masyarakat. Bagi penderita asam urat, baking soda atau soda kue ini dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh. Campurkan 1/2 sendok teh baking soda ke dalam air mineral sebanyak 270 ml. Anda dapat meminumnya ketika Anda merasakan sakit akibat asam urat yang Anda miliki.

Habiskan campuran air mineral dan baking soda tersebut dalam sekali waktu, jika masih terasa sakit, Anda dapat mengulanginya maksimal 4 kali/hari. Kurangi intensitas konsumsinya apabila Anda sudah merasa lebih baik dan kadar asam urat Anda sudah mulai normal. Apabila Anda merupakan penderita hipertensi, baking soda tidak direkomendasikan untuk menurunkan kadar asam urat yang Anda miliki. Hal ini dikarenakan bahan tersebut dapat memicu naiknya tekanan darah. Baca juga: Obat Herbal untuk Asam Urat.

3. Perasan Lemon

Salah satu bahan makanan yang direkomendasikan bagi penderita asam urat adalam buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Lemon sudah dikenal sebagai salah satu buah untuk asam urat atau yang aman dikonsumsi bagi penderita asam urat. Jus lemon atau air perasan lemon dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh. Cara penyajian dan konsumsi yang disarankan yaitu air perasan 1/2 buah lemon dapat dicampurkan 600 ml air mineral hangat. Anda dapat meminumnya di pagi hari, sebaiknya ketika perut Anda masih kosong. Anda dapat mengonsumsi campuran air perasan lemon ini minimal sekali dalam seminggu. Namun apabila Anda memiliki riwayat penyakit maag, meminumnya di pagi hari dalam keadaan perut kosong sangat tidak disarankan. Baca juga: Manfaat Lemon untuk Asam Urat.

Sponsors Link

4. Hindari Fruktosa

Anda suka mengonsumsi minuman manis dalam kemasan? Apabila Anda memiliki penyakit asam urat sebaiknya Anda mulai menghindari kandungan fruktosa yang tanpa sengaja masuk melalui minuman manis yang Anda minum sebagai pelepas dahaga. Selain minuman manis, fruktosa juga dapat ditemukan dalam es krim maupun soda. Gantilah minuman manis dalam kemasan dengan air mineral. Terlalu banyak fruktosa yang masuk dalam tubuh Anda dapat meningkatkan kandungan kadar gula dalam darah serta kadar asam urat yang ada di dalam tubuh Anda. Baca juga: Daun untuk Menurunkan Asam Urat.

5. Minum Air Putih

Air putih atau air mineral masih menjadi salah satu minuman yang dianjurkan bagi penderita asam urat. Air yang masuk ke dalam tubuh ini dapat berguna untuk menetralisir tingginya kadar asam urat yang ada alam tubuh Anda. Air putih sebenarnya tidak terlalu tepat digunakan sebagai cara alami pengobatan asam urat. Air putih lebih tepat disebut sebagai pencegah tingginya kadar asam urat dalam tubuh Anda. Konsumsi air putih yang disarankan bagi setiap orang adalah tidak lebih dari 0,03 liter/berat badan (kg). Misalnya jika Anda memiliki berat badan sebesar 50 kilogram, maka air putih yang seharusnya Anda konsumsi dalam sehari adalah 1,5 liter.

Ungkapan minum air 2 liter sehari yang biasa Anda dengar memang benar, namun yang dimaksud dengan konsumsi air tersebut adalah konsumsi total air yang bisa jadi datang dari makanan yang Anda konsumsi, seperti buah, maupun jus. Apabila Anda merupakan penderita asam urat, Anda dapat menggunakan air putih sebagai sarana pencegahan tingginya kadar asam urat yang ada dalam tubuh Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan air putih sebagai pembantu penetralisir kadar asam urat dalam tubuh Anda.

Baca juga:

Sponsors Link

6. Mengonsumsi Makanan Mengandung Bromelain

Bromelain merupakan salah satu jenis enzim yang berguna untuk mempermudah proses pencernaan protein. Bromelain sendiri adalah jenis enzim protease yang dapat Anda temukan pada berapa jenis buah-buahan dan suplemen khusus. Salah satu buah yang memiliki kandungan bromelain adalah buah nanas. Bagi penderita asam urat, buah nanas dapat menjadi salah satu bahan alami yang digunakan untuk menurunkan asam urat.

Anda dapat memisahkan antara daging buah nanas dengan bagian inti nanas. Dibandingkan dengan bagian daging buah, kandungan bromelain lebih banyak ditemukan pada bagian inti buah yang biasanya dibuang karena keras. Anda dapat mengonsumsi inti buah nanas untuk mengurangi kadar asam urat yang ada dalam tubuh Anda. Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag, Anda dapat memperhatikan jumlah konsumsi buah ini. Baca juga: Pengobatan Asam Urat.

7. Meningkatkan Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bagi penderita asam urat, mengonsumsi makanan kaya vitamin C berguna untuk mencegah naiknya kadar asam urat dalam tubuh. Jenis vitamin ini dapat kita temukan di buah-buahan dan beberapa jenis sayuran. Lemon, jeruk, dan beberapa jenis buah yang kaya vitamin C lainnya dapat dijadikan salah satu makanan rekomendasi untuk penderita asam urat. Vitamin ini dikenal sebagai jenis vitamin yang berguna untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Apabila Anda tidak terbiasa mengonsumsi buah-buahan, Anda dapat mengganti asupan vitamin C dari suplemen khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda. Baca juga: Obat Asam Urat di Apotik.

ads

8. Buah Ceri

Ceri merupakan salah satu jenis buah yang terbukti dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi satu cangkir kecil yang berisi 10-12 buah ceri  sekali konsumsi. Apabila Anda tidak biasa dengan rasa asam manis yang ada dalam buah ceri, Anda dapat membuat jus ekstrak ceri tanpa gula. Beberapa penelitian yang pernah dilakukan membuktikan bahwa buah ceri terbukti ampuh sebagai cara menurunkan asam urat tinggi secara alami.

Dalam sehari konsumsi (antara 50-60 buah ceri), penderita asam urat dapat menurunkan kadar asam urat dalam sehari hingga dua hari saja. Usahakan memilih konsumsi buah ceri atau ekstrak buah ceri yang Anda buat sendiri, karena suplemen maupun ekstrak yang Anda dapatkan di apotik maupun toko bisa jadi menambahkan campuran gula atau bahan kimia lainnya.

Baca juga:

9. Hindari Makanan Berzat Purin Tinggi dan Berkafein

Bagi penderita asam urat, jeroan, daging, serta beberapa jenis ikan merupakan jenis makanan yang seharusnya dihindari. Jenis bahan makanan tersebut memiliki kandungan zat purin yang sangat tinggi. Tingginya zat purin dalam bahan makanan tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah dan memicu pengkristalan zat asam urat dalam persendian yang menyebabkan rasa nyeri hebat.

Selain bahan makanan berzat purin tinggi, tampaknya Anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat harus memperhatikan konsumsi makanan yang mengandung kafein. Bukan makanan saja, kafein yang sangat besar dapat ditemukan di dalam minuman kopi. Jadi untuk menghindari kadar asam urat yang tinggi dalam darah Anda, sebaiknya Anda harus menghindari konsumsi makanan maupun minuman yang berzat purin dan berkafein tinggi.

Baca juga:

10. Olahraga

Olahraga merupakan cara yang tepat untuk mencegah tingginya kadar asam urat yang ada dalam darah Anda. Olahraga sederhana yang Anda lakukan rutin setiap hari berguna untuk meningkatkan hormon insulin. Hormon ini nantinya digunakan untuk menetralisir dan mengurangi kadar asam urat dengan dalam tubuh. Olahraga memang salah satu aktivitas yang memiliki banyak manfaat dalam tubuh, mengurangi potensi obesitas dengan membakar lemak berlebih menjadi energi dan keringat, serta berguna untuk memperkuat otot-otot serta tulang yang Anda miliki. Lakukan olahraga rutin dan terjadwal, pilih waktu pagi hari untuk meningkatkan kebugaran tubuh Anda dan mencegah tingginya kadar asam urat dalam tubuh Anda.

Baca juga:

10 cara menurunkan asam urat tinggi secara alami yang dapat Anda lakukan di atas merupakan cara yang sangat simpel dan mudah untuk dilakukan untuk menurunkan atau mencegah tingginya kadar asam urat dalam tubuh Anda. Selain mudah dan simpel, cara-cara di atas juga tidak menuntut Anda untuk mengeluarkan uang lebih, karena bahan-bahan alami yang Anda butuhkan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh Anda merupakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar lingkungan rumah Anda, seperti pasar maupun toko. Jagalah konsumsi makanan, serta aktivitas yang Anda lakukan setiap harinya. Perhatikan anjuran dokter maupun diet khusus untuk mencegah naiknya kadar asam urat dalam tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal